22 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Perubahan sosial adalah perubahan yang mengacu pada perubahan tatanan sosial masyarakat. Perubahan yang dimaksud bisa dari perubahan sifat, perubahan institusi sosial, perubahan perilaku sosial, atau perubahan hubungan sosial. Perubahan sosial mungkin didorong oleh kekuatan budaya, agama, ekonomi, ilmiah, atau teknologi. Perkembangan psikologi dapat berperan dalam perubahan sosial. Berikut adalah beberapa pengertian perubahan sosial menurut para ahli sosiologi:

Baca juga: Perubahan Sosial Budaya (Artikel Lengkap)

Pengertian perubahan sosial menurut para ahli

*gambar disensor semata-mata hanya untuk memfokuskan ilustrasi perubahan sosial

1. Robert H. Lauer

Perubahan sosial adalah perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia.

2. Mac Iver

Perubahan sosial adalah suatu perubahan-perubahan yang terjadi di dalam sebuah hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.

3. Max Weber

Perubahan sosial adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur.

4. Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial masyarakatnya.

5. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

Perubahan sosial adalah suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun non materi.

6. Kingsley Davis

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

7. Pasurdi Suparlan

Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

8. J.L. Gillin dan J.P. Gillin

Perubahan sosial adalah variasi cara-cara hidup yang telah diterima baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi ataupun penemuan baru dalam masyarakat sosial.

9. Wilbert E. Moore

Perubahan sosial adalah evolusi rektilinier yang sederhana dimana fungsi waktu berbanding lurus dengan perubahan peradaban.

10. William F. Ogburn

Baca juga: 21 Contoh Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun inmaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur inmaterial.

11. Hans Garth dan C. Wright Mills

Perubahan sosial adalah apapun yang terjadi dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang meliputi hubungan sosial.

12. Samuel Koenig

Perubahan sosial adalah modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia yang terjadi karena faktor internal maupun eksternal.

13. Bagja Waluya

Perubahan sosial adalah kondisi-kondisi sosial primer yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Kondisi yang dimaksud antara lain kondisi-kondisi ekonomis, teknologis, geografis, ataupun biologis.

14. Raja

Perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi suatu sistem sosial.

15. Juliana Lumintang

Perubahan sosial adalah segala perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap, dan pola-pola peri kelakuan diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

16. Emile Durkheim

Perubahan sosial adalah hasil dari faktor ekologi dan demografi yang mengubah suatu bentuk kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat oleh solidaritas mekanistik ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

17. Larson dan Rogers

Perubahan sosial adalah suatu proses yang berkesinambungan dalam suatu bentangan waktu tertentu.

18. Bruce J. Cohen

Perubahan sosial adalah perubahan pada struktur sosial dalam sebuah organisasi sosial, sehingga persyaratan dalam perubahan itu sendiri adalah pada sistem sosial serta perubahan hidup di dalam nilai sosial-budaya masyarakat.

19. Aprinus Salam

Perubahan sosial adalah terjadinya perubahan dari satu kondisi tertentu ke kondisi yang lain dengan melihatnya sebagai gejala yang disebabkan oleh berbagai faktor.

20. Karl Marx

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi karena perkembangan teknologi atau kekuatan produktif dan hubungan antara kelas-kelas sosial yang berubah.

21. Robert M.I. Lawang

Perubahan sosial adalah proses dalam suatu sistem sosial ketika di dalamnya terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat di ukur dan terjadi pada kurun waktu tertentu.

22. Roucek dan Warren

Perubahan sosial adalah perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat.

No comments:

Post a Comment