8 Bagian-Bagian Nefron Beserta Fungsinya

Nefron adalah unit fungsional dari ginjal. Fungsi utamanya adalah untuk menyaring darah dan mengatur kadar beberapa zat yang terlarut dalam darah. Hasil yang dikeluarkan oleh nefron adalah urine yang membuat ginjal menjadi bagian dari sistem ekskresi pada manusia. Setiap ginjal pada manusia dewasa normal memiliki sekitar 800.000 sampai 1,5 juta nefron. Berikut adalah bagian-bagian nefron:
Bagian dari: 12 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya (Beserta Gambar)
Gambar anatomi nefron

1. Afferent Arteriole
Afferent arteriole (arteriol aferen) adalah arteri yang mengangkut darah ke glomerulus. Darah pada arteriol ini masih kotor. Fungsi afferent arteriole adalah untuk membawa darah kotor ke glomerulus.
Glomerulus adalah simpul kecil pembuluh darah. Glomerulus adalah alat penyaringan darah pertama dari tiga proses penyaringan darah. Proses yang dilakukan glomerulus disebut filtrasi. Fungsi glomerulus adalah untuk melakukan filtrasi (penyaringan darah) zat yang berukuran lebih kecil dari sel darah.
3. Efferent Arteriole
Efferent arteriole (arteriol eferen) adalah kebalikan dari afferent arteriole yaitu arteri yang mengangkut darah dari glomerulus. Darah pada afferent arteriole masih perlu diproses di tubulus pada nefron. Fungsi efferent arteriole adalah untuk mengangkut darah setelah disaring di glomerulus untuk diproses di bagian lain nefron.
4. Kapsula Bowman
Kapsula bowman (kapsul bowman) adalah struktur yang menyelubungi glomerulus. Bentuknya seperti kantung. Fungsi kapsula bowman adalah untuk menampung sementara hasil filtrat glomerulus dan menyalurkannya ke tubulus kontortus proksimal.
5. Tubulus Proksimal
Baca juga: 5 Gambar Tubulus Kontortus Proksimal (Beserta Penjelasan)
Tubulus proksimal (tubulus kontortus proksimal) adalah saluran berliku-liku yang berada setelah glomerulus. Fungsi tubulus kontortus proksimal adalah untuk melakukan reabsorpsi (penyerapan kembali) zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh seperti asam amino.
6. Lengkung Henle
Baca juga: Gambar Penghubung Tubulus Kontortus Proksimal dan Distal (Lengkung Henle)
Lengkung henle adalah bagian melengkung ke bawah yang berada diantara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Fungsi lengkung henle adalah untuk memisahkan urine yang berada di kedua tubulus tersebut.
7. Tubulus Distal
Baca juga: Gambar Letak Tubulus Kontortus Distal (Beserta Penjelasan)
Tubulus distal (tubulus kontortus distal) adalah saluran berliku-liku yang berada di paling akhir dari saluran nefron. Fungsi tubulus kontortus distal adalah untuk melakukan proses augmentasi atau penambahan zat yang tidak berguna atau berlebihan sehingga urine menjadi pekat dan siap untuk dikeluarkan dari tubuh.
8. Duktus Kolektivus
Duktur kolektivus (tubulus kolektivus) adalah saluran yang berfungsi untuk mengumpulkan urine dari berbagai nefron untuk dibawa ke pelvis,

No comments:

Post a Comment