Pengertian Geologi (Artikel Lengkap)

Geologi adalah ilmu bumi yang mempelajari susunan padat bumi dan proses perubahannya dari waktu ke waktu. Geologi juga dapat merujuk pada studi tentang fitur padat setiap planet atau satelit alami seperti mars atau bulan. Geologi menggambarkan struktur bumi di bawah permukaannya. Dalam bahasa Inggris, geologi disebut geology.

Pengertian geologi

1. Asal Mula Kata Geologi

Etimologi geologi merupakan kata serapan bahasa Inggris geology yang berasal dari bahasa Yunani Kuno ge yang berarti “bumi” dan akhiran –logia yang berarti “studi”. Sehingga secara harfiah, geologi berarti studi tentang bumi atau ilmu bumi.

2. Arti Kata Geologi

Geologi merupakan nomina atau kata kerja. Berikut arti kata geologi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

  • Ilmu tentang komposisi, struktur, dan sejarah bumi.

3. Pengertian Geologi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian geologi menurut para ahli:

  1. Menurut Katili, geologi adalah pengetahuan menyelidiki lapisan batuan geologi di kerak bumi.
  2. Menurut Djauhari Noor, geologi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan kebumian yang mempelajari segala sesuatu mengenai planet bumi beserta isinya yang pernah ada.
  3. Menurut Noer Aziz M., geologi adalah ilmu tentang bumi yang berkaitan dengan struktur, sejarah, komposisi, asal, proses alami terbentuk dan perkembangan kehidupan di bumi baik sebelum terbentuk, yang sedang berlangsung, dan juga saat ini.
  4. Menurut Holmes, geologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengurai mengenai evolusi bumi secara menyeluruh serta penghuni di dalamnya, mulai dari awal pembentukan hingga saat ini yang bisa dikenali dari bebatuan.
  5. Menurut Munir, geologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang gejala yang terkait dengan pembentukan bumi, keberadaan bumi, serta fenomena lain yang terkait dengan bentuk alami.

4. Perbedaan Geologi dengan Geografi

Baca juga: Geografi (Artikel Lengkap)

Geologi mempelajari isi dalam bumi beserta sejarah terbentuknya. Sedangkan geografi lingkupnya lebih luas karena tidak hanya bicara tentang bumi melainkan juga aspek sosial kehidupan di atasnya.

No comments:

Post a Comment