4 Fungsi Manajemen (Artikel Lengkap)


Manajemen adalah suatu proses mengatur sekelompok orang dalam satu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Manajemen meliputi aktivitas menyusun strategi organisasi dan mengatur pegawai/relawan untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan sumber daya seperti keuangan, sumber daya alam, teknologi, dan sumber daya manusia. Berikut adalah empat fungsi manajemen:
Fungsi manajemen



1. Planning (Fungsi Perencanaan)

Perencanaan adalah aktivitas menyusun tujuan perusahaan lalu menyusun berbagai rencana guna mencapai tujuan tersebut. Manajer mengevaluasi berbagai alternatif rencana sebelum mengambil keputusan. Berikut adalah aktivitas dalam fungsi perencanaan:
  1. Menetapkan tujuan dan target bisnis.
  2. Menyusun strategi untuk mencapai tujuan dan target tersebut.
  3. Menentukan sumber daya yang dibutuhkan.
  4. Menetapkan standar kesuksesan dalam pencapaian tujuan dan target tersebut.

2. Organizing (Fungsi Pengorganisasian)

Pengorganisasian adalah aktivitas membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian penting untuk memudahkan manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas. Pengorganisasian meliputi pembagian tugas, tugas apa saja yang harus dikerjakan, siapa yang bertanggungjawab, dan tingkat pengambilan keputusan. Berikut adalah aktivitas dalam fungsi pengorganisasian:
  1. Pengalokasian sumber daya, menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
  2. Menetapkan struktur perusahaan dan garis kewenangan serta tanggung jawab.
  3. Merekrut, menyeleksi, melatih, dan mengembangkan tenaga kerja.
  4. Menempatkan tenaga kerja dalam posisi yang tepat.

3. Actuating / Directing (Fungsi Pengarahan)

Pengarahan adalah aktivitas mengusahakan agar semua anggota organisasi berusaha mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan dan tugas-tugasnya. Yang dibutuhkan dalam fungsi ini adalah kepemimpinan yang baik agar setiap orang mau bekerja dengan sendirinya dan dengan penuh kesadaran bersama.  Berikut adalah aktivitas dalam fungsi pengarahan:
  1. Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan motivasi kepada tenaga kerja agar bisa bekerja dengan efektif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  2. Memberi tugas dan penjelasan tentang tugas tersebut.
  3. Menjelaskan semua kebijakan yang sudah ditetapkan.

4. Controlling (Fungsi Pengendalian)

Pengendalian adalah aktivitas mengevaluasi setiap kegiatan yang telah berjalan secara berkala. Tujuan controlling adalah untuk memastikan seluruh tenaga kerja sudah bekerja sebagaimana mestinya, mengetahui kinerja organisasi, dan menghindari kegagalan dalam organisasi. Berikut adalah aktivitas dalam fungsi pengendalian:
  1. Mengevaluasi proses mencapai tujuan dan target dengan menggunakan indikator yang telah ditetapkan.
  2. Menempuh langkah klarifikasi dan koreksi apabila terjadi penyimpangan yang ditemukan.
  3. Memberi alternatif solusi atau masalah yang terjadi dalam proses mencapai tujuan.

No comments:

Post a Comment