22 Contoh Kebutuhan Primer Beserta Penjelasan

Kebutuhan primer adalah pencapaian utama dalam ukuran kemiskinan di negara berkembang. Kebutuhan primer harus dicapai oleh setiap individu untuk hidup layak dan bahagia. Kebutuhan primer merupakan salah satu dari 3 intensitas kebutuhan yakni kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer pada awalnya hanya terdiri dari sandang, pangan, dan papan. Namun sekarang berkembang seiring perkembangan zaman. Berikut adalah contoh-contoh kebutuhan primer lengkap dengan penjelasan dan foto ilustrasi:

Contoh kebutuhan primer manusia

1. Sandang

Sandang adalah pakaian yang dikenakan oleh individu. Manusia membutuhkan pakaian yang layak pakai dan dengan jumlah yang cukup. Sandang diperlukan untuk menjaga tubuh dari angin dan sengatan matahari. Selain itu, juga untuk menutupi aurat. Sampai saat ini, banyak orang yang kesulitan mendapatkan akses sandang yang layak. Umumnya mereka mendapat baju bekas dari sumbangan atau baju kaos yang dibagikan saat kampanye.

2. Pangan

Pangan adalah makanan dan minuman yang layak dan bernutrisi. Kelangkaan pangan merupakan salah satu permasalahan di muka bumi. Kelangkaan tersebut membuat harga pangan menjadi semakin mahal sehingga tidak bisa dijangkau semua orang.

3. Papan

Papan yang dimaksud adalah rumah atau tempat tinggal yang layak. Layak yang dimaksud adalah lokasi yang tidak terlalu terpelosok, tanah yang tidak ada sengketa atau bermasalah, dan kondisi rumah yang nyaman. Rumah yang layak bisa berupa rumah di atas tanah, rumah susun, dan apartemen. Masalah tempat tinggal juga menjadi permasalahan banyak orang. Banyak orang yang masih tinggal di pinggir sungai atau di kolong jembatan.

4. Sanitasi

Sanitasi adalah akses menuju tempat membuang kotoran manusia dan limbah yang dihasilkan oleh kegiatan manusia. Sanitasi harus diperhatikan untuk menuju peningkatan kesehatan manusia. Karena sanitasi yang buruk sangat rentan menularkan bibit penyakit seperti diare dan disentri. Sanitasi berkaitan erat dengan MCK (mandi, cuci, kakus), maka dari itu setiap keluarga hendaknya memiliki akses MCK yang layak dan terjangkau.

5. Pendidikan

Pendidikan adalah hal yang harus menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Pemerintah sudah mulai mewajibkan sekolah untuk seluruh warganya. Pendidikan dibutuhkan supaya setiap orang memiliki skill dan pengetahuan yang cukup untuk menghadapi masa depan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Meskipun demikian, masih banyak orang tua yang lebih memilih tidak menyekolahkan anaknya karena dianggap beban, kemudian anaknya diminta membantu orangtuanya.

6. Kesehatan

Kesehatan adalah kebutuhan atas akses pengobatan, perawatan, obat-obatan, dan pengetahuan tentang menjaga kesehatan. Obat-obatan dan biaya rumah sakit haruslah terjangkau bagi setiap orang. Pemerintah saat ini sudah menjalankan program BPJS yang terbilang sukses membuat semua orang dapat memperoleh akses kesehatan yang layak. Namun ada beberapa kendala, salah satunya adalah akses ke fasilitas kesehatan di tempat terpencil yang cukup sulit.

7. Transportasi

Transportasi merupakan sarana untuk memobilisasi manusia dan barang kebutuhan manusia. Alat transportasi menjadi salah satu kebutuhan wajib manusia karena dapat memudahkan pekerjaan mereka. Alat transportasi bisa berupa sepeda, sepeda motor, angkutan umum, dll. Saat ini kebutuhan akan transportasi sudah cukup memadai bagi setiap orang.

8. Komunikasi

Saat ini, ponsel merupakan kebutuhan utama setiap manusia. Alat komunikasi menjadi sarana untuk berkomunikasi yang jauh lebih praktis dan efisien. Harga ponsel feature juga menjadi semakin terjangkau termasuk kartu seluler dan biaya komunikasinya. Maka dari itu, hampir setiap orang pasti punya minimal sebuah ponsel.

9. Perawatan Pribadi

Perawatan diri (personal care) merupakan alat atau perlengkapan penunjang perawatan pribadi manusia. Contoh alat-alat tersebut adalah sabun mandi, perawatan gigi, pelembab, parfum, dan lainnya. Saat ini, kebutuhan semacam ini sudah menjadi kebutuhan pokok manusia.

