Pengertian Struktur Sosial (Artikel Lengkap)

Struktur sosial adalah suatu kerangka/konstruksi sosial yang tersusun atas pelbagai unsur pembentuk masyarakat. Istilah kerangka/konstruksi/bangunan kurang lazim untuk menyebut istilah ini, maka dari itu secara ilmiah digunakan istilah struktur sosial. Dalam bahasa Inggris, struktur sosial disebut social structure.

Pengertian struktur sosial

1. Asal Mula Kata Struktur Sosial

Istilah struktur sosial terdiri dari dua kata, yaitu “struktur” dan “sosial”. Etimologi kata “struktur” merupakan kata serapan bahasa Inggris structure yang berasal dari bahasa Latin structura yang berarti “bangunan” dan dipercaya berasal dari bahasa Sansekerta strnoti yang berarti “melempar”. Sedangkan etimologi kata “sosial” merupakan kata serapan bahasa Inggris social yang berasal dari bahasa Perancis Pertengahan social, dari bahasa Latin socialis yang berarti “pertemanan”, “persahabatan”, atau “asosiasi”.

Istilah struktur sosial pertama kali dicetuskan oleh sosiologi Jerman Ferdinand Tonnies dengan publikasinya yang berjudul The Present Problems of Social Structure pada tahun 1905 yang merupakan hasil pencapaiannya dari konsep “kehendak sosial”.

2. Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

  1. Soeleman B. Taneko: Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok yakni kaidah-kaidah sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.
  2. Soerjono Soekanto: Struktur sosial diartikan sebagai hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan peranan-peranan sosial.
  3. George Simmel: Struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola perilakunya.

3. Pengertian Struktur Sosial Secara Umum

Pada skala yang lebih luas, struktur sosial adalah sistem stratifikasi sosial ekonomi, lembaga sosial, atau hubungan bermotif lainnya antara kelompok-kelompok sosial.

4. Pengertian Struktur Sosial Secara Khusus

Pada skala yang lebih kecil, struktur sosial adalah cara norma membentuk perilaku individu dalam sistem sosial.

5. Arti Kata Struktur Sosial

Struktur sosial terdiri dari dua kata yakni “struktur” dan “sosial”. Berikut adalah arti katanya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Arti Kata “Struktur”

Kata “struktur” merupakan nomina (kata benda) yang berarti:

  1. Cara sesuatu disusun atau dibangun; susunan; bangunan
  2. Yang disusun dengan pola tertentu
  3. Pengaturan unsur atau bagian suatu benda
  4. Ketentuan unsur-unsur dari suatu benda

Arti Kata “Sosial”

Kata “sosial” merupakan adjektiva (kata sifat) yang berarti:

  1. Berkenaan dengan masyarakat

Jadi, secara harfiah, struktur sosial berarti pengaturan unsur atau bagian yang berkenaan dengan masyarakat.

No comments:

Post a Comment