4 Macam Sumber Sejarah

Sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat empiris, berarti segala macam ilmunya harus dapat dibuktikan kebenarannya. Cara untuk membuktikan kebenaran sejarah adalah dengan menggunakan sumber sejarah sebagai bukti sejarah. Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang dapat menjelaskan bagaimana keadaan di masa lampau, baik secara langsung maupun tidak langsung. Banyak sekali hal yang dapat dijadikan sumber sejarah, namun secara umum dapat dibedakan menjadi 3 sumber yaitu lisan, tertulis, dan benda. Berikut adalah beberapa macam bukti sejarah yang dapat digunakan:
Macam-macam sumber sejarah

Sumber Sejarah Lisan

Sumber sejarah lisan adalah sumber sejarah yang berasal dari pembicaraan orang lain. Cara memperolehnya adalah melalui wawancara kepada narasumber. Narasumber bisa bersifat langsung atau tidak langsung terlibat dalam peristiwa sejarah.

1. Sumber Sejarah Lisan Langsung

Sumber sejarah lisan langsung adalah sumber sejarah yang diperoleh melalui wawancara dengan orang yang terlibat langsung di dalam peristiwa bersejarah tersebut. Biasanya orang tersebut adalah veteran perang atau orang-orang penting dalam pemerintahan.

2. Sumber Sejarah Lisan Tidak Langsung

Sumber sejarah lisan tidak langsung adalah sumber sejarah yang diperoleh melalui wawancara dengan orang yang tidak terlibat langsung di dalam suatu peristiwa bersejarah. Contohnya adalah dengan anak dari mantan presiden dan keturunan raja. Namun, sebelum itu sebaiknya diperiksa keakuratannya karena kebanyakan narasumber hanya menerima kisah secara turun temurun sehingga rentan dibuat-buat.

Sumber Sejarah Tulisan

Sumber sejarah tulisan adalah sumber sejarah yang berasal dari catatan lisan di masa lampau. Berikut adalah beberapa contoh sumber sejarah tulisan:

  1. Prasasti: adalah batu tertulis yang berisi catatan tentang suatu kejadian penting dalam kerajaan di masa lampau.
  2. Kitab kuno: adalah buku yang berisi cerita bersejarah.
  3. Lontar: adalah naskah yang ditulis di atas daun lontar.
Sumber Sejarah Benda

Sumber sejarah benda adalah sumber sejarah yang berasal dari benda-benda bersejarah. Benda-benda bersejarah ini membuktikan bahwa suatu peristiwa sejarah atau suatu kerajaan terbukti keberadaannya. Berikut adalah beberapa contoh sumber sejarah benda:

  1. Kapak genggam: adalah salah satu peninggalan masa prasejarah berupa kapak sederhana yang berasal dari batu runcing.
  2. Gerabah: adalah peninggalan sejarah berupa perabotan-perabotan yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar.
  3. Perhiasan: adalah peninggalan sejarah berupa aksesoris tubuh yang terbuat dari logam mulia.
  4. Patung dan arca: adalah peninggalan sejarah berupa perwujudan manusia/hewan/Dewa yang terbuat dari tanah liat atau batu.

No comments:

Post a Comment