10 Ciri-Ciri Nemathelminthes

Nemathelminthes (nematoda/cacing gilig/nematode) adalah hewan invertebrata yang dapat hidup di banyak kondisi lingkungan. Spesies nemathelminthes sulit untuk dibedakan. Diperkirakan terdapat sekitar 1 juta spesies nemathelminthes dan sekitar 25.000 spesies telah dideskripsikan, lebih dari setengahnya adalah parasit. Ciri utamanya adalah tubuhnya yang berbentuk bulat panjang seperti benang dan sudah memiliki rongga tubuh meskipun bukan rongga tubuh sejati. Contoh nemathelminthes adalah cacing tambang dan cacing kremi. Pengelompokan nemathelminthes sudah tidak ada lagi karena polifiletik namun terkadang masih digunakan. Berikut adalah ciri-ciri nemathelminthes:
Ciri-ciri nemathelminthes


  1. Bentuk tubuh mirip batang dan tidak bersegmen.
  2. Hidup di hampir setiap kondisi lingkungan seperti air asin, air tawar, tanah, daerah kutub hingga daerah tropis, dan bahkan daerah tertinggi hingga terendah. Ada juga yang hidup sebagai parasit pada tubuh manusia, hewan, atau tumbuhan.
  3. Kulit dilapisi kutikula (lapisan lilin). Kulitnya tidak berwarna dan licin.
  4. Umumnya berukuran mikroskopis, meskipun ada yang mencapai panjang 1 meter.
  5. Memiliki alat pencernaan yang lengkap, yakni terdiri dari mulut, kerongkongan, usus, dan anus. Pada mulut terdapat sejenis pengait dan alat pengisap.
  6. Respirasi secara difusi di seluruh permukaan tubuhnya.
  7. Tidak memiliki jantung dan sistem peredaran darah, namun memiliki cairan mirip darah karena mengandung hemoglobin.
  8. Reproduksi secara s*ksual, ukuran cacing betina lebih besar dari cacing j*ntan.
  9. Termasuk hewan tripoblastik, yaitu memiliki tiga lapisan.
  10. Sistem ekskresi terdiri dari saluran lateral.

No comments:

Post a Comment