6 Fungsi Kromosom (Artikel Lengkap)

Kromosom adalah molekul DNA dengan sebagian atau semua materi genetik (genome) dari suatu organisme. Sebagian besar kromosom eukariotik terdiri dari protein pengemas yang dibantu protein pendamping, mengikat dan memadatkan molekul DNA untuk mencegah DNA kusut dan tak terkendali. Kromosom biasanya terlihat di bawah mikroskop cahaya ketika sel sedang mengalami metafase pembelahan sel. Berikut adalah fungsi kromosom:

Fungsi Kromosom

  1. Fungsi utamanya adalah menyimpan informasi genetik yang akan diturunkan dari induk ke keturunannya sehingga membentuk sifat dan ciri khas pada individu.
  2. Membantu memastikan DNA tetap melekat erat di sekitar protein. Karena jika tidak, molekul DNA akan berukuran terlalu besar untuk bagian dalam sel.
  3. Menentukan jenis kelamin. Terdapat dua jenis kromosom yaitu X dan Y. Apabila kromosom embrio XX, maka akan terlahir sebagai seorang perempuan. Sedangkan apabila kromosom embrio XY, maka akan terlahir sebagai laki-laki.
  4. Berperan penting dalam proses pembelahan sel dan memastikan masing-masing sel yang terbelah mendapatkan gen yang sama.
  5. Berperan dalam proses transkripsi DNA untuk melakukan sintesis protein yang membawa materi genetik.
  6. Mengendalikan fungsi DNA dan memastikan DNA direplikasi dengan akurat.

No comments:

Post a Comment