6 Fungsi Nefron (Artikel Lengkap)

Nefron adalah unit struktural dan fungsional ginjal. Nefron terdiri dari renal korpuskula dan renal tubulus. Renal korpuskula terdiri dari seberkas kapiler yang disebut glomerulus dan diliputi kapsula Bowman. Sedangkan renal tubulus merupakan tabung panjang yang terdiri dari tubulus kontortus proksimal, lengkung Henle, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus. Seorang dewasa yang sehat memiliki 800 ribu hingga 1,5 juta nefron di masing-masing ginjal. Berikut adalah fungsi nefron:

Bagian dari: Nefron Ginjal (Artikel Lengkap)

Fungsi nefron

  1. Menyaring darah di glomerulus. Proses tersebut disebut filtrasi. Cara kerjanya yaitu dengan melewatkan molekul yang berukuran lebih kecil dari sel darah dan membawanya ke renal tubulus.
  2. Menyerap kembali zat yang masih dibutuhkan tubuh oleh tubulus kontortus proksimal. Proses tersebut disebut reabsorpsi. Pada proses ini, diserap kembali beberapa zat seperti dua pertiga garam dan air, glukosa, dan asam amino.
  3. Menjaga kadar ion tubuh agar tetap seimbang.
  4. Penambahan zat ke dalam urin yang sudah berlebihan atau tidak berguna oleh tubulus kontortus distal. Proses tersebut disebut augmentasi dengan cara transpor aktif. Zat yang ditambahkan seperti fosfat, kalium, dan natrium.
  5. Berperan utama dalam ekskresi urin pada ginjal.
  6. Mencegah sel darah dan protein keluar dari tubuh melalui ginjal.

No comments:

Post a Comment