30 Negara Maju di Benua Eropa Beserta Penjelasan

Eropa adalah bagian barat benua Eurasia. Eropa dipisahkan karena memiliki budaya yang berbeda dengan budaya di Asia. Benua ini terkenal karena kemajuan teknologi dan kebudayaannya. Meskipun letak benua ini tidak strategis dan memiliki iklim yang kurang menguntungkan, tapi benua ini mampu mempengaruhi dunia. Sebagian besar negara di benua Eropa adalah negara maju. Berikut adalah profil negara-negara maju di benua Eropa:

Negara Maju di Benua Eropa




1. Austria



Austria adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa Tengah yang berbatasan darat dengan Republik Ceko, Jerman, Hungaria, Slovakia, Slovenia, Italia, Swiss, dan Liechtenstein. Ibukotanya adalah Wina. Austria adalah negara terkaya ke-12 di dunia berdasarkan PDB (Produk Domestik Bruto) per kapita. Negara ini memiliki perekonomian pasar yang telah maju dan juga memiliki standar hidup yang tinggi. Sampai tahun 1980-an, banyak perusahaan terbesar di Austria yang dinasionalisasikan. Sektor pariwisata juga ikut membantu perekonomian nasional.



2. Belgia



Belgia adalah sebuah negara kerajaan di Eropa Barat. Negara ini merupakan anggota Uni Eropa dan tempat markas besar NATO. Ibukotanya adalah Brussel. Perekonomian di Belgia sangat terglobalisasi. Infrastruktur di negara ini sangatlah baik dan terintegrasi dengan negara-negara di Eropa. Belgia merupakan negara pedagang terbesar ke-15 di dunia pada tahun 2007. Negara ini juga yang mengawali revolusi industri pada abad ke-19 masehi.



3. Denmark



Denmark adalah sebuah negara kerajaan  di Eropa Utara yang berbatasan dengan Swedia, Norwegia, dan Jerman. Ibukotanya adalah Kopenhagen. Denmark merupakan negara yang tergolong memiliki pendapatan yang tinggi bahkan menempati peringkat ke-18 dalam hal PDB per kapita. Kebijakan liberalisasi tarif impor pada tahun 1797 mengawali perekonomian liberal di Denmark. Kesejahteraan dan hak-hak pekerja sangatlah baik. Komoditas ekspor utama negara ini adalah industri, daging bab*, dan pertanian. Pada tahun 2011, Denmark menempati peringkat 11 dalam hal nilai ekspor per kapita.



4. Estonia



Estonia adalah sebuah negara di kawasan Baltik yang berbatasan dengan Latvia, Rusia, Swedia, dan Finlandia. Ibukotanya adalah Tallinn. Negara ini termasuk negara maju karena memiliki perekonomian yang tinggi, indeks pembangunan manusia yang tinggi, standar hidup yang tinggi, kebebasan yang sangat dijunjung, pendidikan yang maju, dan kebebasan pers. Negara ini seringkali disebut sebagai negara paling banyak terakses internet di Eropa.



5. Finlandia



Finlandia adalah negara di Eropa Utara yang berbatasan dengan Swedia, Norwegia, Rusia, dan Estonia. Ibukotanya adalah Helsinki. Finlandia adalah negara paling stabil di dunia, negara paling bebas bagi pers, dan memiliki sistem pendidikan yang terbaik di dunia. Bahkan Newsweek mengatakan bahwa Finlandia adalah negara terbaik di dunia. Sektor perekonomiannya yang terbesar terletak di sektor manufaktur.



6. Perancis



Perancis adalah negara di Eropa Barat. Ibukotanya berada di Paris. Orang Perancis telah menikmati standar hidup yang tinggi dan standar pendidikan, kesehatan, harapah hidup, kebebasan berpendapat, dan pengembangan manusia yang sangat baik. Perancis termasuk dalam Grup 7 yang berisi negara-negara yang sudah terindustrialisasi. Perancis adalah negara dengan perekonomian terbesar kedua di Eropa dan terbesar ketujuh di dunia. Perancis juga memiliki 39 perusahaan terbesar dari 500 perusahaan terbesar di dunia menurut Fortune Global 500. Mata uang Perancis adalah Euro yang telah menggantikan Franc Perancis (₣) pada tahun 2002. Perekonomian didukung oleh infrastruktur yang sangat baik. Negara ini juga terkenal akan kebudayaan dan kulinernya.



