30 Negara Berkembang di Benua Amerika (Artikel Lengkap)


Benua Amerika adalah benua yang berada di belahan bumi barat dan sering disebut sebagai Dunia Baru. Benua ini terdiri dari dua benua besar yakni Amerika Utara dan Amerika Selatan yang dibatasi oleh Terusan Panama. Benua Amerika memiliki iklim yang bervariasi mulai dari tundra Arktik di Amerika Utara hingga hutan hujan tropis di Amerika Selatan. Benua ini memiliki total penduduk lebih dari satu miliar jiwa dan salah satu benua dengan perekonomian utama dunia. Berikut adalah negara berkembang di Benua Amerika, tidak terbatas hanya pada negara yang berada di daratan Benua Amerika. Negara maju di benua Amerika hanya Amerika Serikat dan Kanada, jadi sisanya merupakan negara berkembang.
Baca juga: 20 Negara Berkembang di Benua Eropa Beserta Penjelasan
Negara berkembang di Benua Amerika



1. Antigua dan Barbuda

Antigua dan Barbuda adalah sebuah negara di kepulauan antara Laut Karibia dan Samudera Atlantik. Ibukotanya berada di St. John’s. Pariwisata mendominasi perekonomian negara ini yang meliputi lebih dari setengah PDB Antigua dan Barbuda. Sisanya sebagian besar berasal dari jasa keuangan dan industri manufaktur. PDB per kapita Antigua dan Barbuda (nominal) adalah sebesar US$ 15.932 (estimasi 2017).

2. Argentina

Argentina adalah sebuah negara yang bagian selatan Amerika Selatan, berbagi dengan Chili. Ibukotanya berada di Buenos Aires. Perekonomian Argentina merupakan yang terbesar kedua di Amerika Selatan. Argentina mendapatkan keuntungan dari kekayaan sumber daya alamnya, penduduk yang memiliki tingkat literasi tinggi, pertanian orientasi ekspor, dan perindustrian yang terdiversifikasi. PDB per kapita Argentina (nominal) adalah sebesar US$ 9.054 (estimasi 2019).

3. Bahama

Bahama adalah sebuah negara kepulauan yang berada di sebelah utara Kuba dan pulau Hispaniola di Laut Mediterania. Ibukotanya berada di Nassau. Bahama bergantung pada sektor pariwisata dengan kontribusi PDB lebih dari 60%. Kemudian diikuti oleh jasa keuangan yang meliputi 15% dari PDB. PDB per kapita Bahama (nominal) adalah sebesar US$ 25.306 (estimasi 2018).

4. Barbados

Barbados adalah sebuah negara di antara Laut Karibia dan Samudera Atlantik. Ibukotanya berada di Bridgetown. Sejak tahun 1966, Barbados sempat menjadi negara berpendapatan tinggi namun hanya bergantung pada produksi gula. Saat ini Barbados merupakan negara berpenghasilan menengah ke atas yang berbasis pariwisata dan sektor offshore. PDB per kapita Barbados (nominal) adalah sebesar US$ 15.677 (estimasi 2016).

5. Belize

Belize adalah sebuah negara yang berada di sebelah timur Amerika Tengah yang berbatasan dengan Meksiko dan Guatemala. Ibukotanya berada di Belmopan. Perekonomian Belize tergolong kecil yang berbasis pertanian. PDB per kapita Belize (nominal) adalah sebesar US$ 4.906 (estimasi 2018).

6. Bolivia

Bolivia adalah sebuah negara terkurung daratan di Amerika Selatan. Ibukotanya berada di Sucre. Perekonomian Bolivia secara historis hanya fokus pada komoditas tunggal. Dari perak, kemudian timah, kemudian koka. Bolivia hanya sesekali melakukan diversifikasi. Ketidakstabilan politik dan topografi yang sulit telah membatasi upaya diversifikasi dan modernisasi pertanian di Bolivia. PDB per kapita Bolivia (nominal) adalah sebesar US$ 3.719 (estimasi 2018).

7. Brazil

Brazil adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang menjadi negara terbesar di Amerika Latin. Ibukotanya berada di Brasília. Brazil merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Latin yang mengandalkan perekonomian campuran dan sumber daya alamnya yang melimpah. Brazil sempat mengalami pertumbuhan ekonomi yang cepat hingga mengalami resesi tahun 2014 karena korupsi. PDB per kapita Brazil (nominal) adalah sebesar US$ 9.159 (estimasi 2019).

8. Chili

Chili adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang wilayahnya panjang namun sempit disepanjang Pegunungan Andes dan Samudera Pasifik. Ibukotanya berada di Santiago. Chili memiliki perekonomian berpendapatan tinggi menurut Bank Dunia dan disebut sebagai negara paling stabil dan sejahtera di Amerika Selatan. PDB per kapita Chili (nominal) adalah sebesar US$ 16.277 (estimasi 2019).

9. Dominika

Dominika adalah sebuah negara pulau di antara Laut Karibia dan Samudera Atlantik. Ibukotanya berada di Roseau. Meskipun industri keuangan berkembang pesat di negara ini, Dominika tetap bergantung pada pisang sebagai sektor utamanya. Pertanian pisang telah mempekerjakan lebih dari sepertiga penduduk negara ini. PDB per kapita Dominika (nominal) adalah sebesar US$ 6.860 (estimasi 2018).

10. Ekuador

Ekuador adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Kolombia dan Peru. Ibukotanya berada di Quito. Perekonomian Ekuador bergantung pada ekspor minyak bumi, pisang, udang, emas, dll. PDB per kapita Ekuador (nominal) adalah sebesar US$ 6.640 (estimasi 2016).

11. El Salvador

El salvador adalah sebuah negara terkecil dan terpadat di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Honduras dan Guatemala. Ibukotanya berada di San Salvador. Perekonomian El Salvador seringkali dihambat oleh bencana alam, kebijakan subsidi yang terlalu besar, dan korupsi pemerintah. Ekspor utama negara ini adalah tekstil, gula, dan kopi. PDB per kapita El Salvador (nominal) adalah sebesar US$ 4.776 (estimasi 2015).

12. Grenada

Grenada adalah sebuah negara di antara Laut Karibia dan Samudera Atlantik. Ibukotanya berada di St. George’s. Perekonomian Grenada memburuk karena masalah hutang luar negeri yang besar dengan total pembayaran utang mencapai 25% dari total penerimaan negara di tahun 2017. Grenada sangat bergantung pada sektor pariwisata. PDB per kapita Grenada (nominal) adalah sebesar US$ 11.518 (estimasi 2019).

13. Guatemala

Guatemala adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Meksiko, Belize, Honduras, dan El Salvador. Ibukotanya berada di Guatemala City. Komoditas ekspor utama Guatemala adalah kopi, gula, dan pisang. PDB per kapita Guatemala (nominal) adalah sebesar US$ 4.770 (estimasi 2018).

14. Guyana

Guyana adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang menghadap Laut Karibia. Ibukotanya berada di Georgetown. Aktivitas ekonomi utama Guyana adalah pertanian dan pertambangan terutama bauksit dan emas. PDB per kapita Guyana (nominal) adalah sebesar US$ 4.648 (estimasi 2018).

15. Jamaika

Jamaika adalah sebuah negara di Laut Karibia. Ibukotanya berada di Kingston. Jamaika memiliki sumber daya alam terutama bauksit, pertanian, dan pariwisata. Pariwisata dan pertambangan menjadi sumber pendapatan mata uang asing negara ini. PDB per kapita Jamaika (nominal) adalah sebesar US$ 5.117 (estimasi 2017).

16. Kolombia

Kolombia adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan panama, Venezuela, Brazil, Ekuador, dan Peru. Ibukotanya berada di Bogota. Komoditas ekspor utama Kolombia adalah minyak bumi yang mencakup 45% dari total ekspor. Sedangkan 17% merupakan manufaktur. PDB per kapita Kolombia (nominal) adalah sebesar US$ 6.888 (estimasi 2019).

17. Kosta Rika

Kosta Rika adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Nikaragua dan Panama. Perekonomian Kosta Rika berhasil diversifikasi menjadi pertanian, pariwisata, industri elektronik, industri peralatan medis, dan jasa teknologi informasi. PDB per kapita Kosta Rika (nominal) adalah sebesar US$ 12.144 (estimasi 2018).

18. Kuba

Kuba adalah sebuah negara di Laut Karibia. Kuba menerapkan prinsip sosialis dalam mengatur ekonomi terencana yang sebagian besar dikendalikan negara. Sebagian besar alat produksi dimiliki dan dijalankan oleh pemerintah dan sebagian besar tenaga kerja dipekerjakan oleh negara. Perekonomian Kuba sempat anjlok akibat runtuhnya Uni Soviet dan embargo ekonomi Amerika Serikat. PDB per kapita Kuba (nominal) adalah sebesar US$ 7.815 (estimasi 2016).

19. Meksiko

Meksiko adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Amerika Selatan, Guatemala, dan Belize. Ibukotanya berada di Mexico City. Perekonomian Meksiko merupakan yang terbesar ke-15 di dunia dan berorientasi ekspor yang terdiversifikasi. Ekspor utama Meksiko adalah kendaraan bermotor dan elektronik. PDB per kapita Meksiko (nominal) adalah sebesar US$ 9.614 (estimasi 2018).

20. Nikaragua

Nikaragua adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Honduras dan Kosta Rika. Ibukotanya berada di Managua. Nikaragua adalah salah satu negara termiskin di benua Amerika. 48% populasi Nikaragua hidup di bawah garis kemiskinan. Perekonomian Nikaragua berfokus utamanya pada sektor pertanian. PDB per kapita Nikaragua (nominal) adalah sebesar US$ 2.126 (estimasi 2018).

21. Panama

Panama adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Kosta Rika dan Kolombia. Ibukotanya berada di Panama City. Sektor utama Panama adalah jasa yang mencakup 80% dari PDB diantaranya Terusan Panama, perbankan, dan pelabuhan. PDB per kapita Panama (nominal) adalah sebesar US$ 15.313 (estimasi 2018).

22. Paraguay

Paraguay adalah sebuah negara terkurung daratan di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Argentina, Brazil dan Bolivia. Ibukotanya berada di Asuncion. Antara 1970 dan 2013, pertumbuhan ekonomi Paraguay merupakan yang tertinggi di Amerika Selatan. Komoditas ekspor utama Paraguay adalah kacang kedelai. Paraguay tidak memiliki sumber daya mineral, maka dari itu Paraguay sangat bergantung pada pertanian. PDB per kapita Paraguay (nominal) adalah sebesar US$ 6.229 (estimasi 2019).

23. Peru

Peru adalah sebuah negara di Amerika Selatan bagian barat yang berbatasan dengan Ekuador, Kolombia, Brazil, Bolivia, dan Chili. Ibukotanya berada di Lima. Komoditas ekspor utama Peru adalah pertambangan. PDB per kapita Peru (nominal) adalah sebesar US$ 7.118 (estimasi 2018).

24. Republik Dominika

Republik Dominika adalah sebuah negara di sebelah timur pulau Hispaniola di Laut Karibia. Ibukotanya berada di Santo Domingo. Perekonomian Republik Dominika merupakan yang terbesar di kawasan Amerika Tengah dan Karibia. Komoditas ekspornya sangat terdiversifikasi secara proporsional. PDB per kapita Republik Dominika (nominal) adalah sebesar US$ 7.932 (estimasi 2018).

25. Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts dan Nevis adalah sebuah negara di Laut Karibia yang terdiri dari dua pulau yaitu Saint Kitts dan Nevis. Ibukotanya berada di Basseterre di pulau Saint Kitts yang lebih besar. Perekonomian negara ini didominasi oleh pariwisata, pertanian, dan industri manufaktur. Komoditas ekspor utama Saint Kitts dan Nevis adalah gula. PDB per kapita Saint Kitts dan Nevis (nominal) adalah sebesar US$ 16.793 (estimasi 2016).

26. Saint Lucia

Saint Lucia adalah sebuah negara di Laut Karibia. Ibukotanya berada di Castries. PBB menggolongkan Saint Lucia sebagai negara berkembang pulau kecil. Sektor jasa mendominasi PDB Saint Lucia, diikuti dengan industri dan pertanian. Peningkatan infrastruktur dan kualitas SDM menarik investor dari luar negeri. PDB per kapita Saint Lucia (nominal) adalah sebesar US$ 10.042 (estimasi 2018).

27. Suriname

Suriname adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang menghadap Laut Karibia. Ibukotanya berada di Paramaribo. Perekonomian Suriname didominasi oleh industri bauksit yang mencakup 15% PDB dan 70% nilai ekspor. Ekspor lainnya adalah beras, pisang, dan udang. PDB per kapita Suriname (nominal) adalah sebesar US$ 6.881 (estimasi 2019).

28. Trinidad dan Tobago

Trinidad dan Tobago adalah sebuah negara di Laut Karibia yang terdiri dari dua pulau. Ibukotanya berada di Port of Spain di pulau Trinidad. Trinidad dan Tobago merupakan salah satu negara terkaya di Karibia. Perekonomian negara ini berasal dari minyak bumi dan petrokimia. Pariwisata tumbuhan namun tidak menjadi komoditas utama dibandingkan negara-negara Karibia lainnya. PDB per kapita Trinidad dan Tobago (nominal) adalah sebesar US$ 15.838 (estimasi 2017).

29. Uruguay

Uruguay adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Argentina dan Brazil. Ibukotanya berada di Montevideo. Sektor ekspor Uruguay adalah pertanian. PDB per kapita Uruguay (nominal) adalah sebesar US$ 17.875 (estimasi 2019).

30. Venezuela

Venezuela adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Kolombia, Brazil, dan Guyana. Ibukotanya berada di Caracas. Venezuela sangat bergantung pada ekspor minyak bumi hingga mencapai 95%. Venezuela saat ini mengalami krisis sejak 2015 dan mengalami hiperinflasi hingga kini. PDB per kapita Venezuela (nominal) adalah sebesar US$ 3.100 (estimasi 2019).

No comments:

Post a Comment