20 Negara Berkembang di Benua Eropa Beserta Penjelasan

Benua Eropa adalah benua yang berada di sebelah barat daratan Eurasia. Benua Eropa dipisahkan dengan Benua Asia karena kebudayaannya yang berbeda. Benua Eropa selama ini dikenal sebagai benua yang maju, baik secara ekonomi, politik, dan kebudayaannya. Meskipun demikian, ada juga beberapa negara di Eropa yang masih berkembang, setidaknya dilihat dari PDB per kapita dan pertumbuhan ekonominya. Berikut adalah profil negara berkembang di Benua Eropa menurut International Monetary Fund’s World Economic Outlook Report tahun 2017. Diurutkan berdasarkan abjad.

Baca juga: 30 Negara Maju di Benua Eropa Beserta Penjelasan

Negara Berkembang di Benua Eropa

1. Albania

Albania adalah sebuah negara di Eropa Selatan yang berbatasan dengan Montenegro, Kosovo, Republik Makedonia, dan Yunani. Ibukotanya berada di Tirana. Perekonomian Albania sedang berada di masa transisi dari ekonomi terpusat ke ekonomi pasar. Albania merupakan negara berkembang dengan perekonomian berbasis pada sektor jasa (63,5%), pertanian (21,6%), dan industri (14,9%). Negara ini kaya akan sumber daya alam. Industri di Albania antara lain energi, pertambangan, metalurgi, pertanian, dan pariwisata. Mayoritas ekspor adalah pakaian, krom, dan minyak bumi. PDB per kapita negara ini (nominal 2016) adalah $4.132 dengan pertumbuhan ekonomi 3,84% (2018).

2. Armenia

Armenia adalah sebuah negara di kawasan Kaukasus yang berbatasan juga dengan benua Asia. Armenia berbatasan dengan Turki, Georgia, Azerbaijan, dan Iran. Ibukotanya berada di Yerevan. Perekonomian Armenia 51,9% adalah sektor jasa, 28,7% sektor industri, dan 19,4% sektor pertanian. PDB per kapita Armenia (nominal 2017) sebesar $9.100 dengan pertumbuhan ekonomi 7,5% (2017).

3. Azerbaijan

Azerbaijan adalah sebuah negara di kawasan Kaukasus yang berbatasan dengan Rusia, Georgia, Armenia, dan Iran. Ibukotanya berada di Baku. Azerbaijan telah sukses bertransisi dari ekonomi Soviet ke ekonomi yang mayoritas berbasis minyak. Perekonomian negara ini belum stabil dan tidak efisien. PDB per kapita Azerbaijan (nominal 2016) adalah $3.340 dengan pertumbuhan ekonomi 0,8% (2016).

4. Belarus

Belarus atau Belarusia adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia, Ukraina, Polandia, Lithuania, dan Latvia. Ibukotanya berada di Minsk. Sebagai negara pecahan Uni Soviet, Belarus telah memiliki industri yang berkembang. Negara ini juga memiliki sektor pertanian yang maju dan tingkat pendidikan yang tinggi. Dibandingkan setiap negara pecahan Uni Soviet, Belarus memiliki standar hidup yang tinggi. PDB per kapita Belarus (nominal 2017) adalah $4.991 dengan pertumbuhan ekonomi 0,7% (2017).

5. Bosnia dan Herzegovina

Bosnia dan Herzegovina adalah sebuah negara di di Eropa Tenggara tepatnya di Semenanjung Balkan. Ibukotanya berada di Sarajevo. Negara ini merupakan negara berpenghasilan menengah ke atas yang menjadi kandidat potensial Uni Eropa. Tantangan ekonomi Bosnia dan Herzegovina antara lain ketimpangan ekonomi dan investasi. PDB per kapita Bosnia dan Herzegovina adalah $4.836 (nominal 2018) dengan pertumbuhan ekonomi 4,6% (2017).

6. Bulgaria

Bulgaria adalah sebuah negara di Eropa Tenggara yang berbatasan dengan Romania, Serbia, Makedonia, Yunani, dan Turki. Ibukotanya berada di Sofia. Ekonomi Bulgaria menerapkan pasar bebas dengan lebih sedikit sektor publik. Bulgaria merupakan negara berpenghasilan menengah ke atas terindustrialisasi. Sektor terkuat di Bulgaria adalah energi, pertambangan, metalurgi, pembuatan mesin, pertanian, dan pariwisata. PDB per kapita Bulgaria (nominal 2018) adalah $7.743 dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 3,9%.