7. Jerman



Jerman adalah sebuah negara di Eropa Barat. Ibukotanya adalah Berlin. Negara ini terdepan dalam beberapa sektor industri dan teknologi dan merupakan negara eksportir dan importir terbesar ketiga di dunia. Standar hidup di Jerman sangatlah tinggi dengan penduduknya yang telah memiliki skill dan sangat produktif. Banyak artis, filsuf, musikus, olahragawan, pengusaha, ilmuan, dan penemu ternama di dunia lahir dan tumbuh di Jerman. Perekonomian di Jerman didukung oleh sistem ekonomi sosial, banyaknya perusahaan dengan nilai saham tinggi, tingkat korupsi yang rendah, dan tingkat inovasi yang sangat tinggi. Dari daftar Fortune Global 500, 28 diantaranya bermarkas di Jerman. Beberapa perusahaan terkenal dari Jerman yaitu Mercedes-Benz, BMW, SAP, Volkswagen, Audi, Siemens, Allianz, Adidas, Porsche, dan DHL.



8. Republik Ceko



Republik Ceko adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Austria, Slovakia, dan Polandia. Ibukotanya adalah Praha. Negara ini memiliki pendapatan ekonomi yang tinggi, pengembangan manusia yang baik, pendapatan per kapita yang tinggi, dan standar hidup yang tinggi. Republik Ceko juga termasuk dalam 10 negara terdamai di dunia dengan sistem demokrasinya yang sangat kuat, angka pengangguran yang rendah, dan stabilnya pemerintahan di negara tersebut. Sebagian besar perekonomian berasal dari sektor perbankan dan telekomunikasi.



9. Yunani



Yunani adalah sebuah negara yang berada di Eropa Tenggara. Ibukotanya berada di Athena. Negara ini adalah negara demokratis dan merupakan negara maju dengan penghasilan tinggi, kualitas hitup yang tinggi, dan standar hidup yang sangat tinggi. Yunani merupakan negara dengan kekuatan pengiriman laut terunggul di dunia, salah satu destinasi wisata terbaik di dunia, dan negara dengan perekonomian terbesar di Balkan. Pendapatan per kapita di Yunani berkisar antara $21.910 sampai $25.705. Perekonomiannya bersumber pada sektor jasa, pariwisata, dan industri.



10. Irlandia



Republik Irlandia adalah sebuah negara di pulau Irlandia (Eropa Utara). Ibukotanya adalah Dublin. Pada tahun 2011 dan 2013, Irlandia menempati posisi ke tujuh dalam hal negara paling maju di dunia berdasarkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Negara ini juga maju dalam hal kebebasan pers, kebebasan ekonomi, dan hak penduduk. Negara ini sejak tahun 1980-an berhasil bertransformasi dari perekonomian yang didominasi oleh pertanian menjadi ekonomi modern berbasis ilmu pengetahuan yang berfokus pada industri berteknologi tinggi dan jasa.



11. Italia



Italia adalah sebuah negara di Eropa Selatan yang berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, Slovenia, San Marino, dan Kota Vatikan. Di dalam wilayah Italia terdapat dua negara kecil yaitu Kota Vatikan dan San Marino. Italia adalah negara dengan perekonomian terbesar ketiga di Zona Eropa dan terbesar kedelapan di dunia. Italia memiliki tingkat pengembangan manusia yang tinggi dan memiliki angka harapan hidup tertinggi di Eropa. Negara ini berperan penting dalam militer dunia, kebudayaan dunia, hubungan diplomatik, dan memiliki kekuatan terbesar di Eropa. Negara ini juga merupakan salah satu negara yang paling sering dikunjungi.



