3 Fungsi Tubulus Kontortus Distal

Tubulus kontortus distal adalah bagian dari nefron ginjal antara lengkung Henle dan tubulus kolektivus. Tubulus kontortus distal sebagian bertanggung jawab dalam pengaturan kadar kalium, natrium, kalsium, dan pH. Fungsi utamanya adalah melakukan augmentasi yakni menambahkan zat yang sudah berlebihan atau tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Selain itu, tubulus kontortus distal juga berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reabsorbsi fakultatif, yakni reabsorbsi yang kondisional sesuai kebutuhan tubuh. Berikut adalah fungsi tubulus kontortus distal:

Bagian dari: Letak dan Fungsi Tubulus Kontortus Distal

Fungsi tubulus kontortus distal

  1. Mengatur pH dengan menyerap bikarbonat dan mensekresikan proton (H+) ke dalam filtrat, atau dengan menyerap proton dan mensekresikan bikarbonat ke dalam filtrat.
  2. Mengendalikan kadar sodium dan potasium dengan mensekresikan K+ dan menyerap Na+. Penyerapan natrium oleh tubulus kontortus distal dimediasi oleh hormon aldosteron. Aldosteron meningkatkan reabsorpsi natrium. Reabsorpsi natrium dan klorida (garam) juga dimediasi oleh sekelompok kinase yang disebut kinase WNK.
  3. Tubulus kontortus distal juga berperan dalam pengaturan kalsium dengan mereabsorpsi Ca2+ sebagai respon terhadap hormon paratiroid.

No comments:

Post a Comment