55 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Hubungan internasional adalah adalah studi yang berfokus pada ilmu sosial dan humaniora dalam skala internasional. Hubungan internasional mencakup entitas politik (pemerintah) seperti negara, organisasi pemerintah, organisasi non-pemerintah internasional, lembaga internasional, dan perusahaan multinasional beserta sistem dunia yang dihasilkan dari interaksi antar institusi tersebut. Hubungan internasional juga menganalisis kebijakan luar negeri suatu negara. Berikut adalah beberapa pengertian hubungan internasional menurut para ahli:

Baca juga: 7 Tahap Perjanjian Internasional

Pengertian hubungan internasional menurut para ahli

1. John Houston

Hubungan internasional adalah suatu studi yang membahas interaksi diantara anggota-anggota dalam komunitas internasional atau mengenai tingkah laku aktor-aktor yang beroperasi dalam sistem politik internasional.

2. Couloumbis dan Wolfe

Hubungan internasional adalah sebuah studi sistematis mengenai fenomena-fenomena yang bisa diamati dan mencoba menemukan variabel-variabel dasar untuk menjelaskan perilaku serta mengungkapkan karakteristik-karakteristik atau tipe-tipe hubungan antar unit-unit sosial.

3. Susan Strange

Hubungan internasional adalah ilmu yang lebih membahas konsep-konsep teoritis untuk memecahkan sebuah persoalan dalam lingkup internasional.

4. J.C. Johari

Hubungan internasional adalah sebuah studi tentang interaksi yang berlangsung di antara negara-negara berdaulat dan studi tentang pelaku-pelaku non-pemerintah yang perilakunya memiliki dampak secara internasional.

5. Richard A. Falk

Hubungan internasional adalah pola-pola hubungan antar negara dengan prinsip-prinsip legal dan konstitusional dalam hubungannya dengan dunia internasional.

6. Dr. Hilman Adil Cleland

Hubungan internasional adalah subjek akademi yang memperhatikan sebuah hubungan politik antar bangsa.

7. Kenneth Waltz

Hubungan internasional adalah ilmu yang membahas interaksi kekuatan politik dunia dalam bidang ideologi, sosial budaya, dan ekonomi dalam lingkup internasional.

8. Warsito Sunaryo

Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi antar negara, bangsa, ataupun organisasi yang bersifat internasional.

9. Johnuin Cent

Hubungan internasional membahas pada hubungan antar negara mengenai politik internasional dan perjuangan kekuasaan masyarakat internasional.

10. Mochtar Masoed

Hubungan internasional adalah hubungan yang sangat kompleks karena di dalamnya terdapat atau terlibat bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit daripada hubungan antar kelompok.

11. Norman Angell

Hubungan internasional adalah ilmu yang lebih membahas pada struktur politik internasional mengenai penimbangan kekuasaan dalam lingkup internasional.

12. Karl W. Dentesh

Hubungan internasional adalah proses transnasional yaitu berpengaruhnya suatu ide, perilaku, kejadian dari suatu negara ke negara lain.

13. J. Ann Tikner

Hubungan internasional membahas tentang pengetahuan perspektif dalam dimensi internasional yang dilakukan oleh dua negara yang bekerjasama.

14. Ishaq Rahman

Hubungan internasional adalah ilmu yang diidentikan dengan hubungan antar negara.

15. Charles McClelland

Hubungan internasional adalah sebuah studi mengenai semua bentuk pertukaran, transaksi, hubungan, arus informasi, serta berbagai respon perilaku yang muncul diantara dan antar masyarakat yang terorganisir secara terpisah, termasuk komponen-komponennya.

16. Tygve Nathlessen

Hubungan internasional adalah bagian dari ilmu politik, oleh karena itu komponen hubungan internasional sendiri tak lepas dari politik internasional, organisasi, dan administrasi internasional serta hukum internasional.

17. John Herz

Hubungan internasional adalah mengidentifikasikan hubungan internasional sebagai konsep yang membahas tentang kebijakan luar negeri yang lebih mementingkan keamanan yang menjadi pusat perhatian semua rakyatnya.

18. Tulus Warsito

Hubungan internasional adalah studi terhadap interaksi dari politik luar negeri dari beberapa pelosok.

19. David Held

Hubungan Internasional adalah ilmu yang lebih memfokuskan dan membahas era globalisasi dalam hubungan internasional.

20. Teuku May Rudi

Hubungan internasional adalah berbagai macam hubungan atau interaksi yang melintasi batas-batas wilayah negara dan melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan.

21. Arga Probowisesa

Hubungan internasional adalah hubungan yang melingkupi segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara dengan setiap individu dan kelompok dalam suatu negara atau wilayah sebagai aktornya yang mempengaruhi dinamika internasional kini dan nanti.

22. Drs. R. Soeprapto

Hubungan internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegrasikan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

23. Francis Fukuyama

Hubungan internasional adalah ilmu yang lebih membahas pada konflik interpretasi dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan pertahanan keamanan.

24. Kenneth Watts Thompson

Hubungan internasional adalah studi tentang rivalitas antar bangsa beserta kondisi-kondisi lalu institusi-institusi yang memperbaiki ataupun memperburuk rivalitas tersebut.

25. Ernest Gellner

Hubungan internasional adalah ilmu yang membahas tentang ilmu sosial yang objektif yang merupakan konteks dalam masyarakat internasional.

26. Freddy L. Tobing

Hubungan internasional adalah sebuah studi tentang hubungan yang ada di antara sebuah entitas politik yang berdaulat yang anarkis sifatnya.

27. Charles Tilly

Hubungan internasional adalah ilmu yang membahas tentang perilaku negara dan kekuasaan politik internasional.