12. Luksemburg



Luksemburg adalah negara terkurung daratan di Eropa Barat yang berbatasan dengan Belgia, Jerman, dan Perancis. Ibukotanya berada di Kota Luksemburg. Luksemburg merupakan negara maju dengan perekonomian yang sudah maju dan PDB per kapita yang tertinggi di dunia (data PBB tahun 2014). Letaknya yang ditengah benua Eropa membuatnya sangat strategis. Negara ini memiliki perekonomian dan politik yang stabil, inflasi yang rendah, pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan tingkat inovasi yang tinggi. Angka pengangguran juga rendah yakni sekitar 6,1%. Luksemburg merupakan surga penggemplang pajak nomor dua di dunia setelah Swiss.



13. Belanda



Belanda adalah sebuah negara kerajaan di Eropa Barat yang berbatasan dengan Jerman dan Belgia. Negara ini juga memiliki tiga pulau teritorial di Karibia. Ibukotanya adalah Amsterdam. Belanda adalah negara pengekspor hasil pangan terbesar kedua di dunia, negara terbahagia ketujuh di dunia, dan pendapatan per kapita tertinggi ke-13 di dunia. Ketiga kota besar di Belanda (Amsterdam, Rotterdam, dan Eindhoven) telah membentuk perekonomian di dunia ini.



14. Portugal



Portugal adalah negara yang berada di ujung barat Eropa yang berbatasan dengan Spanyol. Ibukotanya berada di Lisboa. Negara ini telah menikmati perekonomian yang tinggi dan standar hidup yang tinggi. Tingkat pendidikan di Portugal sangatlah baik. Terdapat beberapa universitas kelas dunia yang menghasilkan manager berkualitas internasional. Komoditas ekonomi utama negara ini adalah jasa dan industri. Pada tahun 2014, Portugal mengalami deflasi sebesar 0,3%.



15. Ru*ia



Ru*ia adalah negara yang berada di Eropa Timur yang berbatasan dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Belarus, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, Tiongkok, Mongolia, dan Korea U*ara. Negara ini adalah negara terluas di dunia. Perekonomian Ru*ia adalah salah satu yang terbesar di dunia karena memiliki cadangan mineral dan energi terbanyak di dunia. Negara ini juga memiliki beberapa senjata nuklir dan senjata pemusnah massal. Komoditas utama negara ini adalah minyak bumi dan gas alam.



16. Spanyol




Spanyol adalah sebuah negara di Eropa Barat yang berbatasan dengan Perancis, Andorra, dan Spanyol. Negara ini merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-16 di dunia, terbesar ke-5 di Uni Eropa, dan terbesar ke-4 di Zona Eropa. Kualitas hidup di Spanyol sangatlah tinggi. Negara ini juga memiliki banyak kota pintar (smart city). Komoditas ekonomi utama di negara ini adalah jasa dan industri.



17. Swedia



Swedia adalah negara di kawasan Skandinavia di Eropa Utara yang berbatasan dengan Norwegia, Finlandia, dan Denmark. Negara ini adalah negara terkaya ketujuh di dunia (berdasarkan PDB per kapita). Penduduk Swedia menikmati pendapatan per kapita yang tinggi dan standar hidup ang tinggi. Sektor perekonomian utama di Swedia adalah mesin, telekomunikasi, otomotif, dan obat-obatan. Rasio Gini di Swedia terendah ketiga di dunia yaitu 0,25. Upah per jam karyawan di Swedia adalah yang tertinggi kesembilan di dunia. Perekonomian di negara ini juga merupakan salah satu yang paling berkompetitif di dunia.



18. Britania Raya (Inggris)



Britania Raya atau Inggris adalah sebuah negara kerajaan di Eropa Timur Laut yang berbatasan dengan Irlandia. Ibukotanya berada di London. Negara ini merupakan negara dengan perekonomian terbesar kelima di dunia berdasarkan PDB. Indeks pembangunan manusia juga sangat tinggi dan memiliki pendapatan yang tinggi. Inggris merupakan negara pertama yang melakukan industrialisasi dan menjadi pelopor revolusi industri. Negara ini memiliki kekuatan dalam bidang ekonomi, kebudayaan, militer, ilmu pengetahuan, dan politik. Ibukotanya, London, merupakan salah satu dari tiga "ibukota dunia" setelah New York City dan Tokyo.