10. Informasi

Akses informasi termasuk akses informasi kesehatan, pendidikan, berita, dan akses dari pemerintah. Informasi berguna untuk memberi wawasan dan memberi panduan untuk melakukan sesuatu. Saat ini, hampir seluruh informasi dapat diakses melalui internet bahkan melalui ponsel.

11. Teman

Teman merupakan salah satu kebutuhan primer manusia karena manusia tidak bisa hidup sendiri. Teman dibutuhkan untuk saling bertukar pikiran dan saling membantu satu sama lain. Adanya teman membuat seorang individu tidak merasa kesepian ditengah banyak orang yang tidak ia kenal.

12. Pekerjaan

Pekerjaan atau karir merupakan kebutuhan primer karena dari pekerjaan tersebut seorang individu bisa mendapatkan penghasilan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Saat ini, manusia membutuhkan pekerjaan yang layak dengan jam kerja yang layak dan penghasilan yang layak pula. Akan tetapi itu harus diimbangi dengan skill dan tingkat pendidikan masing-masing individu.

13. Privasi

Privasi adalah hak setiap individu untuk melindungi hal-hal atau identitas yang menurutnya sangat pribadi dan tidak ingin diketahui banyak orang. Saat ini, pelanggaran privasi sudah disamakan dengan kejahatan dan dapat dijatuhi hukuman pidana. Namun, berkembangnya teknologi internet membuat banyak orang yang secara sukarela membagikan informasi pribadinya kepada suatu layanan terutama jejaring sosial. Hal ini dikhawatirkan dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

14. Keamanan

Keamanan adalah salah satu aspek penting kehidupan. Karena tanpa keamanan, apapun tidak bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, semua pihak harus bekerjasama untuk menjaga ketertiban dan keamanannya di lingkungannya masing-masing.

15. Keselamatan

Keselamatan harus diutamakan dimana saja dan saat melakukan apa saja. Keselamatan salah satunya terdiri dari keselamatan kerja. Pemerintah atau pengusaha harus memperhatikan keselamatan kerja para pegawainya dengan cara memberi pedoman dan perlengkapan keselamatan kerja.

16. Menunjukkan Prestasi / Kemampuan

Setiap orang pasti memiliki kemampuannya masing-masing dan unggul di bidangnya masing-masing. Maka dari itu, setiap orang berhak untuk menunjukkan prestasi dan kemampuannya. Karena itu merupakan kebutuhan psikologis manusia dan dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka untuk selalu berkembang.

17. Kasih Sayang / Hubungan

Setiap orang juga membutuhkan kasih sayang karena ini juga termasuk kebutuhan psikologis setiap orang. Kasih saya bisa didapat dari keluarga, teman, ataupun pasangan. Hubungan termasuk koneksi, relasi, bahkan berhubungan dengan pasangan.

18. Keluarga

Keluarga merupakan aspek penting manusia, karena merupakan pendidikan yang pertama dalam kehidupan. Dari sudut pandang orangtua, keluarga menjadi sumber kebahagiaan terutama setelah lelah bekerja. Ikatan antar anggota keluarga lebih erat dengan pertemanan.

19. Akses Air Bersih

Akses air bersih lebih luas dengan air untuk minum dan sanitasi. Air bersih dapat digunakan untuk minum, mandi, mencuci, membersihkan sesuatu, dan lain sebagainya. Akses air bersih sangat sulit ditemukan di kota sehingga membutuhkan jasa PDAM, karena sungai telah tercemar limbah rumah tangga dan pabrik. Sedangkan di pedesaan juga sering mengalami krisis air bersih karena kekeringan dan kebiasaan warga membuang sampah ke sungai.

20. Penghargaan

Penghargaan adalah perasaan dihargai oleh orang lain. Hal tersebut dibutuhkan supaya seseorang merasa berguna di dunia ini. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan sebelumnya yaitu menunjukkan prestasi/kemampuan. Penghargaan tidak harus selalu berupa piala atau piagam, melainkan pengakuan dari orang lain juga dibutuhkan.

21. Identitas

Identitas sangatlah penting untuk membedakan setiap individu satu sama lain. Identitas dapat berupa nama. Nama yang baik menentukan identitas hidup seseorang selamanya. Pemerintah telah mampu merekam seluruh identitas penduduknya melalui Kartu Tanda Penduduk. Sehingga siapapun dengan mudah mengenal orang tersebut.

22. Cinta

Cinta sesungguhnya merupakan hak setiap orang dan seharusnya tidak ada satupun yang boleh mengintervensinya. Namun, setiap individu harus paham bahwa ada norma dan aturan setempat yang membatasi cinta seseorang supaya tidak berlebihan. Tapi selebihnya, cinta memang tergolong kebutuhan karena setiap orang pada akhirnya pasti harus memiliki pasangan.

No comments:

Post a Comment