6 Manfaat Hewan Bagi Manusia

Hewan adalah organisme multiseluler eukariotik yang digolongkan dalam kingdom Animalia. Ciri khas hewan adalah dapat berpindah-pindah dengan spontan dan independen serta tidak dapat memproduksi makanan sendiri melainkan mendapatkannya dari tumbuhan atau hewan lain. Manusia juga termasuk kingdom animalia, namun yang dibahas disini adalah hewan selain manusia. Hewan telah memberi manfaat bagi umat manusia. Berikut adalah beberapa manfaat hewan bagi manusia:
Baca juga: 10 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia
Manfaat hewan bagi manusia

1. Sumber Pangan

Hewan adalah salah satu sumber makanan utama manusia. Hewan menghasilkan sumber pangan berupa daging, susu, dan telur. Hewan yang biasa dimanfaatkan sebagai sumber pangan manusia adalah sapi, ayam, babi, ikan, bebek, kambing, dll. Namun, ada beberapa manusia yang tidak memakan hewan tertentu (seperti babi dan sapi) dan bahkan ada manusia yang sama sekali tidak memakan pangan yang bersumber dari hewan (vegetarian).

2. Bahan Baku Sandang

Kulit hewan dikenal sebagai bahan baku sandang yang bersifat mewah dan mahal. Karena untuk mendapatkannya harus membudidayakan terlebih dahulu mengingat beberapa hewan yang diambil kulitnya merupakan hewan langka. Selain itu jumlahnya juga langka di pasaran sehingga harganya semakin mahal. Contoh bahan baku sandang dari hewan adalah bulu domba (kain wol), kepompong ulat sutera (kain sutera), dan kulit buaya (bahan baku tas, jaket, dan sepatu).

3. Alat Transportasi

Sebelum ada alat transportasi modern atau yang menggunakan mesin uap, hewan selalu diandalkan untuk mengangkut manusia dan barang-barang. Hewan yang biasa dijadikan alat transportasi adalah kuda, kerbau, gajah, dan unta.

4. Bahan Perhiasan dan Kerajinan
Baca juga: 22 Contoh Gambar Hewan (Beserta Penjelasan)
Meskipun saat ini masih kontroversial karena kebanyakan menggunakan hewan langka, namun masih saja ada yang memanfaatkan hewan sebagai bahan baku perhiasan dan kerajinan. Contohnya adalah harimau yang diambil kulitnya, gajah yang diambil gadingnya, burung merak yang diambil bulunya, dan penyu. Namun ada beberapa hewan yang secara legal dapat dimanfaatkan sebagai bahan perhiasan dan kerajinan seperti kerang yang diambil mutiaranya dan kulit sapi atau kerbau yang dijadikan bahan baku kulit wayang.

5. Penghasil Pupuk

Kotoran dan urin hewan merupakan pupuk yang baik bagi tumbuhan. Pupuk yang sering disebut sebagai pupuk kandang ini memiliki keunggulan antara lain lebih ramah lingkungan dan baik digunakan dalam jangka panjang. Bahkan ada yang mengintegrasikan peternakan sapi dan pertanian.

6. Sebagai Bahan Obat
Baca juga: 11 Organel Sel Hewan dan Fungsinya (Beserta Gambar)
Dari masa sebelum ada obat kimia hingga saat ini, hewan menjadi salah satu bahan bakunya. Lemak hewan juga dijadikan media sintesis zat kimia untuk bahan baku obat. Ada juga yang menggunakan hewan sebagai obat-obatan alami seperti minyak ikan, bisa ular, madu, dan cacing tanah.

No comments:

Post a Comment