30 Negara Terkaya di Dunia

Kekayaan suatu negara dapat dihitung dari berapa PDB per kapita negara tersebut secara nominal. PDB per kapita penting karena hal tersebut dapat dijadikan indikator kemakmuran masyarakatnya. Berikut adalah 30 negara terkaya di dunia menurut IMF (2017) berdasarkan PDB per kapita (nominal) beserta penjelasan kondisi ekonominya. Daftar ini diurutkan dari urutan terakhir.

Negara terkaya di dunia

30. Kuwait

Kuwait adalah sebuah negara benua Asia di ujung teluk Persia yang berbatasan dengan Arab Saudi dan Irak. Ibukotanya berada di Kuwait City. Kekayaan Kuwait sebagian besar berasal dari ekspor minyak bumi. PDB per kapita Kuwait (nominal) mencapai US$ 27.319.

29. Spanyol

Spanyol adalah sebuah negara benua Eropa di semenanjung Iberia. Negara ini berbatasan dengan Portugal, Perancis, dan Andorra. Ibukotanya berada di Madrid. PDB per kapita Spanyol (nominal) mencapai US$ 28.359. Kekayaan Spanyol berasal dari ekspor yang terdiversifikasi dengan baik mulai dari sektor otomotif, minyak bumi, obat-obatan, wine, daging, buah, dll. Spanyol memiliki beberapa perusahaan kelas dunia seperti Inditex yang memiliki merek fashion Zara dan Pull & Bear. Infrastruktur di negara ini sudah sangat maju, bahkan memiliki jaringan kereta cepat terpanjang kedua di dunia setelah Tiongkok.

28. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah sebuah negara di bagian utara pulau Borneo (Kalimantan) di Asia Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Malaysia dan terbelah dua oleh wilayah Malaysia. Ibukotanya berada di Bandar Seri Begawan. Kekayaan negara ini sebagian besar berasal dari ekspor minyak bumi. PDB per kapita Brunei Darussalam (nominal) mencapai US$ 29.712.

27. Korea Selatan

Korea Selatan adalah sebuah negara Asia di sebelah selatan semenanjung Korea. Negara ini berbatasan dengan Korea Utara. Ibukotanya berada di Seoul. PDB per kapita Korea Selatan (nominal) mencapai US$ 29.891. Ekspor utama Korea Selatan adalah peralatan semikonduktor, teknologi telekomunikasi, kendaraan bermotor, komputer, besi, kapal, petrokimia, dll. Korea Selatan juga memiliki beberapa perusahaan multinasional seperti Samsung, LG, Hyundai, dll.

26. Bahama

Bahama adalah sebuah negara kepulauan di laut Karibia benua Amerika. Ibukotanya berada di Nassau. Bahama merupakan negara terkaya di laut Karibia dan ketiga di benua Amerika. Perekonomiannya sangat bergantung pada pariwisata dan perbankan offshore. Komoditas ekspor utama berasal dari polystyrene, asam nukleat, ikan beku, parfum, dll. PDB per kapita Bahama (nominal) mencapai US$ 31.255.

25. Italia

Baca juga: 5 Sumber Penghasilan Utama Negara Italia

Italia adalah sebuah negara di Eropa yang berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, Slovenia, San Marino, dan Kota Vatikan. Ibukotanya berada di Roma. Italia merupakan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di zona Eropa. Italia dikenal akan pariwisata, sejarah, budaya, kuliner, hingga industri otomotifnya. Italia memiliki beberapa merek kendaraan ternama seperti Piaggio, Ducati, Lamborghini, Fiat, dan Ferrari. PDB per kapita Italia (nominal) sebesar US$ 31.984.

24. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab adalah sebuah negara di Timur Tengah yang berbatasan dengan Oman dan Arab Saudi. Ibukotanya berada di Abu Dhabi. Perekonomian Uni Emirat Arab merupakan yang berbesar kedua di Dunia Arab setelah Arab Saudi. Negara ini telah berhasil mendiversifikasikan perekonomiannya, namun tetap masih sangat bergantung pada sektor migas. Lebih dari 77% perekonomian Uni Emirat Arab berasal dari ekspor migas pada tahun 2011. Sedangkan sektor pariwisata menjadi sektor non-migas terbesar di Uni Emirat Arab, dengan beberapa hotel termewah di dunia berada di negara ini. PDB per kapita Uni Emirat Arab (nominal) sebesar US$ 37.226.

23. Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Ibukotanya berada di Tokyo. Perekonomian Jepang sangat maju dan yang terbesar ketiga di dunia. Jepang merupakan produsen kendaraan terbesar ketiga di dunia, industri elektronik konsumen terbesar, dan negara paling inovatif di dunia. Industri Jepang saat ini berfokus pada produk berteknologi tinggi dan presisi tinggi seperti peralatan optik, kendaraan hibrida, dan robotika. Jepang memiliki banyak merek ternama di dunia seperti Sony, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Canon, Casio, Nintendo, Uniqlo, dll. PDB per kapita Jepang (nominal) sebesar US$ 38.440.

22. Britania Raya (Inggris)

Inggris merupakan sebuah negara di Eropa. Ibukotanya berada di London. Inggris merupakan negara yang sangat maju dan memiliki perekonomian terbesar ke-5 di dunia. Komoditas ekspor utama Inggris adalah produk industri manufaktur, minyak, bahan kimia, makanan, minuman, dan tembakau. Inggris memiliki beberapa perusahaan ternama di dunia seperti BP, Rolls-Royce, dll. PDB per kapita Inggris (nominal) sebesar US$ 39.735.

21. Perancis

Perancis adalah sebuah negara di Eropa Barat yang berbatasan dengan Spanyol, Andorra, Belgia, Luksemburg, Jerman, Swiss, Italia, dan Monako. Ibukotanya berada di Paris. Perancis dikenal akan pariwisata, budaya, dan fashion-nya, bahkan Paris dijuluki sebagai kota mode. Perancis merupakan negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan di dunia, sehingga pendapatan dari sektor pariwisata cukup signifikan. Meskipun demikian, industri kimia menjadi sektor utama Perancis yang mendukung perkembangan industri lain. PDB per kapita Perancis (nominal) adalah US$ 39.869.

20. Israel

Israel adalah sebuah negara di Timur Tengah yang berbatasan dengan Lebanon, Suriah, Yordania, Palestina, dan Mesir. Ibukotanya berada Yerusalem (tidak sepenuhnya diakui), sedangkan pusat ekonomi dan teknologi berada di Tel Aviv. Israel merupakan negara maju yang memiliki standar hidup yang lebih tinggi dibandingkan banyak negara Barat lainnya. Perekonomian Israel didukung oleh infrastruktur modern dan sektor teknologi tinggi yang mampu bersaing dengan Lembah Silikon. Israel memiliki perusahaan startup terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Banyak perusahaan seperti IBM, Google, HP, Cisco, Facebook, dan Motorola membuka pusat penelitian dan pengembangan di negara ini. Komoditas ekspor utama Israel adalah peralatan medis, sirkuit elektronik, minyak bumi, berlian, dll. PDB per kapita Israel (nominal) sebesar US$ 40.258.

19. Selandia Baru

Selandia Baru adalah sebuah negara di Samudera Pasifik yang beribukota di Wellington. Mengingat letak negara ini yang bisa dibilang terpencil, maka perekonomian Selandia Baru sangat bergantung pada perdagangan internasional terutama dengan Australia, Uni Eropa, Amerika Serikat, Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, dan Kanada. Sektor jasa mendominasi perekonomian Selandia Baru. Sedangkan industri besarnya adalah produksi aluminium, pengolahan makanan, pengolahan logam, kayu, dan kertas. Sektor primer menjadi komoditas ekspor utama Selandia Baru, termasuk susu sapi. PDB per kapita Selandia Baru (nominal) adalah US$ 41.593.

18. Belgia

Belgia adalah sebuah negara di Eropa Barat yang berbatasan dengan Perancis, Belanda, Jerman, dan Luksemburg. Ibukotanya berada di Brussel. Perekonomian Belgia didukung oleh lokasinya yang strategis, jaringan transportasi yang maju, dan diversifikasi industri dan komersial. Komoditas ekspor utama Belgia adalah mesin, bahan kimia, olahan berlian, produk logam, dan makanan. PDB per kapita Belgia (nominal) sebesar US$ 43.582.

17. Jerman

Jerman adalah sebuah negara di Eropa Tengah. Ibukotanya berada di Berlin. Jerman merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Eropa. Komoditas ekspor utama Jerman adalah kendaraan, mesin, bahan kimia, produk elektronik, farmasi, logam, produk makanan, karet, dan plastik. Jerman juga memiliki banyak perusahaan ternama di dunia seperti Mercedes-Benz, BMW, Bosch, Volkswagen, Siemens, Allianz, Adidas, Porsche, Bayer, SAP, Nivea, dll. PDB per kapita Jerman (nominal) sebesar US$ 44.550.

16. Kanada

Kanada adalah sebuah negara di bagian utara Amerika Utara yang berbatasan dengan Amerika Serikat. Ibukotanya berada di Ottawa. Kanada sangat kaya akan sumber daya alam dibandingkan dengan jumlah penduduknya. Komoditas ekspor utama Kanada adalah minyak bumi, gas alam, emas, gandum, mobil mesin jet, dll. PDB per kapita Kanada (nominal) sebesar US$ 45.077.

15. Finlandia

Finlandia adalah sebuah negara di Eropa Utara. Ibukotanya berada di Helsinki. Komoditas ekspor utama negara ini adalah peralatan elektronik dan optik, mesin, peralatan transportasi, kertas, bahan kimia, logam, dan kayu. Finlandia memiliki beberapa perusahaan kelas dunia seperti Nokia, Rovio Mobile, KONE, dll. PDB per kapita Finlandia (nominal) sebesar US$ 46.017.

14. Austria

Austria adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Republik Ceko, Jerman, Hongaria, Slovakia, Slovenia, Italia, Swiss, dan Liechtenstein. Ibukotanya berada di Wina. Komoditas ekspor utama Austria adalah mesin, kendaraan bermotor, kertas, logam, bahan kimia, besi, tekstil, dan makanan. PDB per kapita Austria (nominal) sebesar US$ 47.290.

13. San Marino

San Marino adalah negara terkurung daratan di tengah Italia. Negara ini merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Perekonomian San Marino berfokus pada industri perbankan, pakaian, elektronik, keramik, furniture, cat, dan wine. Standar hidup di negara ini kurang lebih sama dengan Italia. Pariwisata juga mendukung perekonomian San Marino. PDB per kapita San Marino (nominal) adalah US$ 47.406.

12. Belanda

Belanda adalah sebuah negara di Eropa Barat Laut dan tiga pulau di laut Karibia. Ibukotanya berada di Amsterdam. Perekonomian merupakan yang terbesar ke-18 di dunia, sedangkan penduduknya hanya 17 juta jiwa. Perekonomiannya sangat bergantung pada perdagangan internasional. Komoditas ekspor utama Belanda adalah gas alam, mesin, bahan kimia, bahan bakar, dan makanan. PDB per kapita Belanda (nominal) sebesar US$ 48.346.

11. Swedia

Swedia adalah sebuah negara Skandinavia di Eropa Utara yang berbatasan dengan Norwegia, Denmark, dan Finlandia. Ibukotanya berada di Stockholm. Perekonomian Swedia berorientasi ekspor yang didominasi kayu, energi hidropower, dan besi. Industri utama Swedia adalah kendaraan bermotor, telekomunikasi, farmasi, mesin industri, bahan kimia, perabotan rumah tangga, hasil hutan, besi, dll. Swedia juga memiliki beberapa perusahaan multinasional seperti Ericsson, IKEA, Volvo, Scania, Electrolux, dll. PDB per kapita Swedia (nominal) sebesar US$ 53.218.

10. Australia

Australia adalah sebuah negara di Oceania. Ibukotanya berada di Canberra. Australia memiliki beberapa perusahaan multinasional seperti Rio Tinto Group, Commonwealth Bank, ANZ, Telstra, Caltex, dll. Komoditas ekspor utama Australia adalah besi, batu bara, migas, emas, gandum, daging, dan wol. PDB per kapita Australia (nominal) sebesar US$ 55.707.

9. Denmark

Denmark adalah sebuah negara di benua Eropa yang berbatasan dengan Swedia, Norwegia, dan Jerman. Ibukotanya berada di Kopenhagen. Denmark merupakan negara dengan perekonomian campuran yang berbasis jasa dan manufaktur. Denmark sangat bergantung pada sumber daya manusia, meskipun negara ini juga memiliki sumber daya alam yang signifikan. Standar hidup di negara ini tergolong tertinggi di dunia dan memiliki ketimpangan ekonomi terendah di dunia. PDB per kapita Denmark (nominal) sebesar US$ 56.444.

8. Singapura

Singapura adalah sebuah negara pulau kecil di Asia Tenggara yang diapit Malaysia dan Indonesia. Perekonomian Singapura sangat maju, sangat terbuka, sangat bersih dari korupsi, dan sangat mendukung iklim bisnis. Perusahaan milik pemerintah dalam naungan Temasek Holdings berperan penting dalam perekonomian Singapura. Temasek Holdings memiliki beberapa perusahaan multinasional seperti Singapore Airlines, SingTel yang memiliki sebagian saham Telkomsel di Indonesia, ST Engineering, dan MediaCorp. Sumber pendapatan utama Singapura berasal dari ekspor seperti elektronik, bahan kimia, dan jasa serta letak Singapura sebagai pusat perekonomian di kawasan Asia Tenggara. Singapura sangat bergantung pada sumber daya manusianya. PDB per kapita Singapura (nominal) sebesar US$ 57.713.

7. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Utara berbatasan dengan Kanada dan Meksiko. Ibukotanya berada di Washington D.C. Amerika Serikat merupakan pemimpin dunia dalam sektor industri, inovasi teknologi, dan keuangan. Mata uangnya sangat sering digunakan dalam transaksi internasional. Amerika Serikat merupakan negara maju dengan PDB paling tinggi dan hanya dikalahkan Tiongkok yang merupakan negara berkembang. Perekonomian Amerika Serikat digerakkan oleh sumber daya alam yang melimpah, infrastruktur yang memadai, dan produktivitas yang tinggi. Dari 500 perusahaan terbesar di dunia, 134 di antaranya berkantor pusat di Amerika Serikat. PDB per kapita Amerika Serikat (nominal) sebesar US$ 59.501.

6. Qatar

Qatar adalah sebuah negara yang mencakup teluk Qatar di Semenanjung Arabia di Timur Tengah yang berbatasan dengan Arab Saudi. Ibukotanya berada di Doha. Perekonomian Qatar merupakan yang terkaya di antara negara berkembang lainnya. Lebih dari 60% PDB berasal dari sektor migas. Sedangkan lebih dari 86% ekspor merupakan minyak bumi dan gas alam. PDB per kapita Qatar (nominal) sebesar US$ 60.804.

5. Islandia

Islandia adalah sebuah negara pulau di utara Eropa. Ibukotanya berada di Reykjavik. Perekonomian Islandia tergolong kecil dan fluktuatif, namun negara ini memiliki jumlah penduduk yang sedikit yakni 350.000 jiwa. Sehingga memiliki PDB per kapita yang tinggi. Pariwisata menyumbang lebih dari 10% PDB Islandia tahun 2017. Islandia juga menghasilkan listrik per kapita terbanyak di dunia yang berasal dari geotermal dan hidropower, sehingga memicu pertumbuhan industri manufaktur akibat biaya listrik yang murah. Sektor perikanan dan kelautan juga menjadi sumber utama perekonomian Islandia. PDB per kapita Islandia (nominal) sebesar US$ 70.332.

4. Irlandia

Irlandia adalah sebuah negara yang menempati sebagian besar pulau Irlandia yang berbatasan dengan Inggris. Ibukotanya berada di Dublin. Perekonomian Irlandia adalah ekonomi berbasis pengetahuan yang berfokus pada jasa, industri berteknologi tinggi, sains, dan jasa keuangan. Perusahaan multinasional Amerika Serikat berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Irlandia. PDB per kapita Islandia (nominal) sebesar US$ 70.332.

3. Norwegia

Norwegia adalah sebuah negara di Semenanjung Skandinavia. Ibukotanya berada di Oslo. Norwegia merupakan negara paling sosialis di Dunia Barat karena kepemilikan pemerintah di sektor stategis. Norwegia bersama dengan Luksemburg dan Swiss merupakan 3 negara di dunia dengan PDB per kapita di atas US$ 70.000 yang bukan merupakan negara pulau atau negara mikro. Ekspor utama Norwegia adalah migas (lebih dari 40%) kemudian diikuti dengan sektor perikanan, aluminium, dll. PDB per kapita Norwegia (nominal) sebesar US$ 74.941.

2. Swiss

Swiss adalah sebuah negara di Eropa yang berbatasan dengan Italia, Perancis, Jerman, Austria, dan Liechtenstein. Ibukotanya berada di Bern (de facto) tetapi sesungguhnya secara de jure Swiss tidak memiliki ibukota. Swiss memiliki dua kota penting dunia yaitu Z├╝rich dan Geneva. Sektor jasa sangat beperan dalam perekonomian Swiss, terutama perbankan dan pariwisata. Swiss juga dikenal akan industri jam tangannya yang menyumbang 6,8% dari ekspor Swiss. Jam tangan buatan Swiss telah lama dikenal sebagai jam tangan mewah. Komoditas ekspor dominan diantaranya peralatan medis, obat-obatan, emas, dll. PDB per kapita Swiss (nominal) sebesar US$ 80.591.

1. Luksemburg

Luksemburg adalah negara kecil terkurung daratan di Eropa Barat yang berbatasan dengan Belgia, Jerman, dan Perancis. Ibukotanya berada di Kota Luksemburg. Perekonomian Luksemburg sangat bergantung pada sektor perbankan, logam, dan industri. Luksemburg merupakan negara terkaya di dunia dilihat dari PDB per kapita dan sumber PDB yang sangat terdiversifikasi. Komoditas ekspor Luksemburg yakni mobil, logam, ban, kertas, plastik, kain, dll.

No comments:

Post a Comment