25 Contoh Hewan Omnivora Dan Makannya (Artikel Lengkap)


Omnivora adalah sebutan bagi hewan pemakan makanan yang berasal dari tumbuhan maupun hewan lain. Manusia adalah salah satu makhluk omnivora karena memakan daging, buah, dan sayur. Omnivora merupakan kombinasi antara herbivora (pemakan tumbuhan) dan karnivora (pemakan hewan). Omnivora berasal dari bahasa Latin omnis yang berarti “segala” dan vorare yang berarti “memakan”. Berikut adalah contoh hewan omnivora beserta penjelasan makanannya:
Baca juga: 22 Contoh Gambar Hewan (Beserta Penjelasan)
Contoh hewan omnivora



1. Monyet

Monyet adalah istilah untuk menyebut semua anggota primata selain lemur, kera, dan tarsius. Monyet umumnya berekor dan berukuran lebih kecil. Makanan monyet adalah umbi-umbian, buah-buahan, pisang, dan dedaunan tertentu. Namun monyet juga dapat memakan jangkrik dan kadal kecil.

2. Gorila

Gorila adalah primata terbesar dengan tangan dan kaki yang panjang. Lengannya lebih panjang dari kakinya. Makanan gorila adalah sayur-sayuran dan terkadang serangga.

3. Tikus

Tikus adalah salah satu famili hewan pengerat dengan spesies yang paling terkenal adalah spesies tikus mencit dan tikus got. Tikus dapat ditemukan di hampir semua negara dan seringkali dijadikan hewan peliharaan. Tikus umumnya mampu memakan apa saja sehingga disebut omnivora.

4. Ayam

Ayam adalah hewan unggas yang paling umum didomestikasi di dunia dengan populasi lebih dari 19 miliar pada tahun 2011. Ayam dimanfaatkan manusia untuk diambil daging dan telurnya, atau dipelihara. Makanan ayam adalah beras atau jagung, tetapi ayam juga bisa memakan cacing.

5. Angsa

Angsa adalah burung air berukuran besar dan umumnya berleher panjang dan berbulu putih. Makanan angsa adalah akar-akaran, batang, dan daun tanaman air serta sejumlah hewan air kecil.

6. Bebek

Bebek adalah sebutan untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya merupakan burung akuatik yang berukuran lebih kecil dibandingkan angsa. Makanan bebek bervariasi mulai dari rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, dan moluska kecil.

7. Orang Utan

Orang utan adalah sejenis kera berlengan panjang dan berbulu kemerahan atau coklat dengan habitat di hutan tropis Kalimantan dan Sumatera. Makanan orang utan antara lain kulit pohon, dedaunan, bunga, buah-buahan, dan serangga.

8. Simpanse

Simpanse adalah spesies kera besar yang ditutupi rambut hitam kasar kecuali pada wajah, jari, dan telapak. Simpanse dikenal sebagai hewan cerdas dan mampu menggunakan atau memodifikasi tongkat, batu, rumput, dsb untuk memperoleh madu, rayap, semut, kacang-kacangan, dan air sebagai makanannya.

9. Babi

Babi adalah hewan bermoncong panjang berhidung lemper dan telah mengalami domestikasi. Babi umumnya dipelihara untuk diambil dagingnya atau dijadikan hewan peliharaan. Babi dapat mengonsumsi makanan yang berasal dari daging maupun tumbuhan.

10. Beruang

Beruang adalah mamalia berbulu dan berbadan besar yang termasuk binatang buas. Ciri umumnya adalah tubuh besar dengan kaki kekar, moncong panjang, telinga bundar kecil, rambut lebat, dan bercakar. Makanan beruang daging atau ikan, namun ada spesies pandan yang memakan bambu.

11. Luwak

Luwak adalah mamalia yang tergolong suku musang. Hewan ini dimanfaatkan manusia untuk memproses kopi luwak yang harganya sangat mahal. Makanan luwak adalah pisang, pepaya, nasi, ayam, telur, atau jangkrik.

12. Musang

Musang adalah mamalia kecil dan bertubuh lentur. Musang sebagian besar berasal dari Asia tropis dan Afrika, terutama pada hutan tropis. Sebagian besar keanekaragaman spesies ini ditemukan di Asia Tenggara. Makanan musang kurang lebih sama dengan luwak yakni pisang, pepaya, nasi, ayam, telur, atau jangkrik.

13. Lele

Lele adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar dan dikenal memiliki “kumis”. Lele sering dipancing manusia dan dijadikan makanan. Makanan lele adalah bekicot, cacing, dan daun-daunan.

14. Burung Flamingo

Burung flamingo adalah spesies burung berkaki panjang dengan warna merah muda dan hidup berkelompok. Burung ini tersebar di Amerika, Afrika, dan Eropa. Makanan burung flamingo adalah udang dan alga biru-hijau.

15. Itik

Itik adalah unggas air penghasil telur dan daging. Makanan itik adalah dedak padi, jagung, tepung daging, atau tepung ikan.

16. Berang-Berang

Berang-berang adalah hewan pengerat semi akuatik. Berang-berang dikenal akan kemampuannya membuat semacam bendungan yang membantunya mencari ikan. Makanan berang-berang adalah ikan dan akar pohon.

17. Paus

Paus adalah hewan mamalia air yang berukuran besar. Paus bukanlah ikan karena bernapas menggunakan paru-paru. Makanan paus adalah fitoplankton dan ikan kecil. Ada juga paus bergigi yang memakan anjing laut.

18. Burung Jalak

Jalak merupakan burung pengicau dari suku Sturnidae yang umumnya berukuran sedang. Makanan burung jalak adalah pisang dan serangga kecil.

19. Tupai

Tupai adalah hewan mamalia kecil yang berasal dari hutan tropis Asia Tenggara. Makanan tupai adalah buah-buahan dan serangga.

20. Sigung

Sigung adalah binatang mamalia yang memiliki bulu berwarna hitam dan putih serta dikenal mampu mengeluarkan gas berbau busuk untuk mengusir predator. Makanan sigung adalah buah-buahan, dedaunan, serangga, cacing tanah, tikus, dll.

21. Belalang

Belalang adalah serangga yang dikenal mampu melompat sejauh 20 kali panjang tubuhnya. Makanan belalang adalah rumput, daun, serealia, dan serangga seperti semut.

22. Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah hewan mamalia laut yang bukan merupakan ikan karena bernapas dengan paru-paru. Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang cerdas. Makanan lumba-lumba adalah cumi-cumi, ikan kecil, fitoplankton, dll.

23. Burung Kasuari

Kasuari adalah burung yang berukuran sangat besar sehingga tidak dapat terbang. Burung ini dikenal memiliki tanduk di kepalanya dan memiliki kaki yang kuat dan berkuku tajam. Makanan burung kasuari berupa buah-buahan dan serangga.

24. Landak

Landak adalah hewan pengerat yang memiliki rambut tebal berbentuk duri tajam. Makanan landak adalah sayuran dan jangkrik.

25. Kungkang

Kungkang adalah mamalia berukuran sedang yang tinggal di pohon hutan Amerika Tengah dan Selatan. Kungkang dikenal sebagai hewan yang bergerak sangat lambat. Makanan kungkang adalah serangga, buah-buahan, daun, dan kadal kecil.

No comments:

Post a Comment