30 Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Belajar adalah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan dalam kepribadiannya yang muncul dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain. Kegiatan belajar dapat dilakukan dimana saja dan bisa dilakukan sendiri maupun dengan bimbingan pengajar. Berikut adalah pengertian belajar menurut para ahli:

Pengertian belajar menurut para ahli

1. Ahmadi A.

Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia.

2. James O. Whittaker

Belajar adalah suatu proses dimana perilaku yang dihasilkan atau dimodifikasi melalui pelatihan atau pengalaman.

3. Ernest R. Hilgard

Belajar adalah proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.

4. Dimiyati dan Mudjoyono

Belajar adalah terjadinya perubahan mental pada diri siswa.

5. W.S. Winkel

Belajar adalah aktivitas mental ataupun psikis yang berlangsung baik di lingkungan dengan interaksi yang aktif.

6. Hamalik

Belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman.

7. Nasution

Belajar adalah proses menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan.

8. Maskuri Abdillah

Belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku, baik melalui latihan atau pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.

9. Makmun Khairani

Belajar adalah suatu usaha atau perbuatan yang dilakukan secara sungguh-sungguh, dengan sistematis dengan mendayagunakan semua potensi yang dimiliki, baik fisik, mental, serta dana, panca indera, otak, dan anggota tubuh lainnya, demikian pula aspek-aspek kejiwaan seperti intelegensi, bakat, motivasi, minat, dan sebagainya.

10. Drs. Slameto

Belajar adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk melakukan suatu perubahan baik perubahan tingkah laku menjadi lebih baik lagi secara keseluruhan ataupun perubahan lain yang dilakukan. Perubahan tersebut merupakan hasil dari pengalaman seseorang dari interaksi dengan lingkungannya.

11. Lee J. Cronbach

Belajar adalah proses perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman.

12. Logan, dkk

Belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan latihan.

13. R. M. Gagne

Belajar adalah sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan, berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.

14. Anita E. Woolfolk

Belajar adalah keadaan ketika pengalaman menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada individu.

15. Soekidjo Notoatmodjo

Belajar adalah suatu usaha untuk memperoleh hal-hal baru dalam tingkah laku bisa berupa pengetahuan, kecakapan, maupun keterampilan.

16. Moh. Surya

Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.

17. Howard L. Kingskey

Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.

18. James L. Mursell

Belajar adalah upaya yang dilakukan dengan mengalami sendiri, menjelajahi, menelusuri, dan memperoleh sendiri.

19. Syaiful Bahri Djamarah

Belajar adalah suatu kegiatan dengan melibatkan dua unsur yaitu jiwa dan raga ketika melakukannya, gerak tubuh harus terlihat sejalan dengan proses jiwa agar bisa mendapatkan dan melihat adanya perubahan. Perubahan yang didapat tidak hanya perubahan fisik maupun pada perubahan jiwa yang berpengaruh terhadap tingkah laku seseorang.

20. Doris Lessing

Belajar adalah mengerti sesuatu yang telah diketahui sepanjang hidup tetapi dengan pemahaman yang berbeda.

21. Hamalik Oemar

Belajar adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara berperilaku yang baru berkat pengalaman dan latihan.

22. Muhibbin Syah

Belajar adalah suatu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan.

23. Aqib Jaenal

Belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan.

24. Lester D. Crow dan Alice Crow

Belajar adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih baik lagi, kemudian mendapatkan pengetahuan dan sikap baru yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

25. Harry W. Sartain

Belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang relatif tahan lama sebagai hasil dari pengalaman.

26. Ahmad Mudzakir

Belajar adalah suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri seseorang, mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sebagainya.

27. Abin Syamsudin

Belajar adalah suatu perbuatan yang menghasilkan perubahan perilaku dan pribadi.

28. Douglas L. Hintzman

Belajar adalah suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, manusia atau hewan, disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.

29. Ngalim Purwanto

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku yang terjadi sebagai hasil dari pelatihan atau pengalaman.

30. Di Vesta dan Thompson

Belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman.


No comments:

Post a Comment