22 Contoh Gambar Hewan (Beserta Penjelasan)

Hewan adalah makhluk hidup multiseluler eukariotik yang dapat berpindah secara spontan dan independen. Hewan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu hewan bertulang belakang (vertebrata) dan hewan tidak bertulang belakang (invertebrata). Terdapat sekitar 1.371.253 spesies hewan di muka bumi dengan 95% diantaranya adalah invertebrata. Berikut adalah beberapa contoh gambar spesies hewan dari A sampai Z (berdasarkan abjad) lengkap dengan penjelasan singkatnya.
Baca juga: 11 Organel Sel Hewan dan Fungsinya (Beserta Gambar)

1. Anjing
anjing
Anjing adalah hewan peliharaan yang paling terkenal di dunia. Kesetiaannya terhadap majikan menjadikan anjing sebagai hewan peliharaan yang populer.
2. Banteng
banteng
Banteng adalah hewan yang terkenal suka menyeruduk. Di beberapa negara, banteng dijadikan pertunjukan matador yang sangat populer.
3. Cicak
cicak
Cicak adalah hewan yang sering terlihat merayap di tembok rumah khususnya di Indonesia. Cicak telah bersimbiosis mutualisme dengan manusia karena cicak suka memakan nyamuk.
4. Domba
domba
Domba adalah hewan ternak yang diambil bulunya untuk dijadikan bahan baku kain wol.
5. Elang
elang
Elang adalah hewan karnivora yang dikenal karena memiliki penglihatan yang sangat tajam dan dijadikan lambang negara Amerika Serikat.
6. Flamingo
flamingo
Flamingo adalah spesies burung yang hidup di Amerika Selatan, pantai selatan Spanyol, daerah pantai Afrika, dan pantai barat India. Burung ini dikenal karena memiliki warna merah muda yang eksotis.
7. Gajah
gajah
Gajah adalah hewan darat terbesar di dunia. Hewan ini dikenal karena belalai dan gadingnya. Di Ubud, Bali, Anda bisa menemukan gajah jinak yang bahkan bisa Anda ajak berinteraksi.
8. Hiu
hiu
Hiu adalah salah satu hewan perairan terganas di dunia. Hewan ini merupakan hewan karnivora dan sangat berbahaya karena memiliki gigi yang tajam.
9. Itik
itik
Itik adalah hewan unggas yang sering diambil telurnya untuk dijadikan makanan.
10. Jalak Bali
jalak Bali
Burung asal Bali Barat yang sangat indah dan eksotis ini adalah hewan yang sangat langka dan dilindungi.
11. Kalajengking
kalajengking
Kalajengking adalah hewan berbuku-buku yang dikenal karena memiliki sengat yang beracun.
12. Lebah
lebah
Lebah juga memiliki sengat yang cukup menyakitkan. Namun beberapa jenis lebah bermanfaat bagi manusia karena menghasilkan madu.
13. Merpati
merpati
Merpati adalah spesies burung yang sering dijadikan lambang cinta.
14. Nyamuk
nyamuk
Nyamuk adalah hewan yang paling mematikan di dunia. Bukan karena ganasnya, tetapi karena penyakit yang ditularkannya yang membawa banyak korban.
15. Orang Utan
orang utan
Orang utan adalah hewan primata yang terlindungi. Hewan ini dikenal karena memiliki kecerdasan yang hampir menyamai manusia.
16. Panda
panda
Panda adalah hewan langka yang habitatnya di Tiongkok. Hewan ini sangat lucu dan menggemaskan.
17. Rusa
rusa
Rusa atau menjangan adalah hewan herbivora yang memiliki ciri khas berupa tanduk.
18. Sapi
sapi
Sapi adalah salah satu hewan ternak yang paling populer. Hewan ini dapat dimanfaatkan daging dan susunya. Namun, dalam beberapa aliran dalam ajaran agama Hindu, sapi adalah hewan yang suci sehingga tidak boleh dikonsumsi.
19. Tupai
tupai
Tupai adalah hewan pengerat yang biasa terlihat memanjat pohon atau bergelantungan di kabel listrik.
20. Ular
ular
Ular adalah hewan melata yang dikenal berbahaya karena memiliki bisa. Meskipun tidak semua ular berbisa, ular tidak berbisa biasanya memiliki kemampuan melilit musuh hingga meninggal.
21. Walet
walet
Burung walet adalah burung yang dikenal karena sarangnya yang sering dimanfaatkan sebagai obat. Sarang burung walet terbuat dari air liur burung walet.
22. Zebra
zebra
Zebra adalah hewan dengan ciri khas warnanya yang belang hitam putih.

No comments:

Post a Comment