6 Macam Satuan Kecepatan

Kecepatan adalah laju perubahan posisi suatu benda. Kecepatan menunjukkan berapa jarak yang mampu ditempuh dalam satuan waktu. Kecepatan merupakan konsep fundamental dalam kinematika gerak. Ada juga satuan laju perubahan kecepatan yang disebut percepatan. Rumus kecepatan adalah jarak yang ditempuh dibagi waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut. Terdapat beberapa macam satuan kecepatan, diantaranya:

Macam-macam satuan kecepatan

  1. Meter per detik dengan satuan m/s (meter/sekon) atau m/detik. Satuan ini menggunakan satuan jarak dalam Sistem Internasional (SI).
  2. Kilometer per jam dengan satuan km/h (kilometer per hour) atau km/jam. Satuan ini populer digunakan sebagai satuan kecepatan pada kendaraan bermotor.
  3. Mil per jam dengan satuan mph (mile per hour). Satuan ini digunakan sebagai satuan kecepatan pada kendaraan bermotor di Amerika Serikat.
  4. Mach adalah satuan kecepatan yang didasarkan pada kecepatan suara. Mach 1 berarti sama dengan kecepatan suara (1.238 km/jam). Satuan ini kerap digunakan untuk menghitung kecepatan pesawat jet.
  5. Knot adalah satuan kecepatan yang juga disebut sebagai mil laut per jam. Satuan ini sering digunakan dalam mengukur kecepatan angin.
  6. Rad/s atau radian per detik adalah satuan kecepatan yang mengukur kecepatan sudut putaran dalam SI. Selain menggunakan detik, dapat pula digunakan satuan menit sehingga menjadi RPM (radian per menit) yang sering digunakan dalam mengukur putaran mesin kendaraan bermotor.

No comments:

Post a Comment