Pengertian Psikologi (Artikel Lengkap)

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan pikiran, baik secara sadar maupun tidak sadar. Psikologi merupakan disiplin akademik dan termasuk ke dalam sains terapan yang digunakan untuk memahami individu dan kelompok dengan studi ilmiah. Psikolog adalah orang yang berprofesi di bidang psikologi. Dalam bahasa Inggris, "psikologi" disebut psychology.
Pengertian Psikologi


1. Asal Mula Kata Psikologi

Etimologi istilah "psikologi" merupakan kata serapan dari bahasa Inggris psychology yang berakar dari bahasa Yunani yang berarti studi tentang jiwa. Istilah psychology berasal dari dua kata bahasa Yunani yaitu ψυχή (psukhē) yang berarti "napas, semangat, jiwa" dan dengan akhiran -λογία (-logia) yang berarti "studi tentang" atau "penelitian". Kata bahasa Latin psychologia pertama kali digunakan oleh budayawan Kroasia dan Latin Marko Marulić dalam bukunya yang berjudul Psichiologia de ratione animae humanae pada akhir abad ke-15 atau awal abad ke-16 Masehi. Penggunaan istilah bahasa Inggris psychology yang pertama adalah pada buku The Physical Dictionary oleh Steven Blankaart pada tahun 1694 yakni pada kalimat "Anatomi, yang mengobati Badan, dan Psikologi, yang mengobati Jiwa."

2. Definisi Psikologi

Pada tahun 1890, William James mendefinisikan psikologi sebagai "ilmu tentang mental, baik dari sisi fenomena maupun kondisinya". Definisi tersebut berlaku selama beberapa dekade. Namun, pengertian tersebut diuji oleh behavioris r@dikal seperti John Watson, dimana pada tahun 1913 ia mendefinisikan psikologi sebagai proses pengambilan informasi bermanfaat untuk mengendalikan tingkah laku. Juga setelah James mendefinisikannya, istilah tersebut lebih berkonotasi pada teknik atau percobaan ilmiah.

3. Arti Kata Psikologi

Kata "psikologi" merupakan nomina (kata benda). Berikut adalah arti kata psikologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

  • Ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku.
  • Ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa.
4. Pengertian Psikologi Secara Terminologi

Secara terminologi, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan jiwa, hakekatnya, asal-usulnya, proses bekerjanya, dan akibat-akibat yang ditimbulkannya.

5. Pengertian Psikologi Secara Umum

Secara umum, psikologi adalah ilmu yang mempelajari gejala jiwa manusia yang normal, dewasa, dan biadab.

6. Pengertian Psikologi Secara Khusus

Secara khusus, psikologi adalah ilmu yang mempelajari sifat khusus dari gejala jiwa manusia dengan cara penggambaran, penjelasan, peramalan, dan pengendalian. Sedangkan objek dari psikologi adalah jiwa.

7. Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian psikologi menurut para ahli psikologi (psikolog):
  1. Menurut Plato dan Aristoteles, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
  2. Menurut Jhon Locke, psikologi adalah semua pengetahuan, tanggapan, dan perasaan jiwa manusia yang diperoleh karena pengalaman melalui alat-alat inderanya.
  3. Menurut Dr. Singgih Dirgagunasa, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
  4. Menurut Richard Mayer, psikologi adalah analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.
  5. Menurut Garden Murphy, psikologi adalah ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh manusia terhadap lingkungannya.

No comments:

Post a Comment