9 Penyebab Terjadinya Perang Dunia II

Perang Dunia II adalah perang yang melibatkan sebagian besar negara di dunia beserta semua negara kuat dan berlangsung dari tahun 1939 sampai 1945. Perang ini berlangsung antara pihak Sekutu dan pihak Poros. Perang ini berawal dari serangkaian konflik terkait yang terjadi di Eropa. Secara garis besar, Perang Dunia II adalah lanjutan dari Perang Dunia I. Perang Dunia II sudah diprediksi akan terjadi sebelum Mussolini dan Hitler menjadi diktator dan Jepang menginvasi Tiongkok. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya Perang Dunia II:

Penyebab Terjadinya Perang Dunia II

1. Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II
  1. Italia dibawah kepemimpinan Mussolini ingin mendirikan Italia Raya yang disebut Risorgimento.
  2. Jerman dibawah kepemimpinan Hitler melanggar perjanjian Versailles karena merasa terhina setelah Jerman kalah pada Perang Dunia I. Hitler ingin membalas kekalahan Jerman, terutama terhadap Perancis.
  3. Jepang ingin memperluas wilayah dengan melakukan invasi ke Tiongkok, Shakalin, Korea, Asia Tenggara, dan kepulauan di samudera Pasifik.
  4. Munculnya politik aliansi yang terdiri dari blok Fasis dan blok Sekutu karena kekhawatiran akan perang berikutnya.
  5. Gagalnya LBB (Liga Bangsa-Bangsa) dalam menciptakan perdamaian dunia dan menghilangkan permusuhan antar negara pasca Perang Dunia I.
  6. Terjadi saling curiga antara negara penganut ideologi komunisme, fasisme, nasional-sosialis, dan demokrasi sehingga mereka semua saling memperkuat persenjataan dan kekuatan militernya.
2. Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II
  1. Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Dua hari kemudian, Inggris da Perancis menyatakan perang terhadap Jerman.
  2. Jerman menyerang Uni Soviet pada bulan Juni 1941 ketika Uni Soviet lengah. Hal ini menyebabkan Uni Soviet bergabung dengan Sekutu.
  3. Jepang menyerang tanpa peringatan terhadap Pangkalan Udara Militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada tanggal 7 Desember 1941. Setelah itu, Jepang menyerang negara-negara di Asia Tenggara yang sedang dijajah negara-negara Sekutu.

No comments:

Post a Comment