Perkembangbiakan Tumbuhan (Artikel Lengkap)


Perkembangbiakan tumbuhan adalah proses menumbuhkan tanaman baru dari berbagai sumber seperti biji, benih, setek, dan bagian tumbuhan lain. Perkembangbiakan tumbuhan juga dapat diartikel sebagai penaburan biji baik itu secara alami atau dengan intervensi manusia.


1. Perkembangbiakan Secksual

Biji berkecambah
Biji yang berkecambah
Biji dan spora dapat digunakan untuk reproduksi. Biji dihasilkan dari reproduksi secksual atau generatif. Tumbuhan yang tumbuh dari biji mungkin memiliki perbedaan dengan induknya. Beberapa spesies menghasilkan biji yang memerlukan kondisi khusus agar dapat berkecambah, seperti suhu dingin. Terdapat banyak tumbuhan di Australia, Afrika bagian selatan, dan Amerika bagian barat yang bijinya memerlukan asap atau api untuk berkecambah. Beberapa spesies tumbuhan, termasuk banyak jenis pohon, tidak menghasilkan biji sampai mencapai dewasa, yang mana prosesnya membutuhkan waktu bertahun-tahun. Bahkan beberapa tumbuhan tidak menghasilkan biji sama sekali.

2. Perkembangbiakan Asecksual

Mencangkok tanaman
Salah satu metode perkembangbiakan vegetatif yakni mencangkok
Tumbuhan memiliki beberapa mekanisme reproduksi asecksual atau vegetatif. Beberapa diantaranya dimanfaatkan oleh pecinta tanaman untuk menggandakan tanaman dengan cepat. Berbagai metode dapat digunakan seperti mencangkok, setek, dan merunduk. Tumbuhan yang dihasilkan dari proses vegetatif identik dengan induknya. Reproduksi vegetatif memanfaatkan bagian tumbuhan seperti akar, batang, dan daun.
Baca juga:

No comments:

Post a Comment