19. Andorra



Andorra adalah negara terkurung daratan yang berbatasan dengan Spanyol dan Perancis. Ibukotanya adalah Andorra la Vella. Perekonomiannya bersumber pada pariwisata. Sekitar 10,2 juta orang menunjungi Andorra setiap tahunnya. Negara ini terkenal akan bebas-beanya dan resor musim panas dan musim dingin. Salah satu sumber pendapatan utama negara ini adalah resor ski. Kebijakan perbankan yang membebaskan pajak menjadi surga bagi para penyimpan uang di luar negeri untuk menghindari pajak di negaranya.



20. Hongaria



Hongaria adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Slovakia, Romania, Serbia, Kroasia, Slovenia, Austria, dan Ukraina. Ibukotanya adalah Budapest. Negara ini merupakan negara maju yang telah menikmati pendapatan ekonomi yang tinggi, kualitas hidup yang tinggi, dan standar hidup yang sangat tinggi. Hongaria adalah destinasi wisata yang terkenal dengan kunjungan rata-rata mencapai 10 juta per tahun. Negara ini sangat stabil dan memiliki sistem ekonomi yang terbuka. Komoditas utama di Hongaria adalah jasa dan industri.



21. Islandia



Islandia adalah negara di samudera Atlantik. Ibukotanya adalah Reykjavik. Negara ini dikenal memiliki gunung berapi aktif. Negara ini merupakan negara termaju ke-13 di dunia berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia. Hampir semua energi di Islandia dipasok oleh energi terbarukan seperti hidroelektronik dan energi panas bumi. Pajak di negara ini relatif kecil dibandingkan negara-negara anggota OECD. Islandia mendapatkan peringkat tinggi dalam hal kestabilan ekonomi, politik, dan sosial. Negara ini juga merupakan negara paling produktif ketujuh di dunia. Komoditas utama negara ini adalah industri aluminium dan perikanan (termasuk olahannya).



22. Liechtenstein



Liechtenstein adalah sebuah negara terkurung negara terkurung daratan yang berbatasan dengan Swiss dan Austria. Ibukotanya adalah di Vaduz. Negara ini hanya memiliki luas 160 kilometer persegi. Letaknya berada di pegunungan alpen menjadikan Liechtenstein sebagai destinasi olahraga musim dingin yang populer. Negara ini memiliki sektor keuangan yang sangat kuat di Vaduz. Perekonomiannya juga bersatu dengan Swiss. Negara ini memiliki perusahaan terdaftar (sekitar 70.000) lebih banyak dari jumlah penduduknya sendiri (sekitar 37.340). Meskipun kecil, tapi negara ini adalah negara berkembang, memiliki standar hidup yang tinggi, dan sangat terindustrialisasi.



23. Monako



Monako adalah sebuah negara kota di Eropa Barat yang berbatasan dengan Perancis. Ibukotany berada di Monako. Negara ini adalah negara terkecil kedua di dunia dengan luas hanya 2,02 kilometer persegi dan merupakan negara terpadat di dunia. Meski kecil, negara ini memiliki pendapatan per kapita tertinggi di dunia yaitu lebih dari 1,5 milyar Rupiah per tahun. Maka dari itu, negara ini juga memiliki penduduk milioner dan bilionaire terbanyak per kapita di dunia. Sejak abad ke-19, pemerintah gencar mengembangkan perekonomian di negara ini seperti membangun ka*ino pertama, sirkuit Monte Carlo, dan jalur kereta api ke Paris. Sejak itu, Monako menjadi pusat pariwisata, perj*dian, dan perbankan bagi orang sangat kaya dan terkenal. Negara ini tidak memungut pajak sehingga menjadi surga bagi penggemblang pajak.



24. Malta



Malta adalah sebuah negara di Eropa Selatan di tengah laut Mediterania. Ibukotanya adalah Valletta yang merupakan ibukota terkecil di Uni Eropa dengan luas hanya 0,8 kilometer persegi. Negara ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena memiliki iklim hangat dan memiliki banyak monumen bersejarah. Negara ini adalah negara maju dengan sektor perekonomian berupa kapas, temba*au, dan perkapalan. Pembukaan Terusan Suez telah memacu perekonomian di negara ini karena banyak kapal yang singgah di negara ini. Banyak juga film yang mengambil gambar di Malta.



