Pengertian Metalurgi (Artikel Lengkap)

Metalurgi adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat kimia dari logam dan cara memanfaatkan logam untuk kegunaan sehari-hari. Ruang lingkupnya mencakup karakteristik, sifat, dan perilaku logam yang ditinjau dari kekuatan, kekerasan, ketahanan, dll. Metalurgi juga termasuk cara memperoleh logam, pengolahan bijih logam, ekstraksi, sampai pengolahan logam untuk membuat produk rekayasa tertentu. Oleh karena itu, metalurgi berkaitan erat dengan industri pertambangan. Dalam bahasa Inggris, metalurgi disebut metallurgy.

Pengertian metalurgi

1. Asal Mula Kata Metalurgi

Etimologi kata metalurgi merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris metallurgy yang berasal dari bahasa Yunani μεταλλουργός (metallourgós) yang berarti “pekerja logam” (pandai besi), yang memiliki kata dasar μέταλλον (métallon) yang berarti “logam” dan ἔργον (érgon) yang berarti “kerja”. Istilah tersebut diartikan sebagai ekstraksi logam dari mineral. Pemberian akhiran –urgy berarti “suatu proses” (manufaktur).

2. Arti Kata Metalurgi

Berikut adalah pengertian metalurgi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Metalurgi merupakan nomina (kata benda) yang berarti:

  1. Ilmu pengetahuan tentang logam dan tanah tambang.
  2. Seni atau proses memisahkan logam dari tanah tambang.
  3. Penggunaan dan pencampuran logam dan sebagainya dalam industri (pengelolaan logam).

3. Pengertian Metalurgi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Sarjito Jokosisworo (2012), metalurgi adalah ilmu tentang struktur logam dan hubungannya struktur tersebut dengan kemampuan logam tersebut.
  2. Menurut Timbul Haryono (2001), metalurgi adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan metal atau logam. Namun, batasan teknis tentang apa yang disebut “metal” tampaknya belum ada kesepakatan secara universal. Seorang ahli kimia atau ahli fisika barangkali akan mempunyai pandangan yang berbeda. Bagi ahli metalurgi, perhatian utama terhadap logam adalah sifat-sifat logam yang menyangkut sifat mekanis, elektris, dan magnetis.
  3. Menurut Putri Mustika Wulandari (2016), metalurgi adalah ilmu dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam.
  4. Menurut Zuhri Nurisna (2014), metalurgi adalah ilmu yang menguraikan tentang cara pemisahan logam dari ikatan unsur-unsur lain. Atau cara pengolahan logam secara teknis untuk memperoleh jenis logam atau logam paduan yang memenuhi kebutuhan tertentu.
  5. Menurut Ahmad Multazam (2016), metalurgi adalah ilmu yang mempelajari sifat logam dan paduan melalui analisa terhadap strukturnya.

4. Sejarah Istilah Metalurgi

Pada awalnya, istilah metalurgi hanya mencakup ekstraksi logam dari mineral, pengertian tersebut ada pada Encyclopædia Britannica tahun 1797. Pada akhir abad ke-19, makna istilah ini diperluas ke studi ilmiah yang mencakup keseluruhan dari logam, perpaduannya, dan proses terkait logam.

Daftar Pustaka

  1. Multazam, Ahmad. "PENGARUH HEAT TREATMENT TERHADAP BENTUK STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK PADA LOGAM TAMBANG (BAJA ST 60)" Jurnal Sangkareang Mataram 2.3 (2016): 37-40.
  2. Haryono, Timbul. "Analisis Metalurgi: Peranannya Dalam Eksplanasi Arkeologi." Jurnal Humaniora 13.1 (2001): 1-9.
  3. Jokosisworo, Sarjito. "WELDABILITY, WELDING METALLURGY, WELDING CHEMISTRY." Kapal 3.3 (2012): 65-69.
  4. Nurisna, Zuhri. "Karakterisasi fisik mekanik proses pengelasan material blok mesin dengan las oxy-acetylene." (2014).
  5. WULANDARI, PUTRI MUSTIKA. 2016.  "MAKALAH BAKTERIOLOGI Peranan Bakteri Thiobacillus ferrooxidans dalam Industri Pertambangan Biji Besi." Universitas Jember.

No comments:

Post a Comment