2 Gambar Sistem Pencernaan Usus Halus Beserta Nama Bagiannya

Usus halus adalah bagian dari saluran pencernaan yang terletak di antara lambung dan usus besar. Usus halus menjadi tempat sebagian besar penyerapan makanan berlangsung. Usus halus terdiri dari tiga bagian yakni duodenum, jejunum, dan ileum. Nutrisi makanan diserap dengan menggunakan tonjolan seperti jari yang disebut vili. Berikut adalah gambar usus halus pada sistem pencernaan manusia beserta bagian-bagiannya.

Baca juga: Sistem Pencernaan pada Manusia (Artikel Lengkap)

Bagian-bagian sistem pencernaan manusia

Gambar letak usus halus pada sistem pencernaan manusia

Bagian-bagian usus halus

Usus halus beserta bagian-bagiannya

Berikut adalah penjelasan singkat ketiga bagian usus halus tersebut:

Baca juga: 2 Penyakit yang Menyerang Usus Halus

1. Duodenum

Duodenum (usus dua belas jari) adalah bagian awal dari usus halus dengan panjang sekitar 25-38 cm. Fungsi duodenum adalah memecah makanan pada usus halus dengan menggunakan enzim yang datang dari kantung empedu dan pankreas. Duodenum juga menetralkan kim (makanan dari lambung) yang bersifat asam dengan menggunakan bikarbonat. Duodenum juga memiliki kelenjar Brunner yang mengeluarkan lendir untuk melumasi usus dan melindungi usus.

2. Jejunum

Jejunum (usus kosong) adalah bagian kedua dari usus halus dengan panjang sekitar 2,5 meter. Fungsi utama jejunum adalah penyerapan partikel nutrisi kecil yang sebelumnya telah dicerna oleh enzim dalam duodenum. Semua nutrisi (kecuali lemak yang masuk ke getah bening) masuk ke dalam sirkulasi darah dan ke hati melalui vena portal hepatika.

3. Ileum

Ileum (usus penyerapan) adalah bagian terakhir dari usus halus dengan panjang sekitar 2-4 meter. Fungsi ileum adalah untuk menyerap vitamin B12, garam empedu, dan apapun yang tidak sempat diserap jejunum.

No comments:

Post a Comment