6 Kelenjar Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Kelenjar adalah alat tubuh yang menghasilkan getah atau sekresi tertentu seperti hormon dan enzim. Kelenjar berbeda dengan organ yang mana organ adalah sekelompok jaringan terorganisir untuk melakukan fungsi tertentu. Pada sistem pencernaan manusia terdapat beberapa kelenjar yang menghasilkan enzim untuk membantu proses pencernaan makanan. Berikut adalah kelenjar-kelenjar pada sistem pencernaan manusia:

Bagian dari: Sistem Pencernaan pada Manusia (Artikel Lengkap)

Kelenjar pencernaan manusia

1. Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah

Kelenjar ludah: (1) kelenjar parotis, (2) kelenjar submandibula, (3) kelenjar sublingua.

Kelenjar ludah adalah kelenjar eksokrin yang memproduksi ludah atau air liur (saliva). Manusia memiliki tiga kelenjar ludah utama yaitu kelenjar parotis, kelenjar submandibula, dan kelenjar sublingua. Kelenjar ini juga mensekresi enzim amilase yang berperan memecah pati menjadi glukosa. Fungsi air liur adalah untuk membasahi makanan sehingga mudah ditelan dan membantu pencernaan dengan enzim amilase.

2. Kelenjar Lambung

Baca juga: 5 Fungsi Lambung pada Manusia

Kelenjar lambung adalah kelenjar yang berada di lambung dan menghasilkan banyak zat yang penting bagi sistem metabolisme tubuh. Kelenjar langung mensekresikan berbagai hormon, enzim, dan asam.

Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar lambung adalah hormon gastrin yang berfungsi membantu proses gerak peristaltik.

Baca juga: 9 Bagian-Bagian Lambung Beserta Fungsinya

Enzim yang dihasilkan oleh kelenjar lambung adalah enzim pepsin dan enzim renin.

  1. Enzim pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton. Enzim pepsin diaktifkan oleh asam klorida.
  2. Enzim renin berfungsi mengubah kaseinogen menjadi kasein.

Sedangkan asam yang dihasilkan oleh kelenjar lambung adalah asam klorida (HCl) yang juga disebut asam lambung. Fungsi asam lambung adalah untuk membantu menghancurkan makanan, membunuh bibit penyakit, dan mengaktifkan enzim pepsin dengan mengubah pepsinogen menjadi enzim pepsin.

3. Kelenjar Hati

Baca juga: 5 Fungsi Hati (Liver) Manusia Lengkap

Hati merupakan kelenjar pencernaan terbesar sekaligus kelenjar terbesar pada tubuh manusia. Hati terletak di dalam rongga perut sebelah kanan di bawah diafragma. Hati menghasilkan empedu yang merupakan hasil dari perombakan sel darah merah. Empedu disimpan di kantong empedu yang disekresikan ke saluran pencernaan. Fungsi empedu adalah untuk mengemulsi lemak supaya mudah diserap usus halus.

4. Kelenjar Pankreas

Pankreas adalah organ kelenjar yang terletak di belakang lambung. Pankreas merupakan kelenjar campuran antara endokrin dan eksokrin. Sebagai kelenjar endokrin, pankreas mensekresikan beberapa hormon ke darah seperti insulin, glukagon, dll. Fungsi kelenjar pankreas pada sistem pencernaan manusia terletak pada fungsinya sebagai kelenjar eksokrin yakni mensekresi getah pankreas. Getah ini mengandung bikarbonat, yang berfungsi menetralkan asam dari lambung yang akan menuju usus halus; dan enzim pencernaan yang mencerna karbohidrat, protein, dan lipid.

5. Kelenjar Usus 12 Jari

Usus 12 jari atau duodenum adalah bagian dari usus halus. Pada usus 12 jari terdapat kelenjar Brunner yang menghasilkan lendir bikarbonat yang berfungsi melindungi usus duabelas jari dari asam dari lambung, memberikan kondisi alkalis untuk enzim agar dapat aktif, dan sebagai pelumas dinding usus.

6. Kelenjar Usus Halus

Usus halus merupakan saluran pencernaan yang terletak di antara lambung dan usus besar. Fungsi utama usus halus adalah menyerap sari-sari makanan. Namun usus halus juga berfungsi sebagai kelenjar yang mensekresikan enzim. Sekresi enzim tersebut dipengaruhi oleh hormon enterokrinin yang dihasilkan usus dua belas jari. Enzim yang dihasilkan usus halus antara lain:

  1. Enzim erepsin “peptidase” yang berfungsi mengubah peptida menjadi asam amino
  2. Enzim maltase yang berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa
  3. Enzim sukrase yang berfungsi mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa
  4. Enzim laktase yang berfungsi mengubah laktosa menjadi glukosa


No comments:

Post a Comment