10 Sifat-Sifat Elektron (Artikel Lengkap)

Elektron adalah partikel subatomik bermuatan negatif yang terdapat di luar inti atom. Sebagai tambahan, atom terdiri dari elektron (negatif), proton (positif), dan neutron (netral). Elektron tidak bisa dipecah menjadi partikel yang lebih sederhana atau lebih kecil. Umumnya elektron ditulis sebagai simbol e- atau β-. Elektron bertanggung jawab atas seluruh fenomena listrik. Massa elektron sekitar 1/1.836 massa proton. Berikut adalah sifat-sifat elektron:

Baca juga: Afinitas Elektron (Artikel Lengkap)

Sifat-sifat elektron

  1. Elektron diketahui tidak memiliki komponen dasar atau substruktur. Sehingga tidak ada bagian-bagian elektron dan dipercaya sebagai partikel elementer atau fundamental.
  2. Memiliki muatan relatif -1.
  3. Momentum sudut (spin) intrinsik elektron adalah setengah nilai integer dalam satuan h. Itu berarti elektron termasuk fermion.
  4. Objek yang memiliki elektron yang mudah berpindah disebut konduktor atau penghantar listrik. Contoh konduktor adalah tembaga.
  5. Bergerak secara bebas dalam vakum dengan orbital dalam atom yang dapat dideskripsikan dengan fungsi gelombang.
  6. Berada di lapisan kulit atom.
  7. Kecepatan elektron dapat mendekati c (kecepatan cahaya), namun tidak pernah mencapai kecepatan tersebut.
  8. Momentum dan posisi pasti elektron tidak dapat ditentukan. Prinsip ini disebut prinsip ketakpastian Heisenberg.
  9. Ketika objek kelebihan elektron, objek tersebut bermuatan negatif. Sebaliknya jika objek kekurangan elektron, objek tersebut bermuatan positif. Dan netral ketika jumlah elektron dan proton sama.
  10. Ketika elektron dan proton bertumbukan, mereka saling menghilangkan satu sama lain dan menghasilkan pasangan foton berenergi tinggi atau partikel lain.

No comments:

Post a Comment