25. Norwegia



Norwegia adalah sebuah negara kerajaan di kawasan Skandinavia. Ibukotanya berada di Oslo. Negara ini memiliki kekayaan minyak bumi, gas alam, mineral, hasil hutan, makanan olahan ikan, air mineral, dan PLTA. Negara ini merupakan negara penghasil minyak bumi terbesar di luar Timur Tengah. Minyak bumi telah memberikan seperempat pendapatan negara. Hal ini membuat Norwegia menjadi negara terkaya kedua di dunia. Negara ini juga memiliki fasilitas kesehatan yang memadai dan sistem keamanan yang ketat. Pendapatan per kapita di Norwegia adalah yang tertinggi keempat di dunia menurut Bank Dunia dan IMF. Negara ini seringkali meraih posisi pertama dalam hal Indeks Pembangunan Manusia.

26. San Marino


San Marino adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa Tengah. Negara ini terkurung di dalam negara Italia. Luasnya hanya 61 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 32.000 jiwa. Meski demikian, San Marino adalah negara republik tertua di dunia yang merdeka dari Kerajaan Roma pada tanggal 3 September 301. Ibukotanya berada di Kota San Marino. Meski kecil, negara ini merupakan salah satu negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita, memiliki angka pengangguran terendah di Eropa, negara yang memiliki perekonomian yang sangat stabil, tidak memiliki hutang nasional, dan anggaran tidak pernah surplus. Negara ini merupakan satu-satunya negara di dunia dimana jumlah mobilnya lebih banyak daripada penduduknya sendiri. Komoditas utama San Marino adalah di sektor keuangan, industri, jasa, dan pariwisata.



27. Slovenia 



Slovenia adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Italia, Austria, Hongaria, dan Kroasia. Ibukotanya berada di Ljubljana. Letaknya yang berada di jalur silang rute perdagangan darat dan jalur kebudayaan Eropa membuat negara ini menjadi sangat strategis. Slovenia merupakan negara maju dengan pendapatan perkapita yang tinggi. Komoditas utama negara ini adalah jasa, industri, dan konstruksi. Industri utama Slovenia adalah kendaraan bermotor, elektronik, mesin, obat-obatan, dan minyak. Negara ini memiliki fasilitas pendidikan yang baik dan infrastruktur yang telah berkembang.



28. Swiss



Swiss adalah negara di Eropa yang berbatasan dengan Italia, Perancis, Jerman, Austria, dan Liechtenstein. Ibukotanya berada di Bern. Swiss menempati peringkat tinggi dalam hal transparansi pemerintahan, kebebasan sipil, kualitas hidup, daya saing ekonomi, dan pengembangan manusia. Aset negara ini sangatlah tinggi. Kota Zurich dan Genewa adalah kota dengan kualitas hidup tertinggi di dunia. Negara ini terkenal akan jam tangan mewah dan sektor keuangannya. Perekonomian di Swiss sangat stabil, makmur, dan berteknologi tinggi.

29. Siprus



Siprus adalah sebuah negara pulau di laut Mediterrania. Ibukotanya berada di Nikosia. Negara ini menjadi destinasi wisata populer di laut Mediterania dengan perekonomian yang tinggi dan Indeks Pembangunan Manusia yang sangat tinggi. Pasar properti sangat berkembang di Siprus. Sektor utama negara ini adalah pariwisata dan kuliner.

30. Vatikan


Vatikan adalah sebuah negara terkurung daratan dan terkurung di dalam negara Italia. Negara ini adalah negara terkecil di dunia dengan luas hanya 44 hektar (0,44 kilometer persegi). Ibukotanya berada di Kota Vatikan. Negara ini adalah rumah bagi Paus dan sebagai Tahta Suci Katolik. Pendapatan negara bersumber dari kunjungan wisatawan ke Museum Vatikan, kontribusi dari seluruh gereja Katolik Roma, dan penjualan oleh-oleh. Pendapatan dan standar hidup penduduk Vatikan sama halnya dengan di Roma. Energi listrik bersumber dari Italia dan sebagian dari tenaga surya.

No comments:

Post a Comment