8 Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

Pencernaan adalah proses mengubah makanan menjadi ukuran kecil/halus dan mengolahnya supaya dapat diserap tubuh. Proses pencernaan makanan pada manusia terdiri dari beberapa proses di dalam organ sistem pencernaan pada manusia. Organ-organ tersebut antara lain mulut, kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus halus, usus besar, rektum, dan anus. Berikut adalah penjelasan proses pencernaan makanan pada manusia berdasarkan organ pencernaannya.

proses pencernaan makanan pada manusia


1. Mulut
Proses yang pertama terjadi di dalam mulut. Di dalam mulut terdiri dari 2 proses yaitu pencernaan kimiawi dan pencernaan mekanik. Pencernaan mekanik berupa penghancuran makanan dengan menggunakan gigi. Pencernaan kimiawi berupa pengubahan amilum menjadi glukosa dengan bantuan enzim amilase. Enzim tersebut terdapat di ludah. Lidah membantu menelan makanan dan mengecap rasa pada makanan.
2. Kerongkongan
Di kerongkongan terjadi proses pendorongan makanan menuju lambung dengan gerak peristaltik. Kerongkongan cukup panjang sehingga dibutuhkan gerakan tersebut.
3. Lambung
Di lambung terjadi proses pencernaan kimiawi dengan menggunakan dua enzim (enzim renin dan pepsin) dan asam klorida. Enzim renin berfungsi mengendapkan kasein (protein susu). Enzim pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton. Asam klorida berfungsi menghancurkan makanan dan membunuh bibit penyakit.
4. Usus Dua Belas Jari
Usus dua belas jari menghasilkan beberapa enzim yang dihasilkan oleh kantung empedu dan kelenjar pankreas. Enzim yang dihasilkan berupa enzim lipase, enzim tripsin, dan enzim amilase. Fungsi enzim lipase adalah untuk mengubah lipid (lemak) menjadi gliserol. Fungsi enzim tripsin adalah untuk mengubah pepton menjadi asam amino. Fungsi enzim amilase adalah untuk mengubah amilum menjadi glukosa. Selain itu, kantung empedu menghasilkan getah empedu yang berfungsi mengemulsi lemak.
5. Usus Halus
Usus halus berperan penting dalam penyerapan sari-sari makanan yang telah dicerna oleh organ-organ sebelumnya.
6. Usus Besar
Usus besar melakukan proses penyerapan air dan pembusukan sisa-sisa makanan dengan menggunakan bakteri E.coli. Hasilnya berupa f*ses
7. R*ktum
R*ktum berfungsi sebagai tempat penampungan sementara sisa-sisa makanan yang telah menjadi f*ses. Setelah dirasa penuh, r*ektum akan memberikan sinyal berupa rasa ingin buang air besar.
8. An*s
An*s adalah saluran pembuangan f*eses.

No comments:

Post a Comment