Penjelasan Gagasan Utama Lengkap (Beserta Contoh)

Gagasan utama adalah pikiran utama berupa sebuah kalimat yang menjadi inti dalam suatu paragraf. Gagasan utama bisa juga disebut gagasan pokok. Dalam sebuah paragraf terdiri dari dua jenis kalimat, yaitu kalimat utama (gagasan utama) dan kalimat penjelas. Gagasan utama bisa ada di awal paragraf, akhir paragraf, atau di awal atau di akhir paragraf.
Gagasan utama

1. Letak Gagasan Utama dalam Paragraf
Paragraf dapat dibedakan berdasarkan letak gagasan utamanya yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran.
1.1. Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf dengan gagasan utamanya berada di awal paragraf. Jadi, kalimat pertama dari paragraf deduktif merupakan gagasan utama paragraf tersebut, sedangkan kalimat di belakangnya adalah kalimat penjelas. Paragraf ini adalah jenis paragraf yang paling sering digunakan. Berikut adalah contoh paragraf deduktif:
Kemacetan di Jakarta kian parah. Penyebab utamanya adalah jumlah penduduk Jakarta yang kian bertambah diperparah lagi dengan arus penduduk luar Jakarta yang bekerja di Jakarta. Sarana transportasi umum yang minim membuat banyak orang yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, parkir sembarangan dan aktivitas perdagangan yang sampai meluber ke jalanan membuat jalanan menjadi sempit.
1.2. Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf dengan gagasan utamanya berada di akhir paragraf. Jadi, kalimat terakhir dari paragraf induktif merupakan gagasan utama paragraf tersebut, sedangkan kalimat di depannya adalah kalimat penjelas. Ciri khas dari gagasan utama paragraf induktif adalah diawali dengan kata "jadi", "maka", "oleh karena itu", dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh paragraf induktif:
Mer0kok sangat merusak paru-paru bahkan hingga menjadi kanker paru-paru. Selain itu, mer0kok juga dapat merusak hati kamu dan mengganggu kehamilan. Mer0kok juga dapat menyebabkan terjadinya berbagai jenis kanker. Bahaya tersebut tidak hanya berdampak pada perok0knya, tetapi mereka yang sering terpapar asap rok0k walaupun bukan per0kok. Jadi, berhentilah merok0k karena sangat berbahaya bagi kesehatan.
1.3. Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah paragraf dengan gagasan utamanya terletak di awal dan akhir paragraf. Pada paragraf campuran, kalimat awalnya dapat dijadikan gagasan pokok dan juga mengandung kata kesimpulan seperti "jadi" atau "maka dari itu" pada kalimat akhir. Berikut adalah contoh paragraf campuran:
Air adalah substansi yang paling penting dalam hidup manusia. Tanpa air, manusia dan bahkan seluruh makhluk hidup di dunia ini tidak dapat hidup. Air mengisi sebagian besar dari tubuh kita. Air dapat digunakan untuk minum, pelarut, untuk membersihkan, dan bahkan untuk menghasilkan listrik dengan PLTA. Tapi saat ini, banyak manusia yang menggunakan air secara berlebihan bahkan mencemari sebagian darinya. Maka dari itu, kita harus lebih menjaga sumber daya air kita.
2. Cara Menemukan Gagasan Utama pada Paragraf
Cara terbaik untuk menemukan gagasan pokok pada paragraf adalah dengan membaca keseluruhan paragraf tersebut. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui mana kalimat utama dan mana kalimat penjelasnya. Kalimat utama biasanya lebih bersifat umum. Perhatikan juga kalimat terakhir, jika diawali dengan kata "jika" atau "maka dari itu", berarti itulah gagasan utamanya. Perhatikan juga kalimat pertama dan tentukan apakah itu termasuk kalimat utama atau hanya penjelasan. Ingatlah bahwa gagasan utama hanya ada di kalimat awal dan/atau akhir paragraf.

No comments:

Post a Comment