Pengertian Pancasila (Artikel Lengkap)

Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa Indonesia dan menjadi ideologi tetap bangsa Indonesia serta mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Bila dikaji lebih lanjut, pengertian Pancasila sangatlah luas. Untuk memahami Pancasila, kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana sejarah perumusannya secara kronologis. Berikut adalah penjelasan pengertian Pancasila secara lengkap.
Pengertian Pancasila
1. Etimologi Pancasila
Asal mula kata pancasila dapat diketahui dengan memisahkannya menjadi "panca" dan "sila". Kata "panca" berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "lima". Sedangkan kata "sila" juga berasal dari bahasa Sansekerta syila yang berarti "dasar". Berarti, secara harfiah Pancasila berarti "lima dasar". Bahasa Sansekerta digunakan mengingat Indonesia masih kental akan kebudayaan kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan pertama yang berhasil mempersatukan Nusantara.
2. Dasar Pemikiran Pancasila
Pancasila lahir diawali dengan sidang BPUPKI pertama. Pada tanggal 1 Juli 1945, Ir. Soekarno berpidato secara lisan tentang dasar negara Indonesia. Beliau mengatakan bahwa dasar negara tersebut harus berdasarkan ke-Tuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Perumusan tersebut ia namakan "Pancasila" berdasarkan saran temannya yang merupakan ahli bahasa. Dasar pemikiran Pancasila telah ada sejak zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit dan telah diterapkan oleh rakyat.
3. Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli
Berikut adalah beberapa pengertian Pancasila menurut para ahli:
  1. Menurut Ir. Soekarno, Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat.
  2. Menurut Deklarasi Bulaksumur, Pancasila adalah sistem nilai fundamental yang dijadikan dasar dan acuan oleh Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas pokoknya melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar atas kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, dalam rangka mewujudkan visi bangsa, yakni Indonesia yang sungguh-sungguh merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.
  3. Menurut Rizki Fajar Adiputra, Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang memberi kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang makin baik, di dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

No comments:

Post a Comment