8 Fungsi Sosiologi Secara Umum


Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial antar manusia sebagai makhluk sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat. Perilaku tersebut diusahakan dicari polanya secara rasional, empiris, dan bersifat umum. Sosiologi berasal dari bahasa Latin socius yang berarti “kawan” dan logos yang berarti ilmu pengetahuan. Berikut adalah fungsi sosiologi secara umum:
Fungsi sosiologi



1. Perencanaan Sosial

Perencanaan sosial adalah kegiatan untuk mempersiapkan masa depan individu di masyarakat. Perencanaan sosial juga merupakan alat untuk mengetahui perkembangan masyarakat dan untuk mengantisipasi berbagai masalah yang timbul di masyarakat. Tujuannya yakni untuk menghimpun kekuatan sosial guna menciptakan ketertiban masyarakat. Perencanaan sosial disusun atas dasar fakta-fakta yang ada.

2. Pemahaman Motif Komunikasi

Sosiologi dapat membantu memahami tujuan dan latar belakang komunikasi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok. Contohnya adalah aktualisasi diri, persuasi, kesenangan, berbagi, meminta pertolongan, dll.

3. Memberi Alternatif Teori dalam Menjelaskan Fenomena Sosial

Setiap fenomena sosial atau permasalahan sosial dapat dilihat dari berbagai macam pendekatan dan menghasilkan beragam pendapat pula. Maka dari itu, sosiologi juga berperan dalam memberi alternatif penjelasan pada setiap masalah sosial.

4. Penelitian

Penelitian dalam sosiologi berguna untuk memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat. Kegiatan penelitian sosiologi biasanya mengkaji berbagai gejala yang ada di masyarakat. Penelitian sosiologi juga bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap simbol atau istilah tertentu yang digunakan masyarakat. Hasil penelitian sosiologi akan diperoleh suatu rencana penyelesaian masalah sosial dari data empiris.

5. Identifikasi Kebudayaan

Sosiologi juga berfungsi untuk mengidentifikasi unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat dengan cara mengetahui simbol tertentu yang menjadi salah satu unsur budaya seperti bahasa, aksara, dan sebagainya yang digunakan oleh kelompok masyarakat.

6. Pembangunan

Pembangunan adalah sebuah proses yang dilakukan dengan terencana dan terarah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat baik itu secara material maupun spiritual. Sosiologi memberikan data sosial yang diperlukan dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan. Perencanaan meliputi identifikasi kebutuhan masyarakat, pola interaksi sosial, kelompok sosial, dll. Pelaksanaan meliputi pengawasan terhadap kekuatan sosial dan perubahan sosial di masyarakat. Sedangkan tahap evaluasi terdiri dari analisis dampak sosial terhadap pembangunan.

7. Identifikasi Perubahan Sosial Budaya

Sosiologi juga berusaha memahami bentuk-bentuk perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat. Perubahan sosial budaya tersebut meliputi asimilasi, akulturasi, dan globalisasi. Perubahan sosial budaya terjadi sebagai hasil dari interaksi antar individu maupun kelompok yang memiliki perbedaan latar belakang budaya.

8. Pemecahan Masalah Sosial

Sosiologi berfungsi untuk memecahkan permasalahan sosial. Masalah pasti ada karena ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan atau karena perbedaan harapan antar individu. Faktor utama terjadi masalah sosial seperti ekonomi, biologis, psikologis, dan kebudayaan. Disebut permasalahan karena dapat mengganggu keharmonisan di masyarakat. Maka dari itu harus segera dipecahkan. Terdapat tiga metode pemecahan masalah sosial yaitu metode antisipatif, represif, dan restitusif.
Baca juga:
  1. Pengertian Sosiologi (Artikel Lengkap)
  2. Pengertian Struktur Sosial (Artikel Lengkap)

No comments:

Post a Comment