11 Isi Perut Manusia Beserta Fungsinya


Perut atau abdomen adalah bagian tubuh yang berada di antara dada (thoraks/thorax) dan pelvis. Bagian yang ditutupi oleh abdomen disebut rongga perut yang sebagian besar berisi saluran pencernaan dan saluran ekskresi yakni ginjal. Perut pada bagian depan dilindungi oleh fasia yang merupakan lapisan jaringan tipis dan keras yang berada di bawah otot perut dan kulit. Sedangkan bagian belakangnya dilindungi oleh tulang belakang. Berikut adalah isi perut manusia beserta penjelasan singkat:
Baca juga: 8 Organ Tubuh Bagian Dalam Perut Manusia
Isi Perut Manusia Beserta Fungsinya



  1. Lambung, adalah organ berotot yang berbentuk kantong mirip kacang merah. Fungsi lambung adalah sebagai tempat pencernaan paling pertama, melumatkan makanan menjadi bubur, serta membunuh bibit penyakit.
  2. Hati (liver), adalah kelenjar terbesar pada tubuh manusia yang berwarna merah kecoklatan. Fungsi hati adalah memproses sari-sari makanan yang sudah diserap usus, menyimpan gula darah, merombak sel darah merah, dll.
  3. Kantung empedu, adalah organ berbentuk kantung seperti buah pir yang terletak di bawah hati. Fungsi kantung empedu adalah menyimpan empedu yang dihasilkan oleh hati untuk kemudian diekskresikan ke usus dua belas jari untuk membantu mencerna lemak.
  4. Pankreas, adalah organ kelenjar yang menghasilkan enzim pencernaan dan beberapa hormon. Fungsi pankreas adalah menghasilkan enzim pencernaan dan hormon yang membantu proses pencernaan.
  5. Usus halus, adalah bagian dari saluran pencernaan yang berada di antara lambung dan usus besar. Fungsi usus halus adalah untuk mencerna dan menyerap sari-sari makanan.
  6. Usus besar, adalah bagian dari saluran pencernaan yang berada di antara usus halus dan rektum. Fungsi usus besar adalah untuk menyerap air dan garam mineral serta membusukkan sisa makanan agar menjadi feses.
  7. Usus buntu, adalah suatu kantung yang berada pada awal usus besar. Fungsi usus buntu hingga kini belum diketahui, namun dianggap memiliki fungsi imunologis.
  8. Ginjal, adalah salah satu organ ekskresi manusia berjumlah sepasang dan berbentuk mirip kacang. Fungsi ginjal adalah menyaring darah dan mengeluarkan hasil saringannya dalam bentuk urine.
  9. Ureter, adalah saluran berbentuk silinder yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Fungsi ureter adalah menghantarkan urine dari ginjal menuju kandung kemih.
  10. Kandung kemih, adalah organ tubuh berbentuk kantong yang merupakan bagian dari sistem urinaria. Fungsi kandung kemih adalah menyimpan sementara urine sebelum dikeluarkan dari tubuh.
  11. Limpa, adalah kelenjar tanpa saluran yang berada di bawah tulang rusuk sebelah kiri. Fungsi limpa adalah untuk merombak sel darah merah dan menyimpan cadangan darah.

No comments:

Post a Comment