4 Manfaat Benda Berbahan Plastik

Plastik adalah material yang terdiri dari polimer organik sintetis atau semi sintetis yang bersifat lunak sehingga mudah dibentuk menjadi berbagai macam benda. Plastik umumnya didapat dari produk petrokimia. Pemanfaatan plastik sangat beragam karena harganya yang murah, mudah dibentuk, fleksibel, dan tahan air. Plastik dapat menggantikan material lain seperti kayu, kulit, logam, batu, kaca, dan keramik. Berikut adalah manfaat benda berbahan plastik:

1. Sebagai Pengemas

Plastik digunakan secara luas sebagai alat pembungkus atau pengemas, baik itu makanan, minuman, atau benda.  Contohnya adalah botol plastik dan kemasan produk plastik.

2. Memudahkan Membawa Sesuatu

Kantong kresek sangat sering digunakan untuk memudahkan manusia membawa berbagai macam benda. Harganya yang murah dan kekuatannya menjadikannya sebagai pilihan utama untuk membawa barang.

3. Sebagai Pengganti Kaca

Karena sifatnya yang tembus pandang, plastik juga dapat menggantikan kaca. Plastik memiliki beberapa keunggulan yakni tidak mudah pecah, harganya yang lebih murah, dan memiliki kekuatan yang tidak jauh beda dengan kaca.

4. Sebagai Bahan Baku

Plastik digunakan sebagai bahan baku berbagai macam barang. Mulai dari elektronik, mainan, peralatan makan, pipa, sampai kendaraan bermotor.

Baca juga:

  1. Komposisi Minyak Bumi (Artikel Lengkap)

No comments:

Post a Comment