25 Contoh Seni Rupa Terapan (Beserta Gambar)


Seni rupa terapan adalah cabang seni yang dapat dilihat dan diraba serta memiliki kegunaan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga fungsi seni rupa terapan ada dua, yaitu untuk dinikmati estetikanya dan digunakan untuk membantu kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan seni rupa murni yang hanya dapat dinikmati estetikanya. Berikut adalah contoh seni rupa terapan:

Baca juga: 12 Contoh Seni Rupa Murni (Beserta Gambar)
Contoh seni rupa terapan




1. Rumah Adat

Contoh seni rupa terapan rumah adat

Rumah adat adalah tempat tinggal tradisional yang menjadi ciri khas budaya setempat. Rumah adat di setiap daerah berbeda satu sama lain. Rumah adat dicirikan dengan adanya banyak ornamen. Contoh rumah adat adalah Joglo dan Honai

2. Senjata Tradisional

Contoh seni rupa terapan senjata tradisional

Seperti halnya rumah adat, senjata tradisional juga menjadi ciri khas budaya setempat. Dahulu senjata tradisional digunakan untuk berperang atau berburu, namun kini kebanyakan hanya digunakan sebagai pelengkap tarian atau upacara. Contoh senjata tradisional adalah keris dan mandau.

3. Arsitektur Bangunan

Contoh seni rupa terapan arsitektur bangunan

Berbeda dengan rumah adat yang menyesuaikan dengan budaya setempat. Arsitektur lebih universal dan berasal dari banyak sumber inspirasi. Arsitektur juga tergolong seni rupa terapan karena memiliki nilai estetika dan digunakan sebagai tempat tinggal atau beraktivitas.

4. Alat Transportasi Tradisional

Contoh seni rupa terapan alat transportasi tradisional

Alat transportasi tradisional seringkali diberi ornamen sebagai penghias. Contohnya adalah delman.

5. Sepatu

Contoh seni rupa terapan sepatu

Sepatu kini tidak hanya berfungsi sebagai alas kaki, namun juga sebagai sebuah karya seni. Banyak merek ternama yang berkolaborasi dengan seniman untuk menciptakan sepatu dengan desain tertentu.

6. Furniture

Contoh seni rupa terapan furniture

Furniture adalah perabotan rumah tangga yang umumnya menggunakan bahan kayu. Contohnya ada tempat tidur, lemari, meja, kursi, dll. Furniture biasanya dikerjakan tangan manusia dan diberi ornamen agar menciptakan estetika.

7. Piring

Contoh seni rupa terapan piring

Piring adalah alat makan yang umumnya terbuat dari keramik atau kaca. Piring kerap diberi ornamen seperti lukisan untuk mempercantik piring tersebut.

8. Jam Tangan

Contoh seni rupa terapan jam tangan

Jam tangan kini tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu dan fitur lainnya, tetapi juga melambangkan status sosial dan sebagai mahakarya seni. Banyak merek ternama terutama dari Swiss dan Jepang yang memproduksi jam tangan berseni tinggi dengan harga fantastis.

9. Telepon Seluler

Contoh seni rupa terapan telepon seluler

Telepon seluler juga merupakan karya seni karena memiliki keindahan tersendiri di setiap tipe ponselnya.

10. Anyaman

Contoh seni rupa terapan anyaman

Anyaman adalah teknik membuat karya seni dengan cara menyilangkan bahan anyam. Biasanya anyaman dijadikan tikar, nampah, dan tas.

11. Teko Minuman

Contoh seni rupa terapan teko minuman

Teko minuman yang terbuat dari keramik juga termasuk karya seni rupa terapan karena seringkali pembuatnya memberikan sentuhan lukisan agar memiliki nilai estetika. Atau melalui pemilihan desain, material, dan warna yang tepat.

12. Asbak

Contoh seni rupa terapan asbak

Asbak adalah tempat pembuangan abu rokok atau puntung rokok. Asbak seringkali dijadikan prakarya siswa sekolah saat membuat kerajinan tanah liat. Ada juga asbak yang terbuat dari kayu dan diberi ukiran untuk menambah estetika.

13. Pintu

Contoh seni rupa terapan pintu

Pintu yang terbuat dari kayu seringkali diberi sentuhan ukiran agar menambah estetika.

14. Fashion

Contoh seni rupa terapan fashion

Fashion adalah tata busana yang populer dalam suatu budaya tertentu. Fashion merupakan contoh seni rupa terapan karena dapat digunakan sebagai penutup tubuh sekaligus sebagai karya seni.

15. Botol Minuman

Contoh seni rupa terapan botol minuman

Botol minuman terutama yang berbahan kaca memiliki lekukan tertentu yang menjadi ciri khas suatu merek. Contohnya adalah botol minuman Coca-Cola.

16. Lampu

Contoh seni rupa terapan lampu

Lampu merupakan ornamen rumah tangga yang multifungsi yakni sebagai penghias ruangan dan penerang ruangan.

17. Gitar

Contoh seni rupa terapan gitar

Gitar selain sebagai alat musik juga sebagai suatu karya seni karena bentuknya yang indah.

18. Tempat Ibadah

Contoh seni rupa terapan tempat ibadah

Tempat ibadah merupakan bangunan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan. Tempat ibadah seringkali diberi ornamen untuk menambah kesan estetika.

19. Mobil

Contoh seni rupa terapan mobil

Mobil merupakan kendaraan untuk mengangkut orang dan barang. Mobil juga merupakan karya seni terutama mobil-mobil antik atau mobil mewah.

20. Buku

Contoh seni rupa terapan buku

Buku merupakan sarana untuk memindahkan suatu ide dari penulis ke pembaca. Buku seringkali diberikan ornamen pada sampulnya untuk menambah estetika.

21. Botol Parfum

Contoh seni rupa terapan botol parfum

Sama halnya dengan botol minuman, botol parfum juga diberi sentuhan seni untuk estetika dan menjadi ciri khas merek parfum tersebut.

22. Lemari

Contoh seni rupa terapan lemari

Lemari merupakan salah satu furniture yang juga dapat disebut sebagai karya seni rupa terapan karena memiliki nilai estetika dan digunakan sebagai tempat menyimpan pakaian atau barang.

23. Meja

Contoh seni rupa terapan meja

Meja merupakan furniture yang digunakan untuk menaruh suatu benda. Meja seringkali diberi ornamen agar lebih estetik.

24. Organ (Piano)

Contoh seni rupa terapan organ piano

Organ merupakan alat musik tekan yang umumnya berukuran besar dan sangat indah selain suaranya yang memukau.

25. Pakaian Adat

Contoh seni rupa terapan pakaian adat

Pakaian adat adalah pakaian khas budaya setempat. Pakaian adat biasa digunakan saat perayaan suatu upacara agama atau di hari tertentu.

No comments:

Post a Comment