17 Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Musik adalah bentuk seni dan budaya yang mediumnya diatur dengan baik menurut waktu. Unsur musik adalah pitch (yang mengatur melodi dan harmoni), irama (berkaitan dengan tempo dan artikulasi), dinamika (kenyaringan dan kelembutan), dan “warna” musik. Gaya, jenis, atau genre musik yang berbeda dapat ditekankan. Musik dilakukan dengan berbagai macam instrumen mulai dari teknik vokal, instrumen, atau penggabungan keduanya. Berikut adalah beberapa pengertian musik menurut para ahli termasuk menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Baca juga: Pengertian Seni Musik (Artikel Lengkap)

Pengertian musik menurut para ahli

1. Sunarto

Musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.

2. David Ewen

Musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.

3. Schopenhauer

Musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta.

4. Jamalus

Musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan tentang pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yakni irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.

5. Soeharto

Musik adalah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

6. Suhastjarja

Musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada-nada atau bunyi-bunyi lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni, serta memiliki suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan.

7. Irwan Edman

Musik adalah urutan bunyi-bunyian yang logis tetapi bukan logika dari suatu argumentasi. Musik adalah suatu himpunan teratur dari vitalitas, suatu impian di mana bunyi-bunyian bersatu padu dan mengkristalisasi.

8. Lexicographer

Baca juga: 16 Fungsi Musik Beserta Penjelasan Lengkap

Musik adalah kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

9. Adjie Esa Poetra

Musik adalah kesenian yang bersumber dari bunyi.

10. Sylado

Musik adalah wujud waktu yang hidup, yang merupakan kumpulan ilusi dan alunan suara yang berisi rangkaian nada yang berjiwakan mampu menggerakan hati para pendengarnya.

11. Rina

Musik adalah salah satu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan dengan menggunakan suara atau bunyi-bunyian.

12. Ade Prianto Nugroho

Musik adalah seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.

13. Alferd Aurbach

Musik adalah bahasa dunia, ia tidak perlu diterjemahkan, dalam musik berbicara dari jiwa kepada jiwa.

14. Reed dan Sidnell

Musik adalah suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.

15. Merriam

Musik adalah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat.

16. Aristoteles

Musik adalah curhatan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.

17. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Musik adalah ilmu atau seni yang menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

No comments:

Post a Comment