4 Cara Menghitung Persentase Cepat dan Mudah (Contoh Soal)

Persentase adalah angka atau rasio yang ditunjukkan sebagai pecahan seratus atau yang sering disebut persen dengan simbol %. Persentase sering digunakan untuk mengetahui pembagian suatu hal, misalnya pangsa pasar produk susu formula. Dengan persen, kita jadi lebih mudah mengetahui berapa perbandingan pembagian antara satu bagian dengan bagian lain. Berikut adalah beberapa cara cepat menghitung persen dengan contoh soal:

Cara menghitung persen cepat dan mudah

1. Dengan Pecahan Perseratus

Cara ini mengambil konsep dasar persentase, yakni dengan menggunakan perbandingan per seratus. Cara menggunakan rumus ini cukup dengan dikali silang dan menggunakan konsep aljabar. Berikut rumusnya:

Rumus hitung cepat persentase

Dengan persamaan diatas, kita bisa mencari persentase dengan mudah dan lebih gampang mengingat konsepnya karena menggunakan perbandingan. Berikut adalah contoh soalnya:


Amir mendapatkan jatah roti untuk dijual sebanyak 12 buah dari 28 buah roti yang ada. Berapa persen Amir mendapatkan jatah roti dari roti yang ada?

Diketahui:

Nilai yang dibandingkan (jatah Amir) = 12 buah

Nilai pembanding (total roti yang ada) = 28 buah

Ditanya:

Persentase = ?

Jawab:

Rumus hitung cepat persentase


Contoh soal mencari persentase


(kali silang)

Persentase x 28 = 12 x 100

(28)(Persentase) = 1200

Persentase = 1200 / 28

Persentase = 42,86

Jadi, Amir mendapatkan 42,86% jatah roti untuk dijual.

2. Dengan Menggunakan Desimal

Cara ini lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Cukup dengan membagi nilai yang dibandingkan dengan nilai pembanding, kemudian ditemukan hasil berupa pecahan desimal (0,xxxxx). Kemudian pecahan desimal tersebut dikalikan seratus. Sebenarnya cara ini hanya pengembangan dari cara pertama di atas. Jika dijadikan rumus juga mirip sebagai berikut:

Rumus hitung cepat persentase



Berikut adalah contoh soal dengan menggunakan rumus tersebut. Untuk perbandingan, kita gunakan contoh soal yang sama seperti pada cara pertama:


Jawab:

Rumus hitung cepat persentase



Contoh soal mencari persentase



Persentase = 0,4286 x 100

Persentase = 42,86%

Jadi, hasilnya sama dengan ketika menggunakan cara pertama.

3. Menggunakan Microsoft Excel

Ketika kita bekerja dengan komputer, Microsoft Excel juga sangat membantu untuk mencarikan persentase dengan cepat. Berikut langkah-langkah tutorial dengan menggunakan contoh soal yang sama. Saya menggunakan Microsoft Excel 2016. Untuk versi lain bisa disesuaikan.

  1. Di salah satu sel, ketik “=12/28” tanpa tanda kutip.
  2. Hasilnya “0,428571”. Untuk mengubahnya menjadi persen. Klik ikon persen di bagian Home > Number.Letak ikon persen
  3. Hasilnya 43%. Untuk memberikan dua angka desimal, klik ikon desimal dua kali. Letaknya di dekat sebelah kiri ikon persenLetak ikon desimal
  4. Hasilnya 42,86% sama seperti cara sebelumnya.

4. Menggunakan Kalkulator

Kita juga bisa menggunakan kalkulator untuk menghitung persentase. Dengan berdasarkan cara nomor dua, kita bisa menghitung persen dengan mudah dengan bantuan kalkulator. Cukup dengan cara berikut (dengan contoh soal yang sama):

Ketik angka dan simbol berikut pada kalkulator:

12 : 28 x 100

Kemudian klik =

Sehingga hasilnya 42,85714285…..

Hasilnya sangat panjang, sehingga kita tafsirkan sendiri sehingga hanya menyisakan dua angka di belakang koma. Hasilnya 42,86% (angka 7 dibulatkan ke atas).

No comments:

Post a Comment