6 Bagian-Bagian Ginjal Disertai Gambar

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk seperti kacang merah yang berperan penting dalam pembuangan limbah sisa metabolisme pada hewan vertebrata. Ginjal membuang beberapa zat organik yang kadarnya berlebih di dalam darah. Hasil dari penyaringan ginjal disebut urine. Ginjal termasuk ke dalam sistem ekskresi pada manusia. Berikut adalah bagian-bagian ginjal beserta gambar masing-masing bagiannya.
Baca juga: 12 Bagian-Bagian Ginjal Beserta Fungsinya (Beserta Gambar)
Bagian-Bagian Ginjal Beserta Gambar
1. Nefron
Nefron adalah unit fungsional dan struktural dasar dari ginjal. Ginjal manusia (dalam keadaan normal) memiliki 800.000 hingga 1,5 juta nefron. Fungsi nefron adalah untuk menyaring darah dan memproses urine.
Gambar nefron
Gambar sebuah nefron. Penjelasan: (1) Glomerulus, (2) kapsula Bowman, (3) tubulus kontortus proksimal, (4) lengkung Henle, (5) tubulus kontortus distal, (6) tubulus kolektivus.
2. Glomerulus
Glomerulus adalah kapiler yang terletak di bagian awal nefron. Glomerulus dibungkus oleh kapsula Bowman. Fungsi glomerulus adalah melakukan tahap filtrasi dalam proses penyaringan darah yaitu menyaring darah langsung dari arteri dan menghasilkan urine primer.
Gambar glomerulus
Glomerulus (warna merah) dan kapsula Bowman disekelilingnya.
3. Tubulus Kontortus Proksimal
Tubulus kontortus proksimal adalah saluran nefron yang berada diantara glomerulus dan lengkung henle. Fungsi tubulus kontortus proksimal adalah melakukan tahap reabsorpsi dalam proses penyaringan darah yaitu menyerap kembali zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh seperti glukosa dan asam amino.
Gambar tubulus kontortus proksimal
Tubulus kontortus proksimal (ditunjuk huruf x)
4. Lengkung Henle
Lengkung Henle adalah bagian melengkung pada nefron yang menghubungkan tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Lengkung Henle bentuknya melengkung supaya urine yang sudah memasuki tubulus kontortus distal tidak kembali dan bercampur dengan urine pada tubulus kontortus proksimal.
5. Tubulus Kontortus Distal
Tubulus kontortus distal adalah bagian nefron yang berada diantara lengkung Henle dan tubulus kolektivus. Fungsi tubulus kontortus distal adalah melakukan tahap reabsorpsi yaitu penambahan beberapa jenis zat yang harus dibuang dari darah karena kadarnya berlebih misalnya potasium, sodium, dan kalsium. Selain itu, tubulus kontortus distal juga menerima pH darah. Hasilnya berupa urine sesungguhnya.
Gambar tubulus kontortus distal dan tubulus kolektivus
Gambar tubulus kontortus distal (5) dan tubulus kolektivus (6)
6. Tubulus Kolektivus
Tubulus kolektivus adalah sistem pengumpulan urine dari nefron menuju ureter. Disini semua urine yang dihasilkan oleh nefron dibawa menuju ureter untuk dikumpulkan.

No comments:

Post a Comment