10 Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya (Beserta Gambar)

Bunga adalah salah satu organ pada tumbuhan biji tertutup yang berperan dalam proses reproduksi tumbuhan secara generatif. Kebanyakan orang mengenal bunga karena keindahan warnanya dan aromanya yang harum. Tujuan bunga memiliki warna yang menarik dan aroma yang wangi adalah supaya lebah atau hewan lain mau mendekatinya dan secara tidak langsung membantu proses penyerbukan. Berikut adalah bagian-bagian bunga beserta fungsinya lengkap.
bagian-bagian bunga dan fungsinya

1. Benang Sari
Benang sari adalah alat reproduksi j*ntan pada bunga. Benang sari terdiri dari kepala sari dan tangkai sari.
2. Kepala Sari
Kepala sari adalah bagian dari benang sari yang berisi serbuk sari. Serbuk sari adalah alat penyebaran sel j*ntan secara generatif. Ketika serbuk sari menempel pada kepala putik, maka akan terjadi pembuahan.
3. Tangkai Sari
Tangkai sari adalah bagian dari benang sari yang berfungsi untuk membuat posisi kepala sari berada cukup tinggi dari bunga. Hal tersebut membuat kepala sari mudah terkena angin atau tersentuh lebah sehingga serbuk sari dapat terbang kemana-mana dan lebih memungkinkannya untuk menempel pada kepala putik.
4. Putik
Putik adalah alat reproduksi betina pada bunga. Letaknya terletak di tengah-tengah bunga. Putik terdiri dari kepala putik dan tangkai putik.
5. Kepala Putik
Kepala putik adalah bagian puncak dari putik. Jika ada serbuk sari yang menempel pada kepala putik, maka akan terjadi pembuahan.
6. Tangkai Putik
Tangkai putik adalah bagian dari putik yang berfungsi untuk meninggikan posisi kepala putik sehingga lebih mudah menangkap serbuk sari.
7. Bakal Buah
Bakal buah adalah bagian dari putik yang mengandung sel telur. Apabila terjadi pembuahan, bakal buah akan berkembang menjadi buah.
8. Mahkota Bunga
Mahkota bunga adalah bagian bunga yang biasanya berwarna cerah. Tujuannya adalah untuk menarik hewan seperti lebah untuk mendekatinya. Mahkota bunga merupakan hasil modifikasi dari daun.
9. Bakal Biji
Bakal biji adalah bagian yang apabila terjadi pembuahan akan berkembang menjadi biji.
10. Dasar Bunga
Dasar bunga adalah bagian bawah bunga yang berfungsi untuk menopang bunga dan memberikan nutrisi ke bunga.

3 comments: