9 Contoh Kompromi


Kompromi adalah bentuk akomodasi yang dimaksudkan untuk memperoleh kesepakatan di antara kedua belah pihak yang berselisih dengan mengurangi tuntutan masing-masing. Di dalam kompromi, kedua pihak sepakat mengurangi keinginan memaksakan kehendak sendiri. Kompromi menghasilkan persetujuan yang letaknya berada di tengah-tengah tuntutan kedua pihak. Kompromi juga dapat dikatakan sebagai konsep untuk mendapatkan kesepakatan melalui komunikasi. Berikut adalah contoh kompromi:
Baca juga: 8 Bentuk Akomodasi Beserta Contoh
Contoh kompromi



  1. Konflik antara kakak yang ingin ketenangan karena sedang mengerjakan PR dan adik yang sedang mendengarkan musik. Keduanya berkompromi dengan menurunkan volume musik tersebut.
  2. Perjanjian antara Pemerintah Indonesia dan gerakan separatis Aceh dengan memberikan Aceh status daerah istimewa. Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas keamanan di Aceh.
  3. Kesepakatan antara serikat buruh dan perusahaan masalah upah. Yakni dengan menaikkan upah buruh, namun tidak sebanyak yang dituntut serikat buruh karena mengikuti kondisi keuangan perusahaan.
  4. Pembeli yang melakukan penawaran harga dengan penjual. Setelah dilakukan negosiasi, kedua pihak akan bertemu dengan titik tengah harga yang disepakati bersama.

    Baca juga: 21 Contoh Proses Interaksi Sosial Asosiatif
  5. Calon istri yang tidak bersedia tinggal di Jakarta mengikuti calon suami. Akhirnya mereka berkompromi dengan bersedia melakukan hubungan jarak jauh dan dikunjungi tiap kali mendapat libur.
  6. Dua orang anak yang sempat memanas karena diduga ada kecurangan saat bermain game. Kemudian anak yang merasa dicurangi tersebut berkata “oh ya, tidak apa” dan berhentilah konflik tersebut.
  7. Kompromi antar dua negara mengenai masalah letak perbatasan laut kedua negara tersebut.
  8. Konflik antara dua teman satu asrama yang mana satu pihak ingin membuka jendela karena ingin mendapatkan udara segar, sedangkan pihak lain tidak suka terpapar angin di dalam kamar. Maka dari itu, timbul kompromi dengan membuka sedikit jendela tersebut.
  9. Dua orang anak sedang berebut penghapus yang diklaim miliknya. Kemudian timbul kompromi dengan cara membagi dua penghapus tersebut.

No comments:

Post a Comment