Pengertian Fisika (Artikel Lengkap)

Fisika adalah ilmu alam yang melibatkan studi tentang materi serta gerakannya dan tingkah lakunya di sepanjang ruang dan waktu, dan bersama dengan konsep terkait seperti energi dan gaya. Fisila mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda di alam. Ilmu ini merupakan salah satu disiplin ilmiah yang paling fundamental dan merupakan salah satu disiplin akademik tertua. Dalam bahasa Inggris, fisika disebut physics.

Contoh fenomena fisika


1. Asal Mula Kata Fisika

Etimologi "fisika" berasal dari bahasa Yunani Kuno φυσική (ἐπιστήμη) phusikḗ (epistḗmē) yang berarti "pengetahuan tentang alam" dan berasal dari kata φύσις phúsis yang berarti "alam".

2. Arti Kata Fisika

Berikut adalah arti kata fisika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

Fisika merupakan nomina (kata benda). Fisika adalah ilmu tentang zat dan energi (seperti panas, cahaya, dan bunyi).

3. Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian fisika menurut para ahli:
  1. Menurut Efrizon Umar, fisika adalah salah satu ilmu yang didasarkan kepada berbagai besaran-besaran dalam ilmu fisika.
  2. Menurut Gerthsen, fisika adalah teori yang mendeskripsikan tentang berbagai gejala alam hingga sesederhana mungkin serta berusaha dalam menemukan hubungan antara kenyataannya.
  3. Menurut Kusuma, fisika adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang gejala alam yang terjadi pada energi atau materi yang menempati ruang serta mempunyai massa.
4. Pengertian Fisika Secara Umum

Fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan seperti materi, energi, dan fenomena alam lainnya, baik berukuran mikroskopis (mekanika kuantum) maupun makroskopis (alam semesta). Fisika terbagi atas 2 kelompok yaitu fisika klasik dan fisika modern. Semakin besar ukuran objek, maka semakin mendekati fisika klasik. Sedangkan semakin makrokospis objek, maka semakin mendekati fisika modern.

No comments:

Post a Comment