28. Daniel S. Papp

Hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah internasional dan sistem yang membentuk hubungan internasional beserta para aktor yang terlibat di dalamnya.

29. Schawarzeneger

Hubungan internasional adalah sebagai bagian dari ilmu sosial yang khusus untuk mempelajari masyarakat internasional.

30. Umar Suryadi Bakri

Hubungan internasional adalah suatu kumpulan dari cabang-cabang ilmu pengetahuan yang memiliki perhatian terhadap suatu masalah-masalah internasional.

31. Suwardi Wiraatmaja

Hubungan internasional adalah segala hubungan antar bangsa dan kelompok bangsa dalam masyarakat dunia, dan kekuatan-kekuatan, tekanan-tekanan, proses-proses yang menentukan cara hidup, cara bertindak, dan cara berpikir manusia.

32. Nicholas J. Spykman

Hubungan internasional adalah hubungan antara individu yang termasuk dalam negara berbeda yang dapat menciptakan perilaku internasional.

33. John Lewis Gaddis

Hubungan internasional adalah bidang kajian yang berguna bagi negarawan dalam cara untuk membangun dunia yang lebih baik.

34. Spengler

Hubungan internasional adalah menjalankan suatu politik untuk menaklukkan dunia dengan senjata dalam sebuah bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

35. Sprout dan Sprout

Hubungan internasional adalah bidang ilmu yang membahas mengenai aktor-aktor (negara, pemerintah, pemimpin, diplomat, dan masyarakat) yang bertujuan untuk maksud-maksud tertentu (sasaran, tujuan, dan harapan) dengan menggunakan sarana-sarana (diplomasi, pemaksaan, atau persuasi) yang dikaitkan dengan kekuatan dan kapabilitasnya.

36. Raymond Aron

Hubungan internasional adalah suatu hubungan antar unit politik yang masing-masing mengklaim diri yang berhak untuk menentukan keadilan dan menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak.

37. Edward Hallet Card

Hubungan internasional adalah sebuah hubungan yang dinamis dan dialektis yang membahas tentang hal untuk menciptakan perdamaian dunia.

38. Steve Chan

Hubungan internasional adalah interaksi para aktor yang tindakan atau kondisinya memiliki konsekuensi penting di luar yurisdiksi efektif unit politik mereka.

39. Robert Gilpin

Hubungan internasional adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu-ilmu ekonomi politik internasional yang lebih mengarah pada politik keamanan militer yang seimbang.

40. J.H. Wolfe

Hubungan internasional adalah studi pola-pola tindakan (aksi) dan reaksi diantara negara-negara berdaulat yang diwakili oleh elit-elit yang memerintah.

41. Nudya Lissota

Hubungan internasional adalah hubungan yang melintasi batas negara yang dapat menghilangkan sekat-sekat yang ada yang menjadi penghalang para aktor hubungan internasional dalam menjalin hubungan.

42. Loosely

Hubungan internasional mencakup berbagai aktivitas termasuk transaksi bisnis, komunikasi internasional, kontes atletik, pariwisata, konferensi ilmiah, program pertukaran pelajar, dan misi religius.

43. Stanley Hofman

Hubungan internasional adalah berbagai subjek akademis terutama memperhatikan hubungan politik antar bangsa.

44. K.J. Hokstil

Hubungan internasional adalah suatu studi tentang sistem internasional, satuan-satuan politik yang merdeka (seperti suku bangsa, negara bangsa, negara kota, atau imperium) yang saling berinteraksi dengan frekuensi yang teratur.

45. Quicy Wright

Hubungan internasional adalah pengetahuan yang komprehensif dan koheren yang berkontribusi pada pemahaman, prediksi, evaluasi, dan pengendalian hubungan antar negara dan kondisi dunia.

46. Buku “The Dictionary of World Politics

Hubungan internasional adalah istilah yang digunakan untuk melihat seluruh interaksi antara aktor-aktor negara dengan melewati batas-batas negara.

47. Ghani Wal Arif

Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara beberapa aktor yang berpartisipasi dalam politik internasional yang meliputi negara-negara, organisasi internasional, organisasi non-pemerintah, kesatuan sub-nasional seperti birokrasi dan pemerintah domestik serta individu-individu.

48. Siti Rabi Rezky

Hubungan internasional adalah hubungan antar bangsa dengan segala aspek yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.

49. Anita Afriani Sinulingga

Hubungan internasional merupakan sebuah disiplin ilmu yang menjelaskan relasi aktor-aktor internasional yang melintasi batas negara dalam berbagai isu.

50. Iwan Gunawan

Hubungan internasional adalah studi yang bertujuan untuk mempelajari perilaku internasional, dalam hal ini adalah perilaku dari aktor-aktor dalam sistem internasional.

51. Wismo Wicaksana

Hubungan internasional adalah landasan bagi negara-negara atau bangsa diseluruh dunia dalam meningkatkan kohesifitas dengan negara lainnya.

52. Tri Joko Waluyo

Hubungan internasional adalah sebuah penjelasan mengenai perilaku aktor internasional baik individu maupun organisasi yang dipahami dalam suatu tatanan sistem internasional.

53. Lassa Alam Bijaksana

Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara beberapa aktor yang berpartisipasi dalam politik internasional yang meliputi negara-negara, organisasi internasional, organisasi non-pemerintah, kesatuan sub-nasional seperti birokrasi dan pemerintah domestik serta individu-individu.

54. Adni Luthfi Rafiqa

Hubungan internasional adalah suatu kajian yang mencakup komponen masyarakat internasional atau sistem internasional.

55. Ahmad Arfah Lubis

Hubungan internasional adalah interaksi yang membentuk pola dan pengelompokan seperti pengelompokan regional, aliansi, persekutuan ekonomi dan perdagangan, blok ideologi, pengelompokan dalam PBB dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment