Pengertian Seni (Artikel Lengkap)

Seni adalah ragam aktivitas manusia berupa penciptaan karya visual, audio, atau pertunjukan dengan mengekspresikan imajinasi dan kemampuan teknis pencipta yang dimaksudkan untuk diapresiasi keindahan atau kekuatan emosi dibalik karyanya. Bentuk dasar aktivitas seni termasuk menciptakan karya seni, kritik terhadap seni, studi sejarah seni, dan estetika seni. Dalam bahasa Inggris, “seni” disebut art.

Baca juga: Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Murni

Pengertian Seni

1. Asal Mula Kata Seni

Etimologi “seni” berasal dari bahasa Sansekerta sani yang berarti “pemujaan”, “persembahan”, dan “pelayanan” yang berkaitan dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Namun ada pandangan lain yang menyebutkan bahwa “seni” berasal dari bahasa Belanda genie yang berasal dari bahasa Latin genius yang berarti “kemampuan yang dibawa sejak lahir”.

2. Arti Kata Seni

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah “seni” merupakan nomina (kata benda) yang berarti:

  1. Keahlian membuat karya yang bermutu dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya.
  2. Karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, ukiran.

3. Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Sesungguhnya “seni” sangat sulit didefinisikan, karena tergolong relatif bagi tiap orang. Maka dari itu, untuk memahami pengertian seni butuh pemahaman dari sudut pandang berbagai orang yang sudah ahli. Berikut adalah beberapa pengertian seni menurut beberapa para ahli seni:

  • Alexander Baum Garton: Seni adalah keindahan dan tujuan yang positif sehingga penikmat menjadi merasa berada di dalam kebahagiaan.
  • Ki Hajar Dewantara: Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia.
  • Ira Adrianti: Seni adalah sebuah proses dan produk dalam memilih medium, suatu mindset peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik itu sensasi, gagasan, kepercayaan, maupun perasaan dengan cara yang seefektif mungkin.
  • Ahdian Karta Miharja: Seni adalah kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.
  • Suwaji Bastomi: Seni adalah gerakan batin dengan pengalaman gaya yang dikomunikasikan dalam struktur yang mulia, memiliki kemampuan untuk memanggil perasaan keajaiban dan perasaan.
  • 4. Arti Lain Seni

    Selain dalam bidang kesenian, istilah “seni” juga merujuk pada hal lain seperti merujuk pada orang yang mampu menciptakan sesuatu yang tinggi, kata ganti urine (air seni), dan kata sifat yang menyatakan kehalusan, keelokan, kelembutan (suara), dan sebagainya.

    No comments:

    Post a Comment