Konjungsi Kausal (Artikel Lengkap)

Konjungsi kausal adalah konjungsi yang menjelaskan bahwa suatu peristiwa terjadi karena suatu sebab tertentu. Bila anak kalimat ditandai dengan konjungsi sebab, maka induk kalimat ditandai dengan konjungsi akibat. Jadi, konjungsi kausal adalah konjungsi yang menghubungkan sebab dan akibat.

Baca juga: 10 Macam Konjungsi Beserta Contoh

Konjungsi Kausal


Negara Maju (Artikel Lengkap)

Negara maju adalah negara dengan ekonomi berkembang pesat dan teknologi infrastruktur yang lebih maju dibandingkan dengan negara-negara kurang terindustrialisasi. Umumnya, kriteria pengukuran tingkat perkembangan ekonomi suatu negara adalah dengan melihat PDB, PNB, pendapatan per kapita, tingkat industrialisasi, tingkat persebaran infrastruktur, dan standar hidup. Kriteria yang digunakan untuk mengategorikan suatu negara apakah termasuk negara maju atau negara berkembang telah menjadi perdebatan.

Negara maju memiliki ekonomi pasca industrial, yang berarti sektor jasa lebih menghasilkan kemakmuran dibandingkan sektor industri. Terdapat perbedaan dengan negara berkembang yang masih proses industrialisasi, atau negara tidak berkembang yang belum mengalami industrialisasi dan sebagian besar bergantung pada sektor agraris. Pada tahun 2015, sepuluh ekonomi termaju di dunia berdasarkan PDB nominal dan PPP adalah Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan, Spanyol, Britania Raya, dan Amerika Serikat.

Negara Maju