Pengertian Politik (Artikel Lengkap)

Politik adalah proses membuat keputusan untuk semua anggota di suatu kelompok. Lebih sempit lagi, politik adalah pencapaian dan pelaksanaan posisi pemerintahan yang merupakan kontrol terorganisir atas komunitas manusia khususnya sebuah negara. Lebih jauh, politik adalah studi atau praktik distribusi kekuatan dan sumber daya dalam komunitas tertentu serta hubungan timbal balik antar masyarakat. Dalam bahasa Inggris, “politik” disebut politics.

Pengertian politik

1. Asal Mula Kata Politik

Etimologi kata “politik” berasal dari bahasa Yunani berdasarkan buku karya Aristoteles yaitu Πολιτικά (Politika) yang berarti “urusan kota”. Buku yang ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris modern awal pada abad ke-15 menggunakan kata polettiques. Kemudian menjadi politics. Istilah bahasa Inggris diambil dari bahasa Perancis Tengah, yang berasal dari bahasa Latin, yang berasal dari bahasa Yunani. Untuk bahasa Indonesia, belum diketahui siapa yang pertama kali menggunakan istilah “politik”. Namun diperkirakan berasal dari kata serapan bahasa Inggris politics.

2. Arti Kata Politik

Berikut adalah arti kata politik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Politik merupakan nomina (kata benda) yang berarti:

  1. (Pengetahuan) mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan).
  2. Segala urusan dan tindakan (kebijakan, siasat, dan sebagainya) mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain.
  3. Cara bertindak (dalam menghadapi atau menangani suatu masalah); kebijakan.

3. Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian politik menurut para ahli:

  1. Menurut Ramlan Surbakti, politik adalah proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk menentukan kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.
  2. Menurut Andrew Heywood, politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, serta mengamandemen peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang artinya tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerjasama.
  3. Menurut Meriam Budiarjo, politik adalah bermacam-macam kegiatan dalam studi sistem politik (atau negara) yang menyangkut proses menentukan tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu yaitu tujuan yang menyangkut dari seluruh masyarakat dan bukan tujuan pribadi.
  4. Menurut Sri Sumantri, politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik baik itu suprastruktur politik dan infrastruktur politik.
  5. Menurut Aristoteles, politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.

4. Pengertian Politik Secara Umum

Secara umum, politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Politik digunakan untuk menentukan kebijaksanaan umum yang menyangkut peraturan dan pembagian sumber-sumber yang ada. Untuk melaksanakannya perlu memiliki kekuasaan dan wewenang untuk menyelesaikan konflik yang timbul dalam proses ini.

5. Paradigma Arti Politik

Makna politik seringkali disalahartikan sebagai kejahatan, ambisi, dan korupsi dalam pemerintahan. Padahal maknanya lebih luas dari sekedar pemerintahan ataupun pemilihan umum. Umumnya masyarakat awam kurang paham terhadap arti politik. Untuk itulah salah satu fungsi partai politik yakni memberikan edukasi politik kepada masyarakat. Untuk perbuatan korupsi, hal itu dilakukan oleh oknum pemerintahan, bukan proses politik yang menyebabkan korupsi.

No comments:

Post a Comment