12 Contoh Seni Rupa Murni (Beserta Gambar)

Seni rupa murni adalah seni yang diciptakan hanya untuk pemenuhan unsur estetika saja dan tidak fungsional. Seni rupa yang fungsional disebut seni rupa terapan. Fungsi seni rupa murni hanyalah sebagai pajangan atau hiasan semata. Seni rupa murni diciptakan melalui gagasan, ekspresi, serta kreativitas seniman. Berikut adalah beberapa contoh seni rupa murni:

Baca juga: Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Murni

Contoh seni rupa murni

1. Kerajinan dari Keramik

Seni kerajinan dari keramik adalah seni yang berbahan baku dari tanah liat yang melalui proses glasir. Contoh kerajinan seni rupa murni dari keramik adalah tembikar dan piring yang hanya difungsikan sebagai pajangan.

2. Fotografi

Hasil karya fotografi yang dipajang di dinding

Fotografi adalah proses menghasilkan gambar/foto dengan kamera. Mirip seperti lukisan, hasil fotografi dapat dicetak dan dijadikan hiasan dinding.

3. Lukisan

Lukisan yang dipajang di dinding

Lukisan adalah karya seni yang memanfaatkan kanvas sebagai medium yang ditambahkan goresan cat berwarna dengan menggunakan kuas atau palet. Lukisan adalah salah satu seni rupa murni yang paling populer dan sering dijadikan sebagai hiasan dinding.

4. Patung

Patung yang dijadikan hiasan kawasan pedestrian

Patung adalah karya seni rupa murni tiga dimensi yang dibuat dengan teknik cetak, pahat, atau membuat. Bahan yang umum digunakan adalah batu, logam, keramik, dan kayu. Patung paling sering dijadikan hiasan rumah, lobi, atau persimpangan jalan.

5. Relief

Relief pada Candi Borobudur

Relief adalah teknik menempelkan ukiran ke dinding dengan material yang sama. Hasilnya berupa lukisan timbul yang indah dan lebih realistis. Relief dapat dikatakan sebagai karya seni rupa murni tiga dimensi. Relief umumnya ditemukan pada arsitektur kuno seperti candi dan bangunan klasik Eropa.

6. Kaligrafi

Kaligrafi Jepang pada hiasan lampu

Kaligrafi adalah seni visual yang berupa tulisan yang didesain sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah karya seni. Kaligrafi bisa diterapkan di semua aksara atau huruf. Huruf yang terkenal untuk dijadikan kaligrafi adalah huruf Jepang (katakana, hiragana, dan kanji), huruf Arab, dan huruf Mandarin. Kaligrafi biasa dijadikan hiasan dinding.

7. Gantungan

Seni rupa murni gantungan

Hiasan gantungan dapat berupa gantungan untuk teras rumah maupun gantungan kunci. Hiasan gantungan biasanya dibuat dengan cara dibentuk maupun diukir. Fungsi gantungan hanya sebagai hiasan pada kunci atau teras rumah.

8. Mosaik

seni-rupa-murni-mosaik

Mosaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun potongan kecil kaca atau batu berwarna sedemikian rupa sehingga memiliki motif dan bentuk tertentu. Mosaik merupakan seni yang memiliki sejarah panjang dan ditemukan pertama kali di Mesopotamia pada abad ke-3 sebelum masehi. Mosaik biasa dijadikan hiasan pada gereja dan masjid.

9. Topeng

Seni rupa murni topeng

Topeng adalah penutup wajah khas Indonesia yang biasanya digunakan untuk seni pertunjukan atau tari tradisional. Topeng banyak ditemukan di Bali, namun ada juga di Cirebon, Malang, Yogyakarta, Surakarta, dan Jakarta.

10. Seni Cetak

Seni rupa murni cetak dengan sablon

Seni cetak seni yang dibuat dengan menggunakan teknik cetak. Seni cetak menggunakan alat seperti sablon, stampel, printer, dll. Medium yang umum digunakan adalah kertas, kain, dan kanvas.

11. Arsitektur

Seni rupa murni arsitektur

Arsitektur adalah proses perencanaan, perancangan, dan pembangunan bangunan dan struktur fisik lainnya. Hasil karya arsitektur sering dijadikan simbol budaya dan hasil karya seni. Banyak sekali arsitektur yang tergolong seni rupa murni. Misalnya gapura dan tugu.

12. Seni Konseptual

Seni konseptual

Seni konseptual adalah seni yang lebih memperhatikan ide dan konsep dibandingkan estetika, teknik, dan material. Berbeda dengan seni jenis lain, seni konseptual merancang perencanaan dan keputusan terlebih dahulu menjadi sebuah instruksi, baru dilakukan eksekusi. Seni ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan cara mengikuti instruksi yang ada.

No comments:

Post a Comment