10 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Tumbuhan adalah makhluk hidup eukariot multiseluler yang umumnya memiliki klorofil dan pada setiap selnya terdapat dinding sel. Tumbuhan adalah makhluk hidup paling vital bagi kehidupan di muka bumi ini. Karena setiap makhluk hidup, baik secara langsung maupun tidak langsung, hidup dari tumbuhan. Selain itu, banyak sekali manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup khususnya manusia. Berikut adalah beberapa contoh manfaat tumbuhan bagi manusia:
manfaat tumbuhan bagi manusia

1. Untuk Bahan Pangan
Manusia adalah makhluk omnivora, yang berarti dapat memakan daging dan tumbuhan. Tumbuhan sangat bermanfaat sebagai salah satu bahan pangan bagi manusia. Baik itu yang dimakan langsung seperti buah dan selada maupun yang harus dimasak terlebih dahulu seperti sayur. Ada juga beberapa hasil tumbuhan yang dapat dijadikan penyedap masakan.
2. Untuk Bangunan dan Perabotan Rumah Tangga
Kayu adalah bahan bangunan yang paling sering dipakai. Selain itu, banyak furniture yang berbahan baku kayu. Kayu berasal dari beberapa jenis tumbuhan berkayu seperti jati. Selain itu, tumbuhan tidak berkayu seperti bambu dan rotan juga sering dijadikan bahan bangunan dan perabotan rumah tangga.
3. Sebagai Bahan Pakaian
Kapas adalah bahan baku yang paling sering digunakan untuk membuat pakaian karena murah, hangat, dan lembut.
4. Penghasil Oksigen dan Penyaring Udara
Selain sangat bermanfaat sebagai bahan pangan, tumbuhan juga bermanfaat sebagai pemberi oksigen dan penyaring udara bagi manusia. Oksigen dihasilkan dari sisa metabolisme tumbuhan. Tanpa oksigen, manusia dan hewan lain tidak akan dapat bertahan hidup.
5. Sebagai Bahan Baku Obat
Tumbuhan dapat dijadikan sebagai sumber obat tradisional seperti kunyit, sirih, mengkudu, manggis, dll.
6. Penghias Lingkungan
Manusia seringkali memanfaatkan beberapa jenis tanaman hias untuk dijadikan penghias di taman maupun pekarangan rumah. Bahkan beberapa jenis tanaman hias bernilai jual sangat tinggi sehingga dapat dijadikan barang koleksi.
7. Sebagai Bahan Baku Industri
Beberapa jenis industri menggunakan bahan baku dari tumbuhan. Misalnya getah pohon karet sebagai bahan baku ban dan karet gelang dan kelapa sawit sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng.
8. Sebagai Media Seni
Tumbuhan juga dapat dimanfaatkan sebagai media seni bernilai tinggi. Seperti kayu yang dapat diukir menjadi patung yang indah. Rotan juga dapat dijadikan bahan anyaman.
9. Sebagai Pewangi
Banyak merek parfum berkelas dunia menggunakan tumbuhan sebagai bahan bakunya seperti minyak atsiri, bunga mawar, pala, dll.
10. Sebagai Pewarna
Beberapa jenis warna diambil dari tumbuhan. Misalnya kunyit sebagai pewarna kuning, kakao sebagai pewarna coklat, daun suji sebagai pewarna hijau, dll.

5 comments:

  1. Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena telah diberi Sumber daya alam yang bisa kita manfaatkan bagi manusia.
    Dan semoga saja kita bisa terus melestarikan sumber daya alam kita ini.

    ReplyDelete
  2. Semoga hutan dan tanam di indonesia tidak terancam punah

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak ini sangat membantu dalam pengerjaan pr ku terima kasih MANTAPS!!!! 👍👍👍👍👍

    ReplyDelete