Pengertian Akuntansi (Artikel Lengkap)

Akuntansi adalah pengukuran, pemrosesan, dan komunikasi informasi keuangan pada suatu entitas ekonomi. Akuntansi yang sering disebut "bahasa bisnis" mengukur hasil aktivitas ekonomi suatu organisasi dan menyampaikan informasi tersebut ke berbagai pengguna termasuk investor, kreditor, manajemen, dan regulator. Praktisi akuntansi disebut akuntan. Istilah "akuntansi" dan "laporan finansial" seringkali dijadikan sinonim.

Pengertian akuntansi

1. Asal Mula Kata Akuntansi

Etimologi kata akuntansi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris accountancy. Kata tersebut telah digunakan di Britania Raya sejak pertengahan 1800-an. Kata tersebut berasal dari kata accountantship yang digunakan pada abad ke-18. Pada bahasa Inggris Pertengahan (digunakan kurang lebih antara abad ke-12 dan akhir abad ke-15) kata kerja to account memiliki bentuk accounten, yang berasal dari bahasa Perancis Lama aconter, yang berasal dari bahasa Latin computare, yang berarti "memperhitungkan". Dasar dari kata computare adalah putare, yang berarti "memangkas, memurnikan, membenarkan suatu akun, menghitung, atau mengkalkulasi."

2. Perbedaan Akuntansi dan Akunting

Dalam bahasa Indonesia, pengertian akuntansi dan akunting sepertinya terbalik dengan dalam bahasa Inggris. Akuntansi didefinisikan sebagai pencatatan atau persiapan catatan finansial suatu entitas beserta analisis, verifikasi, dan pelaporan laporan keuangan. Sedangkan akunting lebih berarti pekerjaan atau profesi seorang akuntan. Ada juga pengertian akuntan yang berarti orang yang berprofesi sebagai akunting.

3. Arti Kata Akuntansi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "akuntansi" adalah nomina (kata benda). Berikut adalah arti kata akuntansi menurut KBBI:

  1. Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya.
  2. Hal yang berhubungan dengan akuntan.
  3. Seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.
4. Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Untuk semakin memahami arti akuntansi, berikut adalah beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli dan instansi terkait:
Baca juga: 6 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli
  1. Menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
  2. Menurut C. West Churman, akuntansi adalah pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan.
  3. Menurut Charles T. Hirngren dan Waler T. Harrison, akuntansi adalah suatu kerangka data yang mengukur pergerakan bisnis, mengubah data menjadi laporan dan menyampaikan hasil kepada para pemimpin.
  4. Menurut Suparwoto L., akuntansi adalah suatu sistem atau teknik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan.

No comments:

Post a Comment