Pengertian Seni Rupa (Artikel Lengkap)

Seni rupa adalah cabang seni yang menggunakan media yang dapat dilihat mata dan diraba dengan indera peraba. Sehingga seni rupa merupakan seni yang mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan menjadi suatu karya estetik. Contoh karya seni rupa adalah keramik, lukisan, gambar, seni cetak, desain, kerajinan tangan, fotografi, videografi, film, dan arsitektur. Seni rupa juga seringkali ada sebagai pendukung cabang seni lain seperti seni pertunjukan dan seni konseptual. Dalam bahasa Inggris, seni rupa disebut visual arts.

Bagian dari: Pengertian Seni (Artikel Lengkap)

Pengertian seni rupa

1. Asal Mula Kata Seni Rupa

Etimologi kata “seni rupa” dapat dibagi menjadi “seni” dan “rupa”.

  • Etimologi seni berasal dari bahasa Sansekerta sani yang berarti “pemujian”, “persembahan”, dan “pelayanan”. Sedangkan ada pendapat dari Padmapusphita bahwa etimologi kata seni berasal dari bahasa Belanda genie yang berasal dari bahasa Latin yang berarti “memiliki kemampuan luar biasa yang dibawa dari lahir” atau “genius/jenius”.
  • Etimologi “rupa” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “citra” atau “wujud” yang memiliki kesejajaran arti dengan “wisesa” atau sifat dari guna atau kualitas yang berada dalam setiap objek.

Jadi, secara harfiah seni rupa adalah kemampuan luar biasa untuk membentuk suatu wujud atau citra.

2. Arti Kata Seni Rupa

Berikut adalah arti kata seni rupa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Seni rupa merupakan nomina (kata benda) yang berarti:

  1. seni pahat dan seni lukis.

Sedangkan apabila ditinjau lebih lanjut, seni pahat dan seni lukis juga tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

  • Seni pahat adalah seni mengenai pahat-memahat (membuat patung dsb); seni ukir.
  • Seni lukis adalah seni mengenai gambar-menggambar dan lukis-melukis.

3. Sejarah Istilah Seni Rupa

S.Sudjojono (1913-1986) adalah tokoh yang menciptakan dan mempopulerkan istilah “seni rupa” dalam bukunya Seni Lukis, Kesenian, dan Seniman (1946). Hanya saja kami belum menemukan pengertian seni rupa menurut S.Sudjojono.

4. Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian seni rupa menurut para ahli:

  1. Menurut Kamala Devi Chattopadhayaya, seni rupa adalah sebuah desakan ekspresi diri pada sebuah bentuk yang menjadikan seseorang mampu untuk meluapkan apa yang sedang dirasakannya sehingga mampu dirasakan banyak orang yang melihat karya tersebut.
  2. Menurut La Mery, seni rupa adalah penglihatan ekspresi secara simbolis dalam wujud dan bentuk yang lebih tinggi dan akan lebih indah yang dinetralisir menjadi sebuah wujud indah sebagai bentuk pengekspresian diri dan emosi.
  3. Menurut Sussane K. Langer, seni rupa adalah sebuah bentuk karya manusia yang indah yang dapat dinikmati dengan rasanya oleh rang lain melalui bentuk indah tertentu.


No comments:

Post a Comment