Pengertian Mitigasi (Artikel Lengkap)

Mitigasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mengurangi kerugian materi maupun korban jiwa yang mungkin terjadi akibat bencana. Upaya tersebut dalam bentuk persiapan sebelum terjadi bencana. Persiapan dilakukan dengan memberi doktrin kepada masyarakat untuk menghadapi bencana alam. Dalam bahasa Inggris, mitigasi disebut mitigation.

Pengertian mitigasi


1. Asal Mula Kata Mitigasi

Etimologi kata mitigasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris mitigation yang berasal dari bahasa Perancis Kuno atau bahasa Latin mitigatio dari kata kerja mitigare yang berarti “meringankan”. Secara harfiah, mitigasi berarti “meringankan (dampak bencana)”.
2. Arti Kata Mitigasi
Berikut adalah arti kata mitigasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Mitigasi merupakan nomina (kata benda) yang berarti:
  1. Tindakan mengurangi dampak bencana.
Namun, ada arti lain dari mitigasi yakni “menjadikan berkurang kekasaran atau kesuburannya (contoh tanah dsb)”.
3. Pengertian Mitigasi Menurut Para Ahli
  1. Menurut Suci Rinanda (2013), mitigasi adalah tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mengurangi dampak dari suatu bencana yang dapat dilakukan sebelum bencana itu terjadi.
  2. Menurut Edvin Aldrian dkk (2011), mitigasi adalah upaya untuk menghindari hal yang tidak dapat dikelola.
  3. Menurut Damayanti Wardyaningrum (2014), mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.
  4. Menurut Putra Agina Widyaswara Suwaryo dan Podo Yuwono (2017), mitigasi adalah bagian dari pra bencana yang memiliki peran dalam pengurangan resiko bencana, bencana, dan mengurangi jumlah korban ketika bencana terjadi
4. Pengertian Mitigasi Menurut Undang-Undang
Berikut adalah pengertian mitigasi menurut UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana:
Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.
5. Penggunaan Istilah Mitigasi
Berikut adalah penggunaan istilah mitigasi selain pada bidang kebencanaan. Pada umumnya, mitigasi dalam bidang lain tetap berarti “pencegahan”.
  1. Bidang ekonomi: Terdapat istilah “mitigasi bisnis” yang berarti mengurangi risiko kehilangan dari terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Contohnya adalah dengan asuransi.
  2. Bidang hukum: Mitigasi berarti pencegahan risiko tuntutan bagi konsultan hukum dengan cara melakukan seleksi sebelum membuat keputusan apakah kantor konsultan hukum menerima atau menolak pekerjaan dari kliennya.
  3. Bidang kesehatan: Mitigasi berarti tindakan mengurangi penggunaan obat atau pencegahan penyakit.

No comments:

Post a Comment