Pengertian Seni Musik (Artikel Lengkap)

Seni musik adalah salah satu cara mengekspresikan perasaan dengan menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo. Musik dan seni musik memiliki perbedaan arti yaitu musik adalah hasil olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sehingga tercipta suatu nada tertentu. Sedangkan seni musik lebih ditekankan pada musik sebagai sarana mengekspresikan perasaan sang pencipta atau penikmat musik. Dalam bahasa Inggris, "seni musik" disebut "art music".
Pengertian Seni Musik

1. Asal Mula Kata Seni Musik
Untuk mengetahui asal mula kata (etimologi) seni musik. Pisahkan menjadi "seni" dan "musik". Etimologi kata "seni" berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "pemberian, penyembahan", sedangkan etimologi kata "musik" merupakan kata serapan dari bahasa Inggris music yang berasal dari bahasa Yunani mousik√™ yang merupakan segala pertunjukan seni yang dipimpin oleh Muses yang berupa musik dan puisi.
2. Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli
Berikut adalah beberapa pengertian seni musik menurut para ahli seni:

  1. Menurut Aziz Taufik Hirzi, seni musik adalah seni yang berhubungan dengan alat-alat musik dan irama yang keluar dari alat musik.
  2. Menurut Drs. Jamalus, seni musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.
  3. Menurut David Crystal, seni musik adalah kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

No comments:

Post a Comment