7. Kroasia

Kroasia adalah sebuah negara di antara Eropa Tengah dan Tenggara yang beribukota di Zagreb. Perekonomian Kroasia berbasis di sektor jasa dengan kontribusi sektor tersier sekitar 70% dari PDB. Setelah runtuhnya sosialisme, Kroasia melewati proses transisi ke ekonomi pasar pada tahun 1990-an, namun perekonomiannya sempat terpuruk akibat Perang Kemerdekaan Kroasia. Setelah perang, perekonomian kembali membaik. Namun terpuruk lagi akibat krisis keuangan 2007-2008. Sektor industri didominasi oleh industri galangan kapal, pengolahan makanan, dan industri kimia. Pariwisata juga menjadi sektor andalan negara ini. PDB per kapita Kroasia (nominal 2017) adalah $13.820 dengan pertumbuhan ekonomi 2,5% (2018).

8. Georgia

Georgia adalah sebuah negara di kawasan Kaukasus di antara benua Asia dan Eropa. Negara ini berbatasan dengan Rusia, Turki, Armenia, dan Azerbaijan. Ibukotanya berada di Tbilisi. Perekonomian Georgia merupakan ekonomi pasar bebas. Perekonomian sempat anjlok karena runtuhnya Uni Soviet namun tumbuh kembali hingga dua digit. Georgia berhasil berubah dari negara hampir gagal pada tahun 2003 menjadi perekonomian pasar yang berjalan baik pada tahun 2014. Peringkat kemudahan bisnis di Georgia juga cukup tinggi. Korupsi terbilang sangat rendah dan sangat transparan. PDB per kapita Georgia (2016 PPP) adalah $9.891 dengan pertumbuhan ekonomi 5,7% (rata-rata 2003-2011).

9. Hongaria

Hongaria adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Slovakia, Ukraina, Austria, Romania, Serbia, Kroasia, dan Slovenia. Ibukotanya berada di Budapest. Hongaria merupakan negara berpenghasilan tinggi dengan indeks pembangunan manusia yang sangat tinggi dan kesenjangan yang terbilang rendah. Industri utama Hongaria antara lain pengolahan makanan, obat-obatan, kendaraan bermotor, teknologi informasi, kimia, metalurgi, mesin, elektronik, dan pariwisata. Industri dan penelitian elektronik adalah penggerak utama inovasi dan pertumbuhan ekonomi negara ini. PDB per kapita Hongaria (2018 PPP) adalah $30.538 dengan pertumbuhan ekonomi 4,2% (2017).

10. Kazakhstan

Kazakhstan adalah sebuah negara di Asia Tengah (sebagian wilayahnya bisa dibilang berada di Benua Eropa). Negara ini merupakan negara terkurung daratan terluas di dunia. Negara ini berbatasan dengan Rusia, Tiongkok, Kirgistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Ibukotanya berada di Astana. Perekonomian Kazakhstan merupakan yang terbesar di Asia Tengah namun mengalami depresiasi yang tajam antara 2013 dan 2016. Negara ini memiliki potensi pertanian yang besar. Sektor industri negara ini sebagian besar pada ekstraksi dan pengolahan sumber daya alam yang dimiliki. PDB per kapita Kazakhstan (nominal 2016) adalah $7.138 dengan pertumbuhan ekonomi 3,3% (2017).

11. Kosovo

Kosovo adalah negara di Eropa Tenggara yang masih diperdebatkan yang menyatakan diri merdeka dari Serbia pada Februari 2008. Ibukotanya berada di Pristina. Kosovo merupakan negara termiskin di antara semua negara pecahan Yugoslavia. Kondisi ini diperparah dengan sanksi internasional, terbatasnya akses ke perdagangan internasional, dan berbagai konflik etnis. Perekonomian mulai tumbuh sejak deklarasi kemerdekaan 2008. PDB per kapita Kosovo (nominal 2017) adalah $4.140 dengan pertumbuhan ekonomi 4% (2017).

12. Makedonia

Republik Makedonia adalah sebuah negara di semenanjung Balkan di Eropa Tenggara yang berbatasan dengan Kosovo, Serbia, Bulgaria, Yunani, dan Albania. Ibukotanya berada di Skopje. Makedonia merupakan salah satu negara termiskin diantara pecahan Yugoslavia karena kurangnya infrastruktur, sanksi PBB, dan embargo ekonomi dari Yunani. PDB per kapita Makedonia (PPP 2016) adalah $14.500 dengan pertumbuhan ekonomi 0,1% (2018).

13. Moldova

Modova adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa Timur yang berbatasan dengan Romania dan Ukraina. Ibukotanya berada di Chișinău. Moldova merupakan negara pecahan Uni Soviet. 40% PDB negara ini adalah sektor pertanian dan pengolahan makanan. Moldova memiliki industri wine berkelas dunia. Selain itu, Moldova juga menghasilkan gandum, jagung, barley, tembakau, kacang kedelai, biji bunga matahari, apel, dan buah-buahan lainnya. PDB per kapita Moldova (nominal 2017) adalah $2.279 dengan pertumbuhan ekonomi 4% (2017).

14. Montenegro

Montenegro adalah sebuah negara di Eropa Tenggara yang berbatasan dengan Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Kosovo, Albania, dan Kroasia. Ibukotanya berada di Podgorica. Perekonomian Montenegro berbasis jasa dan baru pulik dari Perang Yugoslavia. PDB per kapita Montenegro (nominal 2016) sebesar $6.611 dengan pertumbuhan ekonomi 3%.

15. Polandia

Polandia adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang beribukota di Warsawa. Perekonomian Polandia merupakan yang terbesar ke-8 di Uni Eropa dan terbesar di antara mantan anggota Blok Timur yang bergabung di Uni Eropa. Hingga 2017, perekonomian Polandia tumbuh stabil selama 26 tahun terakhir. PDB per kapita Polandia (nominal 2018) adalah $16.180 dengan pertumbuhan ekonomi 4,1% (2018)

16. Romania

Romania adalah sebuah negara di antara Eropa Tengah, Timur, dan Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Bulgaria, Ukraina, Hongaria, Serbia, dan Moldova. Ibukotanya berada di Bucharest. Romania merupakan negara dengan pendapatan menengah ke atas dengan IPM sangat tinggi dan tenaga kerja yang terampil. Romania merupakan produsen elektronik terbesar di Eropa Tengah dan Timur. Ibukotanya juga merupakan pusat industri dan keuangan terbesar di Eropa Timur. Ekspor utama Romania adalah kendaraan, mesin, bahan kimia, produk elektronik, farmasi, transportasi, logam, produk makanan, dan plastik. PDB per kapita Romania (nominal 2018) sebesar $12.575 dengan pertumbuhan ekonomi 7% (2017).

17. Rusia

Rusia adalah sebuah negara di kawasan Eurasia. Rusia merupakan negara terluas di dunia. Ibukotanya berada di Moskow. Rusia merupakan negara berpenghasilan menengah dengan kepemilikan publik dan ekonomi terencana. Luas negaranya memberi keuntungan lebih salah satunya pada sumber daya alam. Rusia memiliki lebih dari 30 persen sumber daya alam dunia yang bernilai sekitar $75 triliun (Bank Dunia). PDB per kapita Rusia (2017 nominal) adalah $10.608 dengan pertumbuhan ekonomi 1,5% (2017).

18. Serbia

Serbia adalah sebuah negara di Eropa Tengah dan Tenggara yang berbatasan dengan Hongaria, Romania, Bulgaria, Makedonia, Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro, Albania, dan Kosovo. Ibukotanya berada di Belgrade. Perekonomian Serbia berbasis jasa yang berpenghasilan menengah ke atas. Sektor tersier mencakup dua pertiga dari total PDB. Sektor terkuat Serbia adalah energi, otomotif, industri, mesin, pertambangan, dan pertanian. Ekspor utama Serbia adalah kendaraan bermotor, logam, karet, pakaian, gandum, buah, sayuran, elektronik, dll. PDB per kapita Serbia (nominal 2018) adalah $6.052 dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 4,4% (2018).

19. Turki

Turki adalah sebuah negara di Eurasia yang berbatasan dengan Yunani, Bulgaria, Georgia, Armenia, Azerbaijan, Iran, Irak, dan Suriah. Ibukotanya berada di Ankara. Ekonomi Turki digolongkan sebagai negara industri baru. Turki menjadi pemimpin dunia dalam industri pertanian, tekstil, kendaraan bermotor, material bangunan, dan elektronik. OECD memperkirakan Turki akan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. PDB per kapita Turki (nominal 2017) mencapai $10.512 dengan pertumbuhan ekonomi 7% (2017).

20. Ukraina

Ukraina adalah sebuah negara di Eropa Timur. Ibukotanya berada di Kiev. Ekonomi Ukraina sama halnya dengan negara-negara pecahan Uni Soviet lainnya, yaitu mengalami keruntuhan pada tahun 1990-an dan tumbuh dengan cepat dari tahun 2000 sampai 2008. Perang tahun 2014 dengan Rusia sempat memukul ekonomi Ukraina, namun berhasil tumbuh kembali sejak tahun 2016. PDB per kapita Ukraina (nominal 2017) adalah $2.583 dengan pertumbuhan ekonomi 3,2% (2018).

No comments:

Post